Health

Apa Saja Sih Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil? Simak Ulasannya Berikut!

By Natural Farm |

Ketika sedang hamil, seorang ibu sangat disarankan untuk berhati – hati dalam segala hal. Salah satunya dalam pemilihan makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini tentu saja dikarenakan ada beberapa jenis makanan yang dapat membahayakan janin. Dengan lebih berhati – hati, maka pertumbuhan janin bisa berlangsung lebih baik. Meski ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi beragam makanan, tetap saja ada beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Adapun beberapanya pada daftar berikut!

Inilah Daftar Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Agar tidak salah memilih jenis makanan, maka kami telah menyiapkan beberapa macam jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Berikut ini daftarnya!

1. Makanan Laut Bermerkuri Tinggi

Beberapa makanan yang berasal dari laut mengandung merkuri yang cukup tinggi. Seperti ikan todak atau swordfish, tuna, hiu, tenggiri, dan kerang. Merkuri merupakan kandungan yang berbahaya dan dapat membuat ibu hamil mengalami gangguan saraf, ginjal, atau gangguan sistem kekebalan tubuh. Serta bisa juga menyebabkan kecacatan pada janin.

Maka dari itu sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ibu hamil mengidam salah satu makanan tersebut, hanya boleh dikonsumsi sebesar 300 gram atau setara dengan dua porsi selama seminggu.

2. Ikan Mentah atau yang Dimasak Setengah Matang

Ikan mentah atau yang hanya dimasak setengah matang harus dihindari oleh ibu hamil. Begitu pula dengan jenis kerang yang serupa. Hal ini karena sang ibu bisa saja mengalami infeksi. Ketika terjadi infeksi, maka kesehatan ibu dan janin bisa tidak stabil.

3. Jeroan

Jeroan adalah salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh masyarakat. Seperti usus, hati, dan jantung hewan. Makanan ini sebenarnya mengandung banyak sekali nutrisi. Hanya saja bisa berdampak pada pertumbuhan janin serta dapat membuat ibu mengalami gangguan hati. Maka dari itu, jeroan termasuk dalam makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Jika sang ibu sangat ingin mengkonsumsinya, hanya boleh sebanyak satu porsi dalam jangka waktu seminggu.

4. Telur Mentah

Telur adalah makanan yang pastinya familiar untuk setiap orang. Bahkan telur sering digunakan sebagai bahan membuat berbagai macam masakan. Seorang ibu hamil, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi telur mentah, meskipun itu telur yang sudah diolah menjadi pelengkap masakan. Telur tersebut akan lebih berisiko terkontaminasi bakteri Salmonella. Maka dari itu wajib untuk dihindari.

Bakteri ini mampu menimbulkan infeksi yang berbahaya untuk ibu hamil. Sang ibu bisa mengalami muntah – muntah, diare, deman, hingga kram perut. Kram perut sangatlah berbahaya jika terjadi pada ibu hamil, karena kondisi ini sering kali membuat ibu hamil harus melahirkan bayi prematur.

5. Kafein

Kafein adalah kandungan yang terdapat di dalam kopi, teh, dan coklat. Mengkonsumsinya secara berlebih sangatlah tidak baik untuk ibu hamil. Perkembangan janin akan berisiko mengalami gangguan. Bahkan terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa menyebabkan keguguran. Jika sang ibu memiliki ketergantungan pada kafein, dianjurkan untuk mengkonsumsi dalam jumlah tidak lebih dari 200 mg sehari. Terutama untuk ibu hamil di trimester pertama.

Itulah beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Pastikan makanan tersebut tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Apalagi jika dalam jumlah yang berlebih!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category