Konsumsi Vitamin D Yang Cukup Cocok Untuk Ibu Hamil & Menyusui

Berbagai fungsi dan manfaat bisa kita dapatkan dalam vitamin, A,B,C,& K bagi tubuh kita. Semua vitamin tersebut bisa kita dapatkan dalam makanan yang berbentuk sayur dan buah yang bisa anda konsumsi sehari-hari. Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh Anda adalah vitamin D. Secara umum mungkin Anda sudah mengetahui bahwa vitamin D berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi mansia agar lebih baik dan kuat. Vitamin D bisa Anda temukan pada makanan, seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Bahkan, sinar matahari pagi juga mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun, seberapa penting manfaat vitamin D bagi ibu hamil dan menyusui ?

Menurut penelitian bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin D dengan dosis yang cukup, kelak anak-anaknya mendapatkan nilai IQ yang tinggi. Sementara ibu hamil yang kekurangan vitamin D saat hamil, umumnya memiliki anak-anak dengan nilai IQ yang rendah. Faktanya, bagi ibu hamil dengan tingkat kekurangan vitamin D selama kehamilan memiliki anak-anak dengan skor rata-rata 2,6 dan 2,3 poin lebih rendah pada tes mental dan psikomotor dibandingkan dengan anak dari ibu hamil yang mengkonsumsi cukup vitamin D selama masa kehamilannya.

Tak hanya itu saja, bagi ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin D dalam jumlah yang cukup, juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan diabetes yang berhubungan dengan kehamilan. Selain itu, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kesulitan pernapasan, berupa asma. Untuk itu, cukupi kebutuhan vitamin D anda selama masa hamil. Kecukupan vitamin D untuk ibu hamil adalah sebesar 400 international unit (IU).

Selain mencukupi kebutuhan akan vitamin D melalui bahan makanan yang dikonsumsi, ibu hamil disarankan untuk sering berjemur atau berkativitas dibawah sinar matahari pagi sekitar pukul 07.00 – 08.00 WIB selama kurang lebih 30 menit. Jadi konsumsilah vitamin D secara cukup.