Health

6 Sumber Makanan dengan Kandungan Nutrisi dan Vitamin Mata yang Bagus

By Erwin |

Selama ini, vitamin A seringkali dipahami sebagai satu-satunya vitamin mata yang bagus. Padahal, sebenarnya mata yang sehat juga membutuhkan berbagai jenis nutrisi lainnya, lho! Contohnya asam lemak omega-3, lutein, dan zinc.

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang penting karena memiliki fungsi sebagai indera penglihatan. Ketika terjadi masalah atau gangguan pada mata, tentu rasanya sangat tidak nyaman.

Kalau begitu, apa saja ya sumber makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin mata yang bagus? Cek dulu daftarnya berikut ini sebelum mengutak-atik menu makanmu, ya!

Ubi Jalar

Seperti halnya wortel, makanan berwarna kuning atau jingga sama-sama tinggi kandungan beta karoten. Contohnya ubi jalar. Beta karoten sendiri dibutuhkan untuk mendukung fungsi penglihatan saat pencahayaan redup dan di malam hari.

Tak hanya itu saja, ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Jenis makanan ini bisa kamu konsumsi sebagai camilan sehat dengan cara dipanggang atau direbus.

Sayuran Hijau

Nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan mata juga terdapat dalam berbagai sayuran hijau. Contohnya bayam, brokoli, kale dan sawi.

Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang sangat bermanfaat dalam menunjang kesehatan mata. Selain itu, ada juga kandungan lutein dan zeaxanthin sebagai sumber antioksidan untuk mencegah kerusakan sel-sel mata karena paparan radikal bebas.

Ikan Laut

Buat kamu penggemar seafood atau hidangan bahari, ternyata ada banyak jenis ikan laut yang mengandung nutrisi penting untuk kesehatan mata, lho! Contohnya ikan salmon, tongkol, dan tuna.

Ikan laut seperti ketiga jenis ikan yang disebutkan tadi memiliki kandungan asam lemak omega-3. Jenis nutrisi tersebut berperan penting untuk meningkatkan kesehatan retina dan fungsi penglihatan, serta dapat membantu mencegah terjadinya kondisi mata kering.

Jeruk dan Stroberi

Kedua jenis buah tersebut terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Sebab, vitamin C memang sangat dibutuhkan sel-sel mata untuk mengurangi efek oksidasi. Pasalnya, oksidasi bisa meningkatkan risiko masalah penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula.

Kacang Almond

Seperti halnya vitamin C, vitamin E juga bisa bantu memperlambat katarak dan degenerasi makula karena usia. Dan jenis vitamin tersebut bisa kamu dapatkan dari kacang almond.

Selain almond, masih ada berbagai jenis biji-bijian dan kacang-kacangan lain yang kaya kandungan vitamin E. Contohnya biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

Telur

Telur jauh lebih dikenal sebagai sumber protein hewani. Padahal, jenis makanan ini juga punya kandungan nutrisi lainnya yang bagus untuk kesehatan mata, terutama pada bagian kuningnya.

Pasalnya, bagian kuning telur mengandung vitamin mata yang bagus, yaitu vitamin A. Selain itu, terdapat pula kandungan lutein, zeaxanthin, dan zinc yang dapat melindungi kornea, meningkatkan kesehatan retina, serta menurunkan risiko masalah penglihatan yang disebabkan penuaan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category