Health

5 Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh, Atasi Gejala Sesegera Mungkin

By Erwin |

Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa obat asam lambung alami yang ternyata sangat ampuh untuk menurunkan kadar asam lambung? Ya, obat-obatan ini dapat meredakan nyeri akibat asam lambung dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Berdasarkan laman fk.ui.ac.id, dua gejala yang biasa terjadi saat asam lambung naik adalah timbulnya rasa asam atau pahit di mulut dan sensasi perih atau panas seolah terbakar di dada dan ulu hati. Gejala tersebut akan sangat terasa terlebih saat penderita membungkuk. 

5 Obat Asam Lambung Alami 

Selain obat-obatan medis, obat-obatan alami juga ampuh dan patut dikonsumsi apabila tidak sempat untuk pergi ke dokter. Berikut adalah deretan obat asam lambung alami yang dapat dikonsumsi: 

1. Pisang

Obat asam lambung alami yang pertama adalah buah pisang. Ya, buah yang selalu ada di sepanjang tahun ini bersifat basa, sehingga bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung. Tidak hanya itu, kandungan kalium dan serat di dalam pisang sangat ampuh untuk mencegah penumpukan asam berlebihan di lambung dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

2. Jahe

Jahe memiliki kandungan zat fenolik yang mampu menjadi obat asam lambung paling ampuh. Dengan mengonsumsi jahe, penderita dapat meredakan sensasi nyeri saat asam lambung naik, mendapatkan efek hangat yang nyaman, dan menyeimbangkan asam lambungnya.  Caranya cukup mudah. Siapkan jahe yang sudah direbus, lalu geprek. Agar lebih enak, padukan jahe geprek tadi dengan susu atau teh hangat dan minumlah segera mungkin.  

3. Air Kelapa

Air kelapa segar bukan hanya cocok untuk dinikmati pada siang hari ketika cuaca sedang panas-panasnya. Namun, penderita juga bisa memanfaatkan air kelapa sebagai penawar saat gejala asam lambung mulai terasa. Kandungan serat dari air kelapa terbukti dapat membantu mengubah tingkat pH asam di tubuh menjadi basa. Jika bertujuan untuk mengobati asam lambung, maka disarankan untuk minum air kelapa tanpa campuran es.  

4. Cengkeh

Sensasi rasa terbakar di dada dan perut saat asam lambung naik dapat diredakan dengan cengkeh. Obat alami yang satu ini memiliki banyak manfaat baik untuk mencegah kadar asam pada lambung dan menjaga kesehatan pencernaan.  Selain sebagai pereda meningkatnya asam lambung, cengkeh juga dapat membantu mengatasi masalah bau mulut yang tidak sedap. Unutk mengonsumsi cengkeh sebagai obat, silakan kunyah secara langsung atau gunakan sebagai penyedap pada makanan, seperti saat memasak sup.  

5. Kemangi

Salah satu sayuran yang sering ditemukan di lalapan ini ternyata memiliki manfaat yang besar, yaitu untuk mengobati asam lambung secara alami. Kemangi yang memiliki kandungan kompleks flavonoid, fenolik, dan saponin sangat ampuh untuk meredakan asam lambung. Untuk penderita asam lambung, jadwalkan secara rutin sesuai selera untuk mengonsumsi ekstrak daun kemangi atau bisa menambahkannya ke dalam hidangan setiap hari sebagai pendamping lauk-pauk. 

Selain mengonsumsi deretan obat asam lambung alami di atas secara rutin, pastikan juga untuk menjaga pola hidup yang sehat. Kurangi konsumsi rokok, kafein, hindari stres, dan istirahatlah dengan cukup untuk mencegah asam lambung kembali naik.  
 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category