Health

8 Makanan Protein Tinggi yang Untuk Menu Sehari-Hari

By Erwin |

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, memproduksi enzim dan hormon, serta mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi makanan tinggi protein sangat penting, terutama bagi mereka yang aktif secara fisik atau ingin menurunkan berat badan. Lalu apa saja makanan protein tinggi?

1. Dada Ayam

Daging ayam, khususnya bagian dada adalah sumber protein hewani yang sangat populer dan sering menjadi pilihan utama untuk meningkatkan asupan protein tanpa menambah banyak lemak. Dalam 100 gram dada ayam, terkandung sekitar 31 gram protein. Selain itu, dada ayam juga kaya akan vitamin B6 dan niacin yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh.

2. Telur

Sudah bukan rahasia lagi bahwa telur adalah salah satu makanan yang paling bernutrisi di planet ini. Dalam satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein dan berbagai nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, dan selenium. Putih telur terutama sangat tinggi protein dan rendah kalori, sehingga cocok untuk diet.

3. Ikan Salmon

Salmon bukan hanya kaya akan protein, tetapi juga lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Dalam setiap 1 ons salmon, setidaknya terkandung 25 gr protein. Ikan ini juga mengandung vitamin D dan B12 yang penting untuk kesehatan tulang dan saraf.

4. Daging Sapi Tanpa Lemak

Kabar gembira bagi pecinta daging bahwa daging sapi tanpa lemak termasuk makanan tinggi protein. Dalam 50 gr daging sapi tanpa lemak, kandungan proteinnya adalah 13 gram. Selain itu, daging sapi juga mengandung zat besi, zinc, dan vitamin B12 yang penting untuk produksi sel darah merah dan fungsi imun tubuh.

5. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, dan kacang mete adalah sumber protein nabati yang baik. Sebagai contoh, 28 gram kacang almond mengandung sekitar 6 gram protein. Kacang-kacangan juga kaya akan serat, lemak sehat, dan vitamin E.

6. Greek Yogurt

Tidak semua yogurt tinggi protein. Namun greek yogurt memiliki kandungan protein yang lebih banyak. Dalam 90 gram Greek yogurt, terdapat sekitar 5 gram protein. Produk susu ini juga kaya akan kalsium dan probiotik yang baik untuk kesehatan tulang dan pencernaan.

7. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati yang populer, terutama di kalangan vegetarian dan vegan. Dalam 100 gram tahu, terdapat sekitar 8 gram protein, sedangkan dalam 100 gram tempe, terkandung sekitar 19 gram protein. Kedua makanan ini juga mengandung zat besi, kalsium, dan berbagai fitonutrien.

8. Lentil

Selain tahu dan tempe, lentil adalah sumber protein nabati yang sangat baik dan serbaguna. Dalam 100 gram lentil yang dimasak, terkandung sekitar 9 gram protein. Lentil juga kaya akan serat, folat, zat besi, dan mangan yang baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan.

Mengonsumsi makanan protein tinggi tidak hanya membantu dalam pembentukan otot dan perbaikan jaringan, tetapi juga mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya. Pastikan untuk memilih sumber protein yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan serta diet Anda.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category