Health

4 Jenis Obat Ini Wajib Anda Punya Saat Sakit Gigi

By Natural Farm |

Semua orang tentu tak asing lagi dengan penyakit yang satu ini karena sudah sering menyerang pada banyak orang dari zaman ke zaman. Penyebabnya pun berbeda-beda. Indikasinya adalah saat Anda merasakan sakit pada daerah sekitar gigi dan juga rahang. 

Walaupun penyakit gigi ini tidak termasuk ke dalam penyakit yang sangat parah hingga mengancam nyawa, akan tetapi sebaiknya jika Anda mengalaminya maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter agar diobati. Ada macam macam obat yang menjadi obat sakit gigi paling ampuh. Entah itu berbentuk obat apotik, jamu-jamu tradisional, dan pengobatan tradisional lagi lainnya.

Sebelum Anda mengetahui lebih lanjut beberapa jenis obat sakit gigi paling ampuh, ada baiknya apabila Anda terlebih dahulu mengetahui berbagai hal yang dapat menyebabkan sakit gigi agar tak melakukan hal tersebut. 

Hal hal yang dapat menyebabkan sakit gigi

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa memicu terjadinya sakit gigi.

1. Terjadi kerusakan pada gigi

Kerusakan pada gigi ini umumnya terjadi adanya pembentukan rongga pada enamel gigi (permukaan luar). Saat plak-plak gigi menumpuk, maka akan menghasilkan asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Dari gigi berlubang tersebut, maka selanjutnya akan terjadi kerusakan pada enamel gigi.

2. Gigi sensitif

Memiliki gigi sensitif memang sangat mengganggu terlebih lagi bagi kita para pecinta kuliner manis, dingin, pedas, maupun panas. Pada suhu tertentu, gigi sensitif ini akan merasakan ngilu dan nyeri. Umumnya, hal-hal di bawah ini dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif:

  • Makan dan minum yang terlalu manis
  • Memiliki kebiasaan menggertakkan gigi
  • Teknik sikat gigi yang salah
  • Makan dan minum yang terlalu dingin
  • Makan dan minum dengan tingkat keasaman yang tinggi

3. Gigi retak

Gigi retak umumnya terjadi karena terdapat cedera sebelumnya. Penyebab lain yang bisa menyebabkan gigi retak selain cedera adalah menggigit sesuatu yang sangat keras dan kebiasaan menggertakkan gigi. Retaknya gigi dapat menyebabkan struktur pada gigi luar akan semakin menipis sehingga selanjutnya akan menimbulkan sakit pada gigi

Obat sakit gigi paling ampuh yang wajib Anda konsumsi saat sakit gigi.

1. Betadine Mouthwash and Gargle

Berbentuk obat kumur yang mengandung antiseptic, membuat obat ini mampu mengatasi rasa sakit pada gigi Anda. Selain itu, manfaat lainnya yang ada pada obat ini adalah meredakan sariawan, bau mulut, gusi yang bengkak, hingga nafas yang tak segar. 

2. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan salah satu obat yang berada di jajaran obat yang paling manjur untuk meredakan sakit gigi. Cara kerja dari obat ini adalah dengan menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin. Senyawa prostaglandin ini merupakan senyawa yang bisa menyebabkan sakit atau peradagangan. 

3. Ponstan

Sudah terkenal di pasaran, membuat obat ini banyak dicari orang ketika sedang mengalami sakit pada gigi. Obat ini mengandung asam mefenamat yang dapat meredakan sakit dan peradagangan pada gigi. Selain itu, obat ini juga kerap dikonsumsi untuk cidera otot hingga mengatasi rasa sakit pasca melahirkan.

4. Dentasol

Memiliki 2 bentuk yaitu kaplet dan obat tetes, membuat obat yang mengandung zat anestesi topical disertai antiseptik ini mampu mengatasi masalah sakit pada gigi. Selain bisa mengatasi rasa sakit, obat ini juga mampu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Semua obat-obatan di atas dapat Anda temukan di NaturalFarm yang merupakan toko online kesehatan paling lengkap dengan kualitas super.

Sekian pembahasan artikel mengenai penyebab dan obat sakit gigi paling ampuh, semoga bermanfaat.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category