Health

4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Mata Ikan di Kaki

By Admin |

Mata ikan merupakan masalah kulit yang umumnya menyerang bagian telapak kaki. Lapisan keras berbentuk benjolan ini tentu akan membuat Kamu merasa tidak nyaman saat berjalan. Mata ikan di kaki sebetulnya merupakan salah satu respon tubuh untuk melindungi kulit dari tekanan atau gesekan yang terjadi secara terus menerus. Hal tersebut akan membuat beberapa bagian permukaan kulit telapak kaki menjadi tebal dan mengeras.

Banyak pilihan cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan mata ikan, baik dengan menggunakan obat kimia atau teknik operasi. Namun jika mata ikan yang kamu miliki belum terlalu parah, segera lakukan pengobatan yang lebih aman dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Sebagai informasi, berikut empat bahan alami untuk menghilangkan mata ikan yang perlu Kamu ketahui:

1. Bawang Putih 

Bawang putih merupakan jenis tumbuhan berumbi lapis yang memiliki sejumlah khasiat, salah satunya untuk menyembuhkan mata ikan. Caranya pun cukup mudah, pilihlah bawang putih yang masih segar dan gosokkan pada area telapak kaki yang terkena mata ikan selama kurang lebih satu menit. 

Kamu juga bisa memakai perban dengan isian bawang putih halus dan menempelkannya pada bagian mata ikan dengan menggunakan plester. Lakukan cara ini secara rutin agar mata ikan cepat menghilang

2. Pepaya 

Selain bisa dikonsumsi dalam berbagai jenis olahan, buah pepaya ternyata bisa digunakan untuk mengobati mata ikan. Namun pastikan untuk memilih buah pepaya yang masih muda atau mentah. Cukup haluskan pepaya muda tersebut dan oleskan pada mata ikan di kaki menggunakan korek kuping. 

3. Lemon

Lemon menjadi buah selanjutnya yang bisa Kamu gunakan untuk menyembuhkan mata ikan. Caranya pun tidak kalah mudah, pilihlah lemon segar yang memiliki air banyak, kemudian oleskan perasan air lemon tersebut ke area kaki yang terdapat mata ikan. Zat yang terkandung dalam perasan air lemon dapat membantu melembutkan mata ikan agar mudah digosok menggunakan batu apung. 

4. Cuka Apel

Bahan alami untuk mengobati mata ikan yang terakhir adalah cuka apel. Sama seperti lemon, cuka apel juga mengandung zat yang mampu melembutkan mata ikan sehingga mudah untuk dihilangkan. 

Caranya dengan merendam kaki yang memiliki mata ikan di dalam wadah berisi larutan cuka apel selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu gosok bagian mata ikan menggunakan batu apung dengan permukaan halus. Lalu balut kakimu menggunakan perban yang telah dibasahi cuka apel dan lihat perkembangannya dalam satu minggu. 

Demikianlah deretan bahan alami penghilang mata ikan di kaki yang mengganggu. Agar mata ikan tidak muncul kembali, hindari pemakaian sepatu terlalu sempit untuk meminimalisir tekanan atau gesekan yang menjadi penyebab utama mata ikan. Selain itu, Kamu juga harus mewaspadai mata ikan di area telapak tangan yang bisa saja muncul akibat beberapa aktivitas keseharian berulang. 

Share

Trending Article

Kenali 6 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasi BAB Susah Keluar

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category