Health

Ingin Menurunkan Kolesterol? Coba Konsumsi Buah Ini

By Natural Farm |

Kolesterol bisa dibilang sebagai salah satu pemicu munculnya berbagai  penyakit yang berbahaya. Karena itulah kondisi kolesterol yang tinggi tidak boleh dibiarkan begitu saja. Salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan mengkonsumsi buah yang menurunkan kolesterol. Berikut beberapa jenisnya.

  • Pisang

Buah pertama yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah pisang. Pisang bisa membantu membuat kadar kolesterol menurun karena memiliki kandungan zat bernama enulin. Dengan mengkonsumsi pisang, Anda bisa mengendalikan kolesterol yang ada di dalam darah.

  • Apel 

Apel juga merupakan salah satu buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan nutrisi bernama pektin yang ada di dalam apelah yang diyakini mampu menurunkan kolesterol.

Pektin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara menyerap lemak jahat dan juga kolesterol yang ada di dalam usus halus.Setelahnya, lemak jahat dan juga kolesterol tersebut akan dibawa keluar tubuh melalui feses.

  • Alpukat

Buah yang menurunkan kolesterol selanjutnya adalah Alpukat. Buah yang satu ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung.

Oleh karena itulah rutin memakan buah Alpukat dapat membantu tubuh Anda untuk menurunkan kolesterol jahat serta menghambat penyerapan kolesterol yang terjadi di dalam tubuh.

Semua itu bisa terjadi berkat adanya kandungan mineral, vitamin dan juga senyawa di dalam buah Alpukat.

  • Buah Bit

Meskipun masih membutuhkan penelitian yang lebih mendalam, Namun salah satu penelitian yang pernah dimuat di dalam journal of horticultural science & biotechnology menyebutkan, buat bit termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh. 

Selain untuk menurunkan kadar kolesterol, buah bit juga sanggup membantu melancarkan pencernaan, membantu membuang racun di dalam tubuh, menguatkan stamina,menstabilkan tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan Anda serta mengobati dan mencegah anemia.

  • Jambu Biji

Jambu biji juga termasuk di dalam salah satu buah yang bisa membantu Anda untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Kemampuan lain dari buah jambu biji adalah untuk melindungi jantung dari kerusakan yang timbul akibat radikal bebas.

  • Jeruk 

Selain vitamin C yang berlimpah, jeruk juga ternyata mengandung serat larut air yang bisa mengikat kolesterol. Vitamin C yang banyak dimiliki jeruk juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Itulah beberapa contoh dari buah yang menurunkan kolesterol , apakah buah favorit Anda termasuk di dalamnya? Buah apa saja yang telah sering Anda konsumsi? Sebagai tambahan bahwa selain banyak mengkonsumsi buah, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat sebagai upaya untuk menghindari kolesterol dan juga berbagai macam penyakit lainnya.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category