Super Online Anniversale Natural Farm Discount Up To 70% + Gift Voucher Rp 100.000 *T&C* & Natural Farm Limited Offer With Go Pay Discount Up To 50% *T&C*

Manfaat Konsumsi Omega 3 Bagi Anak

Omega-3 merupakan asam lemak yang diperlukan untuk tubuh bekerja dengan baik. Salah satu manfaat yang paling penting dari omega-3 adalah efek anti-inflamasi. Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan proses peradangan adalah sakit jantung dan arthritis. Terus apa saja sih manfaatnya bagi tubuh sang buah hati berikut ulasannya.

Apa saja manfaat Omega 3 bagi anak?

Faktanya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 tidak hanya bermanfaat untuk anak Anda, tetapi juga untuk semua kalangan termasuk Anda. Berikut ini penyakit yang dapat diatasi dengan makanan yang mengandung omega 3 pada anak-anak:

1. Bagi penderita ADHD

Anak dengan ADHD – kurang memperhatikan, hiperaktif, tidak mudah lelah, dan impulsif – mungkin kekurangan level omega-3 pada tubuh normal mereka. Menurut peneliti yang dikutip draxe.com, 60% otak terdiri dari lemak dengan asam lemak tak jenuh ganda omega-3 dan omega-6. Selain pada minyak ikan, Anda juga bisa menemukannya pada sayuran berdaun gelap, kenari, dan biji rami. Menurut beberapa penelitian kecil, ketika anak ADHD mengonsumsi minyak ikan, ini akan mengubah perilaku, mengurangi hiperaktivitas, dan membantu meningkatkan perhatian pada anak di bawah usia 12 tahun.

2. Mencegah kecemasan dan depresi

European Journal of Neuroscience mempublikasikan penelitian yang menunjukkan minyak ikan dapat mengatasi kecemasan dan depresi yang diinduksi pada tikus. Penting memberikan minyak ikan pada anak agar kecemasan dan depresi tidak akan berkembang di masa depannya.  Penelitian kecil pada 2006 yang dikutip oleh webMD juga menunjukkan bahwa minyak ikan membantu mengurangi gejala depresi pada anak usia 6-12 tahun.

3. Membantu penderita diabetes

Brain Research yang dipublikasikan oleh beberapa peneliti menunjukkan bahwa minyak ikan membantu mengurangi risiko penderita diabetes dari penurunan perkembangan kognitif. Minyak ikan membantu menjaga sel hippocampus dari kerusakan. Penelitian ini juga memberikan informasi bahwa stres oksidatif – salah satu akar penyebab diabetes tipe 2 – dapat diturunkan dengan minyak ikan.

4. Pengobatan asma

Manfaat omega-3 salah satunya adalah mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Inilah alasannya minyak ikan juga bermanfaat untuk asma. Penelitian kecil yang melibatkan 29 anak mengidap asma menemukan bahwa terjadi penurunan gejala bagi yang mengonsumsi minyak ikan selama 10 bulan, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya. Namun, penelitian lain mengungkapkan bahwa belum ada bukti yang konsisten apakah minyak ikan dapat benar-benar membantu.

Apa mengonsumsi omega-3 berbentuk suplemen minyak ikan aman?

Suplemen minyak ikan aman untuk dikonsumsi. Kandungan omega-3 dalam minyak ikan bukanlah alternatif obat, tetapi merupakan obat pendamping. Efek dari resep obat lain akan lebih kuat jika didampingi omega-3. Omega-3 juga tidak dapat menggantikan obat untuk depresi dan arthritis, tetapi dengan omega-3, Anda bisa mengurangi dosis obat tersebut.