Artikel Kesehatan dan Kecantikan

General

Madu Manuka: Kebaikan Alam untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Madu telah menjadi bagian dari sejarah bahan makanan manusia selama berabad-abad. Catatan sejarah menyebutkan bahwa madu telah ditemukan sejak tahun 8000 sebelum masehi di Turki. Bahkan, saking populernya madu, pada zaman dahulu masyarakat Mesir sempat mengukir dinding-dinding piramida dengan ukiran lebah dan madu.

Madu dikenal sebagai bahan makanan yang berasal dari alam yang memiliki keseimbangan pH serta kadar air yang rendah. Kandungan inilah yang menjadikan madu sebagai satu-satunya makanan di bumi yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa.

Selanjutnya, setelah ditelaah dalam berbagai penelitian, kegunaan madu kemudian berkembang menjadi obat-obatan. Madu yang diketahui mengandung probiotik aktif yang mampu memecah bakteri jahat di dalam usus sehingga kandungan pH di tubuh bisa kembali dinetralkan, menjadikan madu sebagai bahan pengobatan alami yang sampai sekarang diandalkan oleh masyarakat dunia.

Saat ini, ada banyak sekali jenis madu yang memiliki aroma, rasa, dan tekstur yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 12 jenis madu yang memiliki keunikan dan manfaatnya tersendiri. Belum lagi beragam jenis madu dari negara-negara lainnya yang tidak kalah populer dan tentunya berkhasiat bagi kesehatan.

Berbicara tentang eksistensi madu dan khasiatnya yang ditawarkan, tentunya kita tidak boleh melewatkan madu manuka. Mungkin sebagian dari kita belum akrab dengan madu satu ini. Ya, eksistensi madu manuka memang belum sepopuler madu-madu lokal yang dijual di pasaran. Namun nyatanya, madu manuka ini menyimpan sejuta manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, lho. Lalu, apa saja sih yang membuat madu satu ini begitu spesial?Mari kita intip penjabaran di bawah ini.

 

Memiliki Manfaat Madu Manuka yang Tidak Dapat Ditemukan dalam Jenis Madu Biasa

Madu manuka berasal dari lebah yang mengkonsumsi serbuk bunga manuka yang hanya bisa ditemukan di daerah Selandia Baru dan bagian selatan Australia. Sumber madu inilah yang menyebabkan madu manuka memiliki aroma dan tekstur yang tidak dimiliki oleh jenis madu lainnya.

Di tahun 1980an, sebuah penelitian tentang aktivitas antimikroba poten dalam madu manuka yang dilakukan oleh Profesor Peter Molan dari Universitas Waikato, menemukan bahwa aktivitas antimikroba tetap aktif terjadi bahkan ketika hidrogen peroksida dalam madu

manuka sudah dikeluarkan. Kemudian, penelitian selanjutnya yang dilakukan oleh laboratorium independen mengidentifikasi adanya methylglyoxal (MGO) sebagai komponen aktif utama pada madu manuka. MGO sendiri merupakan zat yang terjadi secara alami pada banyak makanan, tumbuhan, dan sel hewan yang memiliki antimikroba.

Aktivitas madu manuka yang tahan terhadap beragam mikroba inilah yang kemudian menjadikan madu manuka sebagai salah satu sumber pengobatan alami yang diunggulkan. Berikut adalah berbagai manfaat madu manuka bagi kesehatan dan sebagai tujuan pengobatan:

  • Mampu menyembuhkan luka. Madu manuka sering disebut sebagai madu kelas medis karena madu ini termasuk jenis madu yang sering digunakan oleh ahli kesehatan sebagai bagian dari pembalut luka. Penggunaan madu manuka sebagai pengobatan luka juga sudah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Khasiat madu manuka dipercaya mampu meningkatkan penyembuhan luka, memperkuat regenerasi jaringan, dan dapat mengurangi sakit pada luka bakar;
  • Baik untuk kesehatan mulut. Madu manuka juga sering digunakan sebagai bahan makanan yang mampu melawan bakteri mulut yang bisa menyebabkan pembentukan plak, radang gusi, sampai dengan kerusakan gigi;
  • Mengatasi sakit tenggorokan. Sifat antimikroba dan antivirus yang terkandung dalam madu manuka juga dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab nyeri. Tidak hanya melawan bakteri dalam tenggorokan, madu manuka juga berfungsi sebagai lapisan yang akan melapisi bagian dalam tenggorokan, sehingga memberikan efek yang menenangkan bagi penderita radang tenggorokan;
  • Mencegah tukak lambung dan maag. Pernah merasakan sakit perut, mual dan kembung? Itu mungkin adalah pertanda dari tukak lambung. Untuk mengobati bakteri penyebab tukak lambung, kita bisa mengkonsumsi madu manuka yang memiliki properti antibakteri yang terkandung dalam setiap tetesnya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah cara mengkonsumsinya. Bagi penderita maag, Anda disarankan untuk mengkonsumsi madu manuka setelah makan;
  • Mencegah gangguan pencernaan. Madu manuka yang mampu meningkatkan status antioksidan dan mengurangi peradangan, dipercaya mampu mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar. Gejala inilah yang nantinya bisa menyebabkan beberapa kasus pencernaan, seperti sembelit, diare, sakit perut, dan buang air besar yang tidak teratur;
  • Mengatasi gejala kista fibrosis. Kondisi kelainan bawaan ini ditandai dengan adanya lendir yang kental yang menyumbat saluran udara, dan menyebabkan penderitanya sulit bernapas. Sebagai langkah pengobatan, madu manuka dapat dikonsumsi bersamaan dengan pengobatan antibiotik, mengingat madu manuka mengandung antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri;
  • Mengatasi pertumbuhan jerawat. Umumnya, jerawat muncul sebagai akibat dari folikel rambut yang tersumbat oleh campuran sel kulit mati dan sebum. Aktivitas ini diperparah dengan bakteri dalam jerawat yang menyebabkan peradangan. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi madu manuka secara rutin dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat.

 

Mencari Madu Manuka yang Tepat untuk Konsumsi Sehari-Hari

Meski memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan untuk pengobatan beberapa penyakit, madu manuka ternyata tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh beberapa orang. Di antaranya seperti pengidap diabetes, orang yang alergi terhadap madu, bayi yang berusia di bawah satu tahun, dan mereka yang sedang mengkonsumsi obat jenis antibiotik tertentu.

Saat ini ada banyak sekali merk madu manuka yang dijual di pasaran. Bagi Anda yang belum pernah mengkonsumsi madu manuka, kami sarankan untuk lebih berhati-hati karena ada juga pedagang nakal yang menjual madu manuka palsu demi keuntungan pribadi. Agar lebih aman, Anda bisa membeli madu manuka di Natural Farm. Disini, kami menyediakan berbagai merk madu manuka yang terjamin keasliannya, dan memiliki notasi MGO yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

 Manuka Health MGO 100+ 50 gr

Jika Anda hanya memerlukan madu manuka sebagai suplemen nutrisi harian, Anda bisa mencoba Manuka Health MGO 100+ 50 gr yang memiliki notasi MGO lebih rendah dibanding jenis lainnya. Meski zat aktifnya lebih sedikit, namun Manuka Health MGO 100+ 50 gr ini menawarkan beragam manfaat seperti:

  • Meningkatkan sistem pertahanan tubuh;
  • Sumber energi yang baik;
  • Membantu memperbaiki fungsi hormon dan memelihara kesehatan organ tubuh;
  • Berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.

 Manuka Health MGO 400+ 250 gr

Jika Anda sudah terbiasa dengan cita rasa madu manuka, Anda bisa mulai mengkonsumsi Manuka Health MGO 400+ 250 gr. Madu manuka dari Manuka Health ini memiliki notasi MGO yang lebih besar. Artinya, madu manuka ini memiliki aktivitas antibakteri yang lebih tinggi. Senyawa Methylglyoxal yang berperan sebagai antibakteri alami sudah terbukti secara ilmiah mampu memberikan manfaat seperti:

  • Meningkatkan sistem imun dalam tubuh dengan melawan bakteri jahat dan menjaga bakteri baik;
  • Memiliki kandungan fruktosa yang diserap secara perlahan oleh tubuh, sehingga mampu menyediakan energi yang berkelanjutan;
  • Membantu memperbaiki fungsi hormon dan memelihara kesehatan organ tubuh;
  • Sebagai antioksidan yang baik dalam melawan zat radikal bebas yang menempel dalam tubuh;
  • Dapat dioleskan pada luka yang terbuka untuk mencegah infeksi.

 Manuka Health MGO 950+ 250 gr

Manuka Health MGO 950+ 250 gr adalah satu-satunya produk alami di dunia yang mengandung senyawa Methylglyoxal, yang terbukti sangat efektif sebagai antibiotik alami. Notasi MGO-nya yang tinggi menunjukkan bahwa madu manuka jenis ini memiliki antibakteri yang sangat tinggi, sehingga mampu mempercepat proses pemulihan tubuh dan dijadikan pengobatan alami ketika membutuhkan nutrisi tambahan.

 

General

Manfaat Hebat Vitamin D3 Bagi Bayi dalam Childlife Vitamin D3 30 ml

Di masa tumbuh kembangnya, bayi yang sudah melalui masa pemberian ASI eksklusif biasanya akan membutuhkan cukup banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Utamanya bagi bayi yang kebutuhan mikronutriennya tidak dapat dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari, pemberian vitamin kepada bayi menjadi salah satu agenda penting yang tidak boleh terlewatkan.

Salah satu vitamin yang paling dibutuhkan oleh bayi adalah vitamin D3. Vitamin D3 sendiri merupakan bentuk paling alami dari vitamin D, yang berperan penting dalam mengatur kadar kalsium dalam tubuh, serta menjaga kekuatan tulang dan gigi pada anak.

Ada begitu banyak alasan mengapa anak kita memerlukan vitamin D3. Namun, alasan utamanya adalah karena manfaat yang ditawarkan oleh vitamin D3 mampu mengoptimalkan penyerapan kalsium dan fosfor yang penting bagi kekuatan tulang. Selain itu, vitamin D3 juga dapat digunakan sebagai pengobatan dan pencegahan terhadap berbagai penyakit, seperti rakitis dan osteomalasia (penyakit yang disebabkan kurangnya asupan vitamin D, kalsium, dan fosfor), osteoporosis atau pengeroposan pada tulang di usia lanjut, gangguan pada ginjal, sampai gangguan pada kelenjar paratiroid.

 

Vitamin D3 Tidak Hanya Bisa Didapatkan dari Sinar Matahari

Menjemur bayi di pagi hari sudah menjadi tradisi turun temurun yang dilakukan oleh sebagian besar orang tua di Indonesia. Masyarakat kita beranggapan bahwa menjemur bayi di bawah sinar matahari merupakan aktivitas yang wajib dilakukan demi menurunkan risiko penyakit kuning terhadap bayi. Padahal, hal tersebut hanyalah mitos yang tidak memiliki bukti ilmiah. Justru, menjemur bayi di bawah sinar matahari merupakan langkah yang direkomendasikan agar bayi mendapatkan asupan vitamin D  secara alami.

Namun, menjemur bayi di bawah sinar matahari tidak dianjurkan untuk dilakukan tiap hari. Paparan sinar UV dari sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan kulit. Apalagi jika para orang tua tidak memperhatikan tata cara menjemur yang aman, seperti durasi menjemur bayi, berapa kali kegiatan menjemur bayi dilakukan, sampai pakaian dan aksesoris pelindung tubuh bayi yang dikenakan. Lebih jauh, paparan sinar UV yang berlebihan akibat kurangnya kehati-hatian orang tua saat menjemur bayi, dapat mengakibatkan timbulnya kanker kulit di kemudian hari.

Selain menjemur bayi di bawah sinar matahari, sebenarnya kita sebagai orang tua juga bisa memberikan vitamin D3 yang berasal dari suplemen tambahan yang dibuat dari bahan-bahan alami, dan tentunya sudah teruji klinis.

Sebagai solusi yang lebih praktis, Ayah dan Bunda bisa menghadirkan Childlife Vitamin D3 30ml kepada buah hati tercinta. Childlife Vitamin D3 sendiri merupakan vitamin D aktif yang mudah dan langsung diserap oleh tubuh. Kehadiran Childlife Vitamin D3 adalah jawaban bagi kebutuhan si kecil terhadap asupan vitamin D yang belum secara optimal didapatkan dari sinar matahari dan juga makanan.

Vitamin D3 Diolah dari Bahan-Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi bagi Bayi dan Anak

Di Natural Farm, kami hanya menyediakan vitamin D3 yang sudah teruji klinis dan terjamin keamanannya bagi konsumsi sehari-hari bayi dan anak. Selain mengambil vitamin D3 dalam bentuk aktif, sehingga manfaatnya bisa langsung bekerja pada tubuh, Childlife Vitamin D3 30 ml juga memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Tersedia dalam bentuk cair. Sebagaimana kita tahu, di usianya yang masih dini, bayi dan anak-anak susah sekali untuk mengkonsumsi vitamin dalam bentuk padat. Oleh karenanya, Childlife Vitamin D3 30 ml hadir dalam bentuk cair sehingga mudah dikonsumsi, dan dapat dengan cepat diserap oleh tubuh;
  • Merupakan produk non GMO. Genetically Modified Organism, atau yang biasa disingkat sebagai GMO, merupakan organisme yang gen-gennya telah diubah dengan menggunakan teknik rekayasa genetika. Sebaliknya, Childlife Vitamin D3 30 ml menjamin bahan-bahan yang terkandung di dalamnya terbebas dari produk GMO, sehingga aman dikonsumsi oleh bayi dan anak;
  • Tidak mengandung gluten, alkohol, perasa, pewarna, dan pemanis buatan. Seperti yang kita ketahui, bayi dan anak-anak memiliki sensitivitas yang cenderung tinggi terhadap bahan-bahan makanan yang sudah terkontaminasi pewarna dan pemanis buatan. Apalagi ditambah dengan adanya kalangan bayi dan anak-anak yang memang tidak bisa mengonsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung gluten. Dengan tidak ditambahkannya gluten, alkohol, perasa, pewarna, dan pemanis buatan pada produk Childlife Vitamin D3 30ml, suplemen vitamin D3 ini sangatlah cocok dikonsumsi oleh anak kecil, atau bahkan oleh bayi yang baru lahir;
  • Tidak mengandung bahan-bahan yang mampu memicu alergi, seperti pengisi, susu, ikan, telur, kedelai, kacang tanah, gandum, jagung, kasein dan ragi.

 

Sementara untuk manfaat yang ditawarkan, Childlife Vitamin D3 30 ml memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Membantu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin D3 memang dipercaya sebagai penunjang sistem kekebalan tubuh. Apalagi di musim pandemi seperti saat ini. Menurut Ahli Alergi Imunologi Anak Indonesia, Prof Dr Budi Setiabudiawan dr SpA(K) mengatakan di tengah pandemi seperti sekarang ini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang paling penting. Oleh karenanya, sebagai salah satu cara mempertahankan supaya sistem kekebalan tubuh anak bisa berjalan dengan baik dan normal adalah dengan menjaga kesehatan mental dan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan;
  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D memiliki peranan penting dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Tanpa adanya vitamin D, tulang kita bisa menjadi rapuh dan lemah. Dalam kasus anak-anak misalnya, menurut website reumatologi.or.id atau Perhimpunan Reumatologi Indonesia, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan banyak kasus rakhitis, penyakit tulang dan masalah kesehatan lainnya;
  • Membantu meningkatkan kekuatan otot. Dalam artikel yang dirilis oleh Indonesia Fitness Trainer Association, vitamin D juga berperan penting terhadap pengaturan transportasi kalsium, metabolisme fosfat, ekspresi protein sitoskeleton, dan aktivasi mitogen yang mengaktifkan jalur dari signal protein kinase pada otot skeletal. Hal inilah yang menyebabkan vitamin D dapat mempengaruhi kekuatan otot;
  • Mengurangi risiko dan terapi infeksi saluran pernapasan seperti influenza. Bayi dan anak kecil memiliki sensitivitas terhadap perubahan cuaca. Di musim-musim dingin misalnya, penyakit flu bisa dengan mudah menjangkiti anak-anak karena kadar vitamin D dari sinar matahari berada di tingkat rendah. Oleh karenanya, suplemen vitamin D3 tambahan sangat diperlukan untuk menghindari influenza;
  • Membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat lain dari vitamin D3 yang tidak kalah mencengangkan adalah untuk menjaga dan memperbaiki sistem kardiovaskular. Dalam sebuah jurnal bertajuk 'International Journal of Nanomedicine. Para peneliti menemukan bahwa perawatan yang melibatkan vitamin D3 secara signifikan dapat mengatasi kerusakan pada sistem peredaran darah yang disebabkan oleh berbagai penyakit, termasuk aterosklerosis, diabetes, dan hipertensi. Pada akhirnya, dapat mengurangi risiko serangan jantung;
  • Sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Dewasa ini, kita tidak bisa mengontrol seberapa banyak radikal bebas yang sudah terhirup dan dikonsumsi oleh sang buah hati. Sebagai contoh, radikal bebas tidak hanya terdapat di minuman beralkohol, tapi juga terdapat di sayur-sayuran atau buah-buahan yang sudah terkontaminasi pestisida dan zat kimia lainnya, makanan yang digoreng, mengandung banyak gula dan lemak, serta asap rokok. Padahal, jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh dapat memicu reaksi negatif pada tubuh. Sehingga, kita memerlukan penangkal yang ampuh untuk menghindari berbagai komplikasi yang timbul akibat zat radikal bebas dalam tubuh.

General

Ganti Cemilanmu dengan Cemilan Sehat Berbahan Dasar Kelapa yang Nikmat dan Menyehatkan, Yuk!

Bersyukurlah bagi kita yang tinggal di negara tropis, karena disinilah kita dapat menikmati hasil kekayaan alam. Salah satunya adalah buah kelapa yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, serat, protein, kalium, dan magnesium. Tidak hanya mengandung beberapa nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh, buah kelapa juga memiliki karbohidrat dan kalori yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang dalam program diet, atau ingin memulai gaya hidup sehat.

Selain nikmat disantap langsung, buah kelapa juga kini bertransformasi menjadi berbagai cemilan sehat yang siap santap dan praktis dibawa ke mana-mana. Di antaranya adalah beberapa cemilan olahan berbahan dasar pilihan Natural Farm di bawah ini:

Kona Original Coconut Chips 45 gr

Snack sehat yang satu ini diolah dari daging kelapa asli, dan diproses tanpa menggunakan teknik menggoreng sehingga akan bebas kandungan minyak, kolesterol serta lemak trans, Kona Original Coconut Chips ini menjadi cemilan kaya serat yang cocok dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Selain bisa dijadikan sebagai alternatif cemilan sehat, Kona Original Coconut Chips juga dapat digunakan sebagai topping untuk beberapa sajian, seperti yogurt, es krim, sereal, salad, bahkan smoothies bowl yang sedang naik daun itu.

Nutify - Chiareal Coconut and Pineapple Coconut and Pineapple

Sarapan enak sekaligus super menyehatkan? Kenapa tidak! Dengan cemilan sehat Nutify Chiareal ini, kamu bisa menikmati sarapan penuh nutrisi untuk memulai harimu. Dalam satu bungkus Nutify Chiareal sudah terdapat berbagai bahan-bahan kaya serat dan omega-3, seperti oats, chia seed, bubuk santan, gula kelapa, buah kelapa kering, nanas dan garam untuk menambah cita rasa.

Cara pembuatannya juga cukup mudah. Ada dua cara untuk menikmati snack sehat Nutify Chiareal ini. Yang pertama adalah sajian hangat. Hanya dengan menambahkan 100ml air panas dan tunggu 2 menit, Nutify Chiareal siap dinikmati. Atau, jika kamu lebih suka dengan sajian dingin, kamu bisa menambahkan Nutify Chiareal dengan 100ml air suhu ruang, dan masukkan ke dalam kulkas untuk selanjutnya disajikan bersama overnight oats dan chia pudding.

East BC Granola Bites - Coconut Banana 125 gr

Cemilan sehat selanjutnya datang dari East Bali Cashew. Kali ini, East Bali Cashew memadukan kelapa dengan pisang, serta kombinasi rasa lembut dari kacang mete dan rosella dalam setiap butir granola. Bukan hanya sehat, tetapi East Bali Cashew ini juga merupakan cemilan untuk diet yang tepat untuk kamu.  Kandungannya yang berasal dari bahan-bahan alami tidak menyebabkan gemuk dan membantu untuk proses diet kamu.

Karena diolah dari bahan-bahan organik dan berkualitas tinggi hasil negeri sendiri, cemilan sehat East BC Granola Bites - Coconut Banana menyimpan sejuta manfaat yang baik untuk tubuh, seperti di antaranya:

  • Kacang Mete: membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan
  • Gandum: mencegah diabetes, mengurangi peradangan kronis, mencegah batu empedu, melawan kanker payudara, mengendalikan diabetes dan kesehatan jantung;
  • Pisang: Melancarkan peredaran darah, membantu pencernaan pada usus, menjaga kesehatan mata, menormalkan fungsi jantung;
  • Beras merah: mengontrol kadar gula darah, kaya akan serat, mengandung antioksidan, sel darah merah, mengandung Vitamin B6;
  • Vanilla: Meringankan stress, mengatasi mual, sumber antioksidan, mengobati masalah menstruasi, meningkatkan selera makan dan penambah aroma dalam masakan;
  • Rosella: sumber antioksidan, pencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diet alami, menurunkan tekanan darah;
  • Garam Laut: membantu pemeliharaan kelenjar tiroid, membantu menghindari penyakit gondok, mengatasi gangguan pendengaran, baik untuk tulang dan gigi, mendukung sistem imun tubuh

 

General

Perkaya Daya Tahan Tubuh di Musim Pandemi dengan Vitamin D3

Di awal-awal maraknya kasus Covid-19, kita dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari. Namun, ternyata banyak masyarakat yang salah kaprah, dan mengira bahwa berjemur di bawah sinar matahari merupakan cara untuk menghindari virus corona, meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan mematikan virus tersebut di dalam tubuh. Nyatanya, berjemur di bawah sinar matahari tidak dapat secara langsung menghindari, dan tidak dapat membunuh virus corona (SARS-CoV-2).

Dilansir dari artikel yang dirilis oleh laman web Pusat Perilaku dan Promosi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, berjemur di bawah hari selama 10-15 menit di pagi hari dilakukan untuk meningkatkan produksi vitamin D3. Secara ilmiah, fungsi utama vitamin D3 adalah untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh dalam rangka melawan mikroorganisme penyebab penyakit, salah satunya virus corona.

Vitamin D3 Tidak Hanya Bisa Diperoleh dari Sinar Matahari

Sinar matahari memang merupakan salah satu cara mendapatkan vitamin D3 sebagai sumber vitamin untuk daya tahan tubuh. Namun sinar matahari bukanlah merupakan sumber utamanya. Masih ada cara lain yang lebih praktis ketimbang berjemur di bawah sinar matahari. Di antaranya adalah dengan mengon

sumsi makanan yang mengandung vitamin D3, serta suplemen tambahan seperti NutriWell Vitamin D3 1000 IU 90 Softgels.

Suplemen NutriWell Vitamin D3 1000 IU 90 Softgels mengandung bentuk vitamin D aktif, dan 1000 IU vitamin D3, yang mudah diserap secara langsung oleh tubuh. Kandungan inilah yang nantinya akan berperan dalam menunjang sistem kekebalan tubuh tambahan, selain dari vitamin D3 yang diperoleh dari sinar matahari dan makanan yang dikonsumsi.

Seperti yang kita ketahui, vitamin D3 tidak hanya diandalkan sebagai penunjang sistem kekebalan tubuh. Lebih spesifik, vitamin D3 juga mampu mengurangi risiko timbulnya sejumlah penyakit, seperti kanker, diabetes tipe 1 dan 2, preeklamsia pada ibu hamil, beberapa penyakit autoimun, bahkan depresi serta gangguan saraf dan otak.

Sama halnya seperti NutriWell Vitamin D3 1000 IU 90 Softgels yang tidak hanya bertindak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun suplemen daya tahan tubuh ini juga memiliki banyak manfaat baik lainnya bagi tubuh. Di antaranya sebagai berikut:

  • Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh;
  • Mengurangi risiko dan terapi infeksi saluran pernapasan seperti influenza;
  • Membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh;
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi;
  • Mencegah terjadinya osteoporosis;
  • Membantu meningkatkan kekuatan otot;
  • Sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas.

Medical

Vaksin Lansia: Ini Hal yang Perlu Diketahui Lansia Sebelum Suntik Vaksin COVID-19

Demi menekan laju peningkatan virus Covid-19, pemerintah tengah gencar-gencarnya melakukan kegiatan vaksinasi. Selain memberikan prioritas vaksin kepada para tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19, vaksinasi juga diprioritaskan kepada para lansia. Khusus bagi para lansia, vaksinasi Covid-19 ini menjadi isu tersendiri. Dilansir dari Antaranews.com, tidak sedikit para penerima vaksin lansia yang berusia lanjut harus gagal menerima vaksin lantaran persoalan tekanan darah.

Sebelum dinyatakan layak menerima vaksin, calon penerima vaksin lansia memang harus memenuhi segelintir persyaratan, salah satunya adalah memiliki tekanan darah yang normal. Sementara, hipertensi yang diderita oleh para lansia memang sudah menjadi permasalahan kesehatan yang lumrah di Indonesia. Hal ini disebabkan karena faktor usia yang menjadi salah satu penentu nilai tekanan darah dalam tubuh. Semakin bertambahnya usia, maka kemampuan organ jantung dalam memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh juga akan semakin berkurang.

Menjaga Tekanan Darah Sebelum Menerima Vaksin Lansia

Lalu, bisakah lansia mengontrol tekanan darah kembali normal?

Tentu. Meskipun hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak bisa disembuhkan, namun kita bisa mengontrol tekanan darah menjadi normal kembali.

Menurut Ketua Ikatan Perawat Indonesia, Harif Fadhillah mengatakan bahwa ada beberapa cara yang mesti dilalui oleh para penderita hipertensi, khususnya oleh orang-orang berusia lanjut sebelum nantinya menerima vaksin untuk lansia. Di antaranya adalah tidur dengan cukup, menjaga kecukupan nutrisi dalam sehari, serta menjaga pikiran agar tidak terlalu cemas atau stres.

Untuk memaksimalkan upaya dalam mengontrol tekanan darah, para lansia juga bisa mengonsumsi Kyolic Aged Garlic Extract Reserve yang tersedia di Natural Farm. Produk organik ini mengandung garlic organik (bawang putih organik) yang diproses secara khusus menggunakan metode aging (ekstraksi selama 20 bulan). Proses aging menjadikan Kyolic suplemen garlic yang tidak berbau dan tidak mengiritasi lambung.

Formula yang terkandung dalam Kyolic Aged Garlic Extract Reserve didukung oleh hasil penelitian, serta diproduksi dengan standar Pharmaceutical Grade, yaitu dengan menggunakan senyawa yang disebut S-allyl Cysteine (SAC). Senyawa inilah yang digunakan untuk menjamin konsistensi dan keefektifan produk.

Seperti yang kita tahu, kandungan yang terdapat dalam bawang putih berkhasiat untuk membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Dalam sebuah artikel ilmiah yang dikeluarkan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, bawang putih memiliki zat-zat yang mampu merangsang tubuh untuk menghasilkan zat yang menurunkan ketegangan pada pembuluh darah yang membuat tekanan darah meningkat. 

Manfaat Kyolic Aged Garlic Extract Reserve Lainnya

Tidak hanya teruji secara klinis mampu mengontrol menormalkan tekanan darah, mengonsumsi Kyolic Aged Garlic Extract Reserve secara teratur dua kali sehari, juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, membantu menjaga kesehatan kardiovaskular, melancarkan sirkulasi darah keseluruh tubuh, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menunjang kesehatan sistem syaraf. Hal ini tentu saja berguna bagi para orang tua khususnya sebelum menerima vaksin untuk lansia.

Sebagai catatan tambahan, menjaga tekanan darah tidak hanya dilakukan demi bisa dikatakan layak untuk menerima vaksin lansia. Lebih jauh, hipertensi justru harus dikontrol sehingga tidak menimbulkan risiko penyakit kronis, seperti jantung, gagal ginjal, stoke, atau bahkan kematian.

Medical

Pentingnya Asupan Nutrisi yang Tepat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selama masa kehamilan, metabolisme tubuh akan meningkat seiring dengan pertambahan usia kehamilan loh, Bunda. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan energi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Asupan nutrisi yang kurang juga akan menyebabkan janin terganggu pertumbuhannya serta perkembangannya.

Sementara itu, pada masa menyusui, nutrisi yang bergizi dapat membantu Bunda mempercepat pemulihan pasca melahirkan dan untuk membantu melancarkan produksi dari ASI.

Salah satu kelainan yang bisa menghambat proses tumbuh kembang anak yaitu Stunting. Oleh karena itu, penting bagi calon Ibu untuk mencegah stunting pada si Kecil. Untuk diketahui, pencegahan stunting pada anak dapat dilakukan sejak 1000 hari Hari Pertama Kehidupan (HPK), Bunda dan ini artinya sejak si Kecil masih dalam kandungan hingga berusia 2 tahun. Caranya, Ibu hamil dan Ibu menyusui harus benar-benar memperhatikan asupan nutrisinya dengan baik.

Sebenarnya kebutuhan nutrisi ketika hamil dan menyusui prinsipnya sama Bunda, yaitu harus mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, serta beragam. Namun ada beberapa nutrisi yang patut mendapatkan perhatian khusus. Apa saja itu? Ini dia jawabannya.

  1. Karbohidrat, diperlukan tubuh Bunda untuk mendapatkan energi selama masa kehami lan dan juga menyusui
  2. Protein, dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan jaringan tubuh janin serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh Bunda saat menyusui
  3. Lemak sehat (tak jenuh), bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan otak serta sistim syaraf janin dan bayi
  4. Asam Folat (Vitamin B9 / Folic Acid), dibutuhkan bahkan sejak sebelum masa kehamilan untuk membantu tumbuh kembang otak, mencegah kelainan / cacat saat lahir, membantu meningkatkan produksi sel darah merah, serta mengurangi resiko kelahiran premature loh, Bunda
  5. Vitamin A, membantu perkembangan penglihatan pada janin dan bayi
  6. Vitamin B, membantu meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh (otak, mata, saluran cerna, persyarafan, dll) janin serta bayi, juga baik untuk kesehatan calon Ibu ataupun Ibu menyusui
  7. Vitamin C, juga sangat diperlukan Bunda untuk proses metabolisme dan perkembangan janin serta bayi
  8. Vitamin D, membantu proses penyerapan Kalsium dan mencegah infeksi serta lahir premature
  9. Vitamin E, bersifat antioksidan kuat untuk menangkal masuknya radikal bebas penyebab masalah kesehatan ke dalam tubuh selama masa kehamilan Bunda, bahkan saat menyusui
  10. Kalsium, dibutuhkan untuk membentuk tulang pada janin dan bayi serta menjaga massa tulang Bunda selama masa kehamilan dan menyusui, juga baik untuk otot, syaraf, dan peredaran darah Bunda
  11. Iron /zat besi, dapat membantu pertumbuhan janin dalam kandungan agar memperoleh asupan oksigen yang cukup, mencukupi kebutuhan zat besi untuk meminimalisasir resiko BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) serta Stunting

Untuk memenuhi sebagian besar nutrisi tersebut, serta memastikan asupan nutrisi yang baik juga berkualitas untuk Ibu hamil dan menyusui, suplemen multivitamin dan multi mineral bisa dijadikan salah satu solusi yang cerdas untuk Bunda. Natures Plus Prenatal adalah suplemen yang baik untuk dikonsumsi bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui karena mengandung 19 nutrisi penting dan juga tinggi asam folat, untuk pemenuhan nutrisi yang diperlukan agar janin, bayi, serta Bunda tetap selalu terjaga kesehatannya selama masa kehamilan dan menyusui.

Others

Shop Now

Term & Condition:

- Periode Program berlaku hingga 31 Desember 2020

- Berlaku untuk seluruh Kartu Kredit Citi yang diterbitkan di Indonesia, kecuali Kartu Kredit koprorasi

- Hemat 10% berlaku di aplikasi dan/ atau website Natural Farm dengan minimum transaksi IDR800.000,-

- Maksimum potongan adalah IDR100.000,-

- Untuk mendapatkan hemat 10%, pemegang kartu harus memasukkan kode promo/voucher CITI10 di halaman pembayaran Natural Farm dimana sistem akan langsung       memotong nilai transaksi. Jika kuota sudah habis, sistem tidak akan memberi potongan.

- Berlaku untuk Kartu Kredit Utama dan Kartu Kredit Tambahan

- Program dapat digabungkan dengan promo lainnya

General

Manuka 10.10

break crown

General

Super Promo Payday Sale Natural Farm

Promo gajian "Payday Sale" dari Natural Farm!

Dapatkan berbagai produk vitamin & supplement dari Natural Farm dengan diskon up to 70%. Menarik bukan tentunya di akhir bulan? Caranya Mudah! Cukup dengan;

1. Kunjungi website www.naturalfarm.id

2. Pilih produk vitamin atau supplement Natural Farm yang Anda inginkan

3. Pilih metode transaksinya

4. Tunggu hingga berhasil

Buruan kunjungi segera website Natural Farm dan dapatkan promo gajiannya!

Others

Mayday Madness With Natural Farm

Dapatkan spesial promo selama 30 April - 3 Mei 2019 di Mayday Madness With Natural Farm dengan diskon up to 50% untuk beberpa produk Natural Farm (hanya berlaku di pembelian www.naturalfarm.id). Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan extra diskon 10% untuk pembelian produk Natural Farm pada tanggal 1 Mei 2019 dengan menggunakan kode kupon (MAYDAY19). Wah menarikkan? Berikut tata cara mendapatkannya:

1. Kunjungi www.naturalfarm.id

2. Klik banner promo Mayday Madness atau klik landing page website Mayday Madness (klik

    link ini: https://naturalfarm.id/special/Mayday-Madness)

3. Pilih produk yang Anda inginkan

4. Pilih metode transaksi yang Anda inginkan

5. Tunggu hingga transaksi berhasil
Yuk serbu promonya dan pilih produk Natural Farm yang Anda inginkan!

General

Special Promo Corine De Farme Product x Natural Farm At Senayan City Mall

Percantik wajah dan kulit Anda dengan produk Corine de Farme dengan berbelanja di Natural Farm store Senayan City Mall. Dapatkan juga promo diskon up to 50% dan ekstra cashback 10%. Wah menarik kan? Kalian bisa dapatkan promo ini dari 21 Mei - 16 Juni 2019 (Promo berlaku di Natural Farm Senayan City Mall). Tak hanya itu bagi Anda para customer yang sedang berbelanja produk Corine de Farme di Senayan City Mall, juga akan mendapatkan *FREE SKIN CHECK!*

Buruan kunjungi segera store Natural farm di Senayan City Mall dan dapatkan special promo produk Corine de Farme sekarang juga sebelum kehabisan!

General

5 Tips Agar Tetap Fit Setelah Lebaran

Lebaran merupakan momen paling yang ditunggu umat muslim. Untuk menjaga pola sehat setelah momen lebaran sebaiknya Anda juga memulai membatasi porsi makan yang terlalu banyak dan memulai olahraga kembali. Berikut beberpa tips sehat setelah lebaran yang bisa Anda terapkan.

1. Tetap Lakukan Kebiasaan Sehat

Setelah menjalankan puasa tubuh sangat membutuhkan banyak asupan. Terlebih, pola makan yang belum teratur seperti biasa setelah puasa membuat tubuh butuh adaptasi kembali. Mengonsumsi makanan dan minuman setelah lebaran juga harus dijaga dengan pola makanan sehat.

2. Kembali Berolahraga

Selepas lebaran adalah waktu yang tepat untuk kembali ke rutinitas olahraga. Olahraga dapat membuat kondisi semakin fit setelah sebulan penuh berpuasa.

3. Perlahan – Lahan Ganti Pola Makan

Saat berpuasa pola makan berganti hanya pada petang dan waktu sahur saja. Setelah lebaran sebaiknya menjaga pola makan pasalnya akan kembali normal kembali dari pagi hingga petang kembali. Tahan nafsu pola makan porsi besar untuk menjaga pola keseimbangan tubuh Anda.

4. Perhatikan Pola Penggunaan Garam & Gula Pada Makanan

Konsumsi makanan garam yang membuat gurih makanan dan gula yang membuat makanan terlebih manis memang sangat enak. Namun, bila terlalu banyak konsumsi garam dan gula akan membuat bahaya pada kondisi badan kita yang menyebabkan penyakit.

5. Konsumsi Makanan Sehat

 

Mulai mengganti pola makan Anda setelah lebaran dengan makanan sehat untuk menjaga pola tubuh agar tetap terhindar dari serangan penyakit. Terlebih bila kita sebelumnya mengonsumsi lemak terlalu banyak saat lebaran kemarin. Dan untuk mewujudkan pola menjaga makanan sehat jangan lupa membeli berbagai makan sehat hanya di Natural Farm store atau https://naturalfarm.id/product/category/38/health-foods