Health

4 Obat Tradisional Ampuh untuk Batuk Anak Yang Tidak Kunjung Sembuh

By Natural Farm |

Obat batuk dalam bentuk sirup untuk saat ini memang sedang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi karena di duga memiliki kandungan zat berbahaya. Oleh sebab itu banyak orang tua saat ini mencari obat tradisional untuk batuk anak yang tak kunjung sembuh. 

Selain obat tradisional lebih aman dikonsumsi tetapi juga mudah untuk ditemukan. Berikut ini adalah obat tradisional untuk batuk yang bisa ditemukan di dapur rumah.

1. Jahe 

Obat tradisional untuk batuk anak yang tak kunjung sembuh satu ini pastinya sudah sering didengar untuk mengobati batuk anak. Jahe merupakan obat batuk alami yang bisa diberikan kepada anak dan cukup terbukti ampuh dalam meredakan batuk dan menyegarkan pernapasan.
Zat anti inflamasi yang terkandung di dalam jahe dapat merelakskan membran dalam saluran pernapasan, sehingga bisa untuk mengurangi batuk kering dan batuk asma. Caranya rendam 20-40 gram jahe yang sudah di iris ke dalam satu gelas air panas dan biarkan beberapa menit sebelum diminum. 

2. Daun Saga 

Obat tradisional untuk batuk anak berikutnya adalah daun saga yang dipercaya oleh banyak orang untuk mengobati batuk pada anak. Daun saga ini bisa membantu untuk mengeluarkan dahak dan juga melegakan tenggorokan.
Cara untuk konsumsinya, ambil satu genggam daun saga lalu di cuci bersih dan rendam di air panas. Setelah airnya terasa lebih menghangat, peras daunnya sampai mengeluarkan cairan yang hijau pekat dan minum satu kali sehari hingga batuk reda.

3. Madu 

Obat tradisional untuk batuk anak yang tak kunjung sembuh yang juga cukup terkenal di kalangan orang tua adalah dengan konsumsi madu. Madu ini lebih ampuh untuk meredakan batuk dibandingkan dengan obat batuk umumnya.
Cara untuk mengonsumsinya juga sangat mudah. Campurkan dua sendok teh madu dan air hangat baru di minumkan pada anak 1-2 kali dalam sehari agar dahak menjadi encer sehingga batuk teratasi dengan baik.
Agar menjadi lebih bervariasi madu ini dapat dicampurkan dengan ramuan obat batuk alami yang lainnya. Hal ini dapat dilakukan jika anak lebih suka dengan rasa yang lebih enak. Namun harus diingat, madu hanya dapat diberikan pada anak di usia lebih satu tahun.

4. Belimbing Wuluh 

Belimbing wuluh ini bukan hanya bermanfaat untuk memberi rasa asam di masakan. Bunga belimbing wuluh dipercaya dapat menjadi obat tradisional untuk batuk yang membandel secara alami. Caranya dengan rendam bunga dari belimbing wuluh di dalam air yang mendidih.

Berikutnya hanya harus di konsumsi secara berkala. Obat ini dipercaya ampuh untuk mengobati batuk dan menjadi obat batuk alami anak. Hal tersebut memang bukan rahasia lagi jika belimbing wuluh banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category