Super Online Anniversale Natural Farm Discount Up To 70% + Gift Voucher Rp 100.000 *T&C* & Natural Farm Limited Offer With Go Pay Discount Up To 50% *T&C*

Perbedaan EPA & DHA Bagi Tubuh Kita

EPA dan DHA merupakan asam lemak omega 3 yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Asam lemak ini tidak dapat diproduksi dalam tubuh manusia, dan karena itu harus disediakan dari sumber-sumber makanan sehat. Namun, peran DHA dan EPA dalam tubuh sangat berbeda satu sama lain. Apa saja sih perbedaan kedua kandungan ini bagi tubuh kita, berikut ulasannya.

Apa itu DHA & EPA?

DHA omega 3 merupakan salah satu asam lemak yang paling kompleks dan bermanfaat dari asam lemak omega 3 yang lain. Perannya sangat penting untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf. DHA sangatlah dibutuhkan bagi tubuh, terutama bagi wanita hamil. Sedangkan untuk orang dewasa, fungsinya dibutuhkan untuk membantu kerja otak orang dan sistem saraf.

EPA juga termasuk asam lemak yang sangat penting. Meski memiliki peran penting dalam perkembangan otak manusia, namun perannya lebih cenderung dimanfaatkan dalam sistem hormon dan kekebalan tubuh.

Apa Peran DHA & EPA Bagi Tubuh Kita?

DHA dianggap memeiliki peran lebih terkait dengan struktur dan fungsi tubuh. DHA merupakan bagian yang sangat penting dari membran sel dan sangat dibutuhkan pada jaringan saraf mata dan otak. Sedangkan EPA adalah prekursor untuk hormon yang penting, seperti zat kimia yang diproduksi dalam tubuh yang disebut eikosanoid. 

Perbedaan yang menonjol antara keduanya adalah DHA lebih mudah diserap dalam tubuh manusia dibandingkan dengan EPA. Keduanya dapat anda dapatkan melalui makanan yang anda konsumsi. Sumber makanan yang banyak mengandung DHA dan EPA adalah minyak ikan. DHA juga ditemukan dalam jumlah besar di biji kenari, sayuran berdaun dan beberapa ganggang mikro. DHA juga digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan diabetes.

Perbadaan Dari Segi Karakteristik Keduanya?

DHA dan EPA memiliki karakteristik dasar yang berbeda. DHA terdiri dari 22rantai karbon yang memiliki 6 ikatan ganda. Sedangkan EPA memiliki lima ikatan ganda. Inilah yang menyebabkan tubuh manusia kurang mampu menyerap EPA. 

Kekurangan EPA dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti kulit kering dan depresi. Kekurangan DHA dapat mengakibatkan kurangnya fluiditas dalam membran sel, ADHD atau hambatan dalam perkembangan mental terutama pada anak-anak prematur.