Health

Apa itu Dexamethasone? Ketahui Kegunaan dan Cara Penggunaannya

By Natural Farm |

Mungkin nama dexamethasone merupakan nama obat yang jarang kamu dengar. Namun, ternyata obat ini cukup populer lho dalam penggunaannya. Obat ini mempunyai fungsi untuk mencegah pelepasan zat yang dapat menyebabkan radang dalam tubuh. Sehingga, obat ini disebut juga sebagai obat anti radang.

Apa itu Dexamethasone?

Dexamethasone merupakan obat yang masuk kedalam golongan kortikosteroid. Obat ini mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya pelepasan zat yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan. Biasanya, obat ini digunakan untuk kondisi peradangan tertentu seperti misalnya alergi atau permasalahan kulitnya.

Tak hanya itu saja, dexamethasone tablet sering kali digunakan untuk mengobati radang sendi, gangguan pernapasan, lupus, psoriasis, kolitis ulserativa, dan lain sebagainya. Sehingga, obat ini cukup banyak digunakan hanya saja memang namanya masih terdengar asing di telinga para pengguna.

Jika kamu ingin mengkonsumsi obat ini pastikan untuk mengikuti anjuran penggunaan yang ada. Sehingga, obat bisa lebih terasa manfaatnya dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

Kegunaan dari Obat Tersebut

Dexamethasone obat apa? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa obat ini mempunyai banyak sekali penggunaan. Namun, kegunaan utama dari obat ini adalah untuk mencegah terjadinya peradangan. Sehingga, biasanya obat ini diberikan untuk orang-orang yang sedang mengalami gejala radang.

Cara Penggunaan

Obat ini terbagi menjadi 2 sediaan yaitu dalam bentuk tablet dan juga injeksi. Sehingga, keduanya mempunyai cara penggunaan yang berbeda. Lalu, bagaimana cara penggunaan yang tepat dari obat ini? Berikut ini akan dikupas tuntas bagaimana penggunaan dari obat tersebut.

Berikut ini adalah cara penggunaan yang tepat untuk obat tersebut:

1. Tablet

Dexamethasone tablet obat apa? Obat ini digunakan untuk mengatasi radang. Bentuk tablet sering kali lebih mudah dan umum ditemui. Untuk dosis dari penggunaan sediaan obat ini dalam bentuk tablet disesuaikan dengan umur dan juga tingkat keparahan pengidap sakit.

Biasanya, untuk orang dewasa dosisnya sekitar 0,5-0,9 mg per hari dan diminum 2 hingga kali sehari tergantung dari penyakit yang diidapnya. Sedangkan, untuk anak-anak dosisnya lebih kecil yaitu hanya 0,02-0,03 mg per kg berat badan dan diminum sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

2. Injeksi

Sediaan obat yang kedua adalah dalam bentuk injeksi. Injeksi berarti obat akan disuntikkan masuk kedalam tubuh dan tidak diberikan melalui mulut. Untuk dosis pemberian awal biasanya sebanyak 0,75 mg per hari tergantung dari penyakit yang diidapnya. Jika penyakit yang diidap lebih ringan maka biasanya dosisnya akan diturunkan.

Itulah berbagai hal yang perlu kamu ketahui mengenai dexamethasone. Obat ini sangat bermanfaat untuk radang namun pastikan untuk mengikuti anjurannya. Dengan mengikuti anjuran yang ada pada lembar instruksi bisa membuat dosis yang didapatkan oleh tubuh menjadi lebih sesuai. Sehingga, tubuh bisa segera sehat kembali.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category