Cegah Depresi dan Impotensi dengan Kopi

SIapa yang tak mengenal kopi? Aroma dan rasanya yang nikmat, membuat kopi menjadi favorit banyak orang. Tak hanya nikmat, kopi juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian.

Menurut studi dari University of Scranton, kopi merupakan sumber antioksidan yang sangat baik sehingga minum sejumlah kecil cangkir kopi dalam sehari dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, alzheimer, bahkan kanker prostat.

Berikut adalah manfaat kopi untuk kesehatan:

1Mencegah depresi

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, dalam “Archives of Internal Medicine,” wanita yang minum 2 – 3 cangkir kopi sehari15% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi.

Kandungan antioksidan yang tinggi, membuat kopi baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan. Rutin minum kopi dapat mencegah Alzeimer’s, dementia, Parkinson’s. Selain itu, kopi juga dapat memperbaiki mood.

2Meningkatkan konsentrasi & stamina

Minum kopi juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus selama beraktivitas. Sebuah penelitian di tahun 2008 menemukan bahwa mengkonsumsi kafein satu jam sebelum melakukan aktivitas intensitas tinggi, dapat membantu meningkatkan stamina selama beraktivitas.

3Menurunkan berat badan

Sebuah studi di tahun 1980, menunjukkan bahwa kafein yang terdapat di dalam kopi dapat merangsang metabolismtubuh. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat membantu menghancurkan lemak dalam tubuh dan menurunkan berat badan.

4. Mencegah Impotensi

Kopi yang dicampur madu dipercaya dapat menguatkan jantungmencegah stroke dan impotensi. Kandungan madu dapat membantu memperkuat otot jantung, sementara kopidapat membantu melancarkan peredaran darah, termasuk melancarkan peredaran darah ke organ vital Anda, sehingga regenerasi sel menjadi lebih baik lagi. 

Kapan waktu terbaik untuk minum kopi?

Menurut rekomendasi TIME, waktu yang paling baik untuk mengkonsumsi kopi adalah antara jam 10 pagi hingga 12 siang, atau diantara jam 2 – 5 sore.

Minum kopi terlalu pagi (sesaat setelah bangun tidur) tidak dianjurkan, sebab hormon kortisol* pada saat itu berada pada level yang paling tinggi. Minum kopi pada saat tersebut akan menggantikan fungsi alami hormon tubuh dan dapat menyebabkan tubuh kita tergantung kepada asupan kafein tersebut.

Konsumsi kopi sebaiknya tidak melebihi 2 – 3 cangkir dalam sehari. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, direkomendasikan untuk minum kopi hitam, tanpa gula dan krim.  Sebagai pengganti gula, Anda bisa menambahkan madu pada kopi Anda.

--- 

Resep Kopi  Madu 

Bahan:

  • Kopi bubuk 1 sdm
  • Madu 1-2 sdm
  • Air 300 ml

Cara Membuat:

  1. Panaskan air hingga mendidih. Setelah mendidih, tuangkan pada gelas yang sudah diisi 1 sdm kopi, atau Anda juga dapat merebus kopi tersebut hingga mendidih untuk hasil yang lebih baik.
  2. Diamkan sejenak hingga suhu kopi 40 derajat atau hingga dingin. Kemudian, saring kopi dan pisahkan dari ampasnya, Bagi Anda penyuka ampas kopi, tidak perlu dipisahkan. 
  3. Terakhir, tambahkan 1 hingga 2 sendok makan madu murni (Madu Manuka, Manuka Farm) lalu di aduk dan siap untuk diminum.

Untuk mendapatkan manfaatnya, anda dapat meminumnya pada pagi atau siang hari sebelum makan, dan 3 hingga 5 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. 

----

Ingin mendapatkan manfaat kopi berkualitas tinggi? Minum kopi organik HiboHibo Coffee 100% kopi Papua, yang bebas pestisida. Diperuntukkan bagi pecinta kopi yang ingin menghindari asam lambung, jantung berdebar, pusing dan mual. Hibo Coffee rendah kafein dan asam, serta mengandung kadar antioksidan tinggi yang dapat mencegah berbagai macam penyakit.