Health

6 Makanan yang Harus Dihindari Para Penderita Kolesterol

By Natural Farm |

Jika Anda sudah diagnosis mempunyai penyakit kolesterol tinggi dan ingin mengatur pola makan, cara paling baiknya adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter maupun ahli gizi. Namun, secara umumnya para penderita kolesterol tinggi harus membatasi dan menghindari asupan makanan yang mengandung banyak sumber lemak jenuh dan juga kolesterol. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari penderita kolesterol:

1. Jeroan 

Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol yang pertama adalah jeroan. Jauh lebih baik untuk membatasi maupun menghindari mengkonsumsi daging jeroan. Daging jeroan cenderung mempunyai kolesterol yang cukup tinggi. Contohnya, 100 gram hati sapi mempunyai kandungan 494 mg kolesterol yang 164%-nya dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

2. Gorengan 

Gorengan ini menjadi salah satu makanan yang dapat dikatakan haram untuk dikonsumsi oleh para penderita kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena gorengan memiliki banyak kandungan lemak yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Pastinya ini memang akan sangat beresiko membahayakan kesehatan tubuh.

3. Makanan yang Memiliki Kandungan Lemak Jenuh 

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh juga menjadi penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari. Misalnya,santan, kue, keju, kuning telur dan masih banyak lagi lainnya.  Sama seperti makanan yang lainnya, mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh bisa membahayakan kesehatan karena bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

4. Udang 

Sama seperti makanan laut yang lainnya, udang mempunyai kandungan lemak omega 3 dan omega 6 yang cukup tinggi, sehingga menjadikannya sehat untuk dikonsumsi. Namun harus diketahui, bahwa udang ini juga mempunyai kolesterol yang paling banyak dibanding ikan maupun makanan laut lainnya. 

Udang dengan berat 100 gram, terkandung 252 kolesterol yang sekitar 84% dari jumlah kebutuhan kolesterol harian tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi para penderita kolesterol tinggi untuk bisa membatasi dalam konsumsi udang tersebut.

5. Gula 

Minuman dan makanan kolesterol tinggi yang mempunyai kandungan banyak gula lebih baik untuk dihindari oleh para penderita kolesterol tinggi. Contohnya,donat, kue, minuman kemasan dll.

6. Mentega 

Pemakaian atau konsumsi mentega memang harus dibatasi bagi orang seseorang yang menderita kolesterol tinggi karena bisa lebih memperburuk keadaan. Mentega termasuk ke dalam makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Mentega 100 gram, memiliki kandungan 215 mg kolesterol yang 72% dari jumlah kebutuhan harian kolesterol.

Kеbіаѕааn konsumsi mаkаnаn-makanan yang ada di atas dengan jumlаh yang besar dіуаkіnі dapat menyebabkan meningkatnya kаdаr kolesterol уаng akan berujung pada реmbеntukаn рlаk di dalam реmbuluh dаrаh. Plаk ini nantinya bіѕа mеnghаmbаt аlіrаn dalam pembuluh dаrаh dаn bеrроtеnѕі mengakibatkan реnуаkіt ѕtrоkе, аtеrоѕklеrоѕіѕ, sampai ѕеrаngаn jаntung mеndаdаk. Bukan harus menghindari makanan yang harus dihindari penderita kolesterol penderita kolesterol juga harus melakukan konsultasi dengan dokter terkait dengan pengobatannya.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category