Health

Asam Folat: Manfaat, Kebutuhan, Hingga Rekomendasi Terbaik

By Natural Farm |

Folic acid atau yang lebih dikenal dengan asam folat merupakan salah satu senyawa sintetis yang berasal dari vitamin B. Sama seperti vitamin B Kompleks, asam folat ini mempunyai sifat yang bisa larut di dalam air dan bisa ditemukan dalam suplemen atau makanan yang mengandung asam folat. Biasanya asam folat ditemukan di sejumlah makanan nabati seperti bayam, kangkung, brokoli serta buah-buahan seperti alpukat dan jeruk. Atau kamu juga bisa menemukannya di makanan hewani di telur dan hati sapi. Selain terdapat di makanan, asam folat juga digunakan sebagai tambahan berbagai makanan olahan seperti tepung, sereal sarapan, dan roti. Kemudian ada pilihan lebih mudah jika kamu termasuk orang yang tidak bisa mengonsumsi beberapa makanan di atas, yaitu dengan meminum suplemen. Sebagai tambahan, tubuh kita tidak bisa memproduksi senyawa satu ini. Oleh karena itu, kita membutuhkan asupan dari luar tubuh yang bisa didapatkan dari berbagai makanan yang baru saja sudah disebutkan.

Berbicara mengenai asam folat, pasti muncul berbagai pertanyaan mengenai senyawa ini. Mulai dari mengapa tubuh membutuhkan asupan ini, dan apa-apa saja ya manfaatnya bagi tubuh, lalu berapa dosis yang dibutuhkan untuk tubuh. Di artikel ini akan mengupas seputar asam folat lebih mendetail serta memberikan jawabannya. Simak penjelasannya berikut ini. 

Mengapa asam folat dibutuhkan tubuh?

Sama seperti asupan-asupan lainnya, tubuh membutuhkan asam folat untuk menjalankan beberapa fungsi penting, di antaranya:

  • Sebagai perbaikan, dan metilasi penambahan gugus metil pada Deoxyribonucleic Acid (DNA) yang berhubungan dengan genetik.
  • Pembelahan sel
  • Konversi homosistein menjadi metionin, asam amino yang digunakan untuk pembentukan protein atau diubah menjadi S-adenosilmetionin (SAMe), senyawa yang bertindak sebagai donor metil utama dalam tubuh. Senyawa ini juga diperlukan untuk berbagai reaksi seluler pada tubuh
  • Pematangan sel darah merah

Selain beberapa proses di atas, asam folat juga berfungsi dalam proses metabolisme yang vital dan melindungi tubuh dari akibat defisiensi yang menyebabkan berbagai penyakit seperti anemia, megaloblastik, risiko penyakit jantung dan kanker tertentu, hingga menghindari risiko kecacatan lahir pada bayi.

Dari berbagai fungsi vital asam folat ini, wajar jika kita mulai memperhatikan asupan satu ini. Karena pada dasarnya, penyebab kekurangan folat bukan hanya disebabkan karena kekurangan makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas. Ada faktor lain yang perlu diperhatikan, di antaranya: 

  • Asupan makanan yang buruk
  • Penyakit atau operasi yang memengaruhi sistem pencernaan, seperti celiac atau penyakit autoimun, by pass lambung dan sindrom usus pendek.
  • Achlorhydria atau hypochlorhydria (mengurangnya kadar asam lambung pada tubuh)
  • Obat-obatan yang memengaruhi kandungan asam folat, contohnya metotreksat dan sulfasalazine.
  • Pengaruh minum alkohol berlebihan.
  • Kehamilan
  • Anemia hemolitik atau penyakit kurang darah akibat penghancuran sel darah merah.
  • Dialisis atau yang lebih dikenal dengan gagal ginjal.

Manfaat utama dari asam folat

Semua asupan yang berpengaruh terhadap tubuh tentunya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, terutama untuk kesehatan. Perlu kamu tahu,  seiring berkembangnya dunia medis, mulai ada asam folat yang dikemas dalam suplemen. Untuk khasiatnya antara folat dan suplemen folat ini bisa dibilang memiliki efek yang sama, namun mempunyai efek yang berbeda. Berbicara mengenai khasiatnya, berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan asam folat secara umum.

  1. Pencegahan cacat lahir dan komplikasi pada kehamilan
    Salah satu kegunaan dari asam folat yang paling familiar bagi kebanyakan orang adalah sebagai pencegahan cacat lahir, terutama cacat tabung saraf atau spina bifida dan anencephaly. Jadi suplemen ini bisa menjadi sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program kehamilan. Biasanya suplemen asam folat berguna bagi wanita untuk mencegah cacat lahir janin, dan juga membantu mencegah komplikasi kehamilan, hingga preeklamsia atau gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah. Direkomendasikan bagi kamu yang sedang menjalani program hamil untuk mengonsumsi suplemen setiap hari dengan dosis 400-800 mcg setiap hari, dimulai setidaknya 1 bulan sebelum hamil dan berlanjut hingga 2 sampai 3 bulan pertama kehamilan.
     
  2. Meningkatkan kesehatan otak
    Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada korelasi antara kadar kadar asam folat yang rendah bisa memengaruhi fungsi otak menjadi buruk dan peningkatan risiko demensia. Bahkan kita juga harus waspada karena ketika kadar folat normal pun juga bisa ada risiko peningkatan gangguan mental terhadap orang dewasa, terutama lansia. Sementara beberapa penelitian juga pernah dilakukan pada tahun 2019 dengan subjek 180 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi suplemen asam folat dengan dosis 400 mcg dalam kurun waktu 2 tahun, ternyata dapat meningkatkan ukuran fungsi otak secara signifikan. Kondisi ini tentunya berpengaruh terhadap pengembangan dan perkembangan otak. Sementara ada studi lain yang dilakukan dengan mengonsumsi dosis asam folat sebanyak 1.250 mcg per hari selama 6 bulan, dapat meningkatkan kognisi serta mengurangi penanda peradangan, dibandingkan orang-orang yang hanya mengonsumsi donepezil.
     
  3. Pengobatan tambahan untuk gangguan kesehatan mental
    Untuk orang-orang yang mengalami depresi, telah terbukti bahwa kandungan asam folat dalam darah terbilang rendah. Berbagai tinjauan pun sudah dilakukan dan mencoba untuk mengobinasikan antara obat antidepresan dan suplemen folat diberikan secara bersamaan. Hasilnya menemukan bahwa kombinasi ini bisa efektif untuk mengurangi gejala depresi jauh lebih besar dibandingkan hanya digunakan obat anti depresi saja. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa pengobatan dengan suplemen folat yang dikombinasikan dengan antipsikotik, dapat menghasilkan pengurangan gejala pada orang skizofrenia.
     
  4. Mengurangi risiko penyakit jantung
    Seperti yang kita tahu, penyakit jantung ini menjadi salah satu pembunuh terbesar yang ada di dunia. Khusus untuk suplemen asam folat, 30 penelitian telah dilakukan mengenai konsumsi asam folat yang sudah dilakukan terhadap lebih dari 80.000 orang, hasilnya menunjukkan bahwa suplementasi asam folat dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 4% secara keseluruhan dan 10% pengurangan risiko stroke. Kondisi ini dikarenakan folat memainkan peran utama dalam metabolisme homosistein, dan kadar folat yang rendah dapat berkontribusi pada kadar homosistein yang tinggi, atau dikenal sebagai hyperhomocysteinemia. Kondisi di mana berada dalam kadar yang tinggi dalam darah, dapat meningkatkan resiko penyumbatan pembuluh darah.

Dosis rekomendasi suplemen asam folat

Dalam tubuh terdapat berkisar asam folat sebanyak 10 sampai 30 mg yang sebagian besar berada di dalam hati. Sedangkan sisanya terdapat dalam darah dan jaringan. Kadar asam folat normal berkisar antara 5-15 ng/L, bentuk utama dalam darah biasanya disebut 5-methyltetrahydrofolate. Untuk ukuran satuan yang menjelaskan daya serap asam folat biasanya disebut Dietary Folate Equivalents (DFEs).

Asam folat diperkirakan memiliki daya serap 100% bila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Sedangkan untuk makanan yang mengandung asam folat biasanya diperkirakan hanya memiliki daya serap sebesar 85%. Sementara untuk folat alami justru lebih rendah daya serapnya yang hanya mencapai 50%. 

Pada dasarnya orang dewasa membutuhkan sekitar 400 mcg DFEs per hari untuk mencukupi asupan folat hariannya. Sementara untuk wanita hamil dan menyusui membutuhkan asupan yang lebih tinggi, yaitu sebanyak 500 mcg DFEs per harinya. Untuk lebih jelasnya, akan didaftarkan konsumsi asam folat yang sudah disesuaikan dengan umur di bawah ini.

  • 0 sampai 6 bulan : 65 mcg DFEs
  • 7 sampai 12 bulan : 80 mcg DFEs
  • Usia 1 sampai 3 tahun : 150 mcg DFEs
  • Usia 4 sampai 8 tahun : 200 mcg DFEs
  • Usia 9 sampai 13 tahun : 300 mcg DFEs
  • Usia 14 sampai 18 tahun atau dewasa : 400 mcg DFEs 

Rekomendasi suplemen asam folat

Untuk mencukupi harian asam folat, Natural Farm memiliki produk yang bisa kamu konsumsi, yaitu Nutriwell Folic Acid. Nutriwell Folic Acid mengandung 800 mcg asam folat yang merupakan bagian dari vitamin B. Asam folat merupakan nutrisi yang penting selama masa kehamilan untuk mencegah resiko keguguran dan kelahiran cacat pada bayi. Selain itu peran asam folat penting untuk pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia.

Keunggulan

  • Setiap 1 tablet mengandung 800 mcg asam folat
  • Bentuk tablet kecil sehingga mudah ditelan

Manfaat

  • Membentuk sel darah merah
  • Membantu mencegah dan mengatasi anemia
  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
  • Konsumsi pada masa kehamilan membantu mencegah cacat lahir pada bayi
  • Membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita
  • Merupakan nutrisi untuk fungsi otak
  • Mencegah depresi dan penyakit Alzheimer

Saran Penggunaan

1 tablet per hari

Source:

https://www.naturalfarm.id/product/nutriwell-folic-acid-60-tablets 

https://www.healthline.com/nutrition/folic-acid#benefits-uses 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category