Lifestyle

Cara Mengatasi Ketombe: Solusi Ampuh untuk Rambut Bebas Masalah

By Erwin |

Ketombe adalah masalah pada kulit kepala yang bisa karena kulit kepala kering, tidak cocok menggunakan produk perawatan rambut, jarang keramas, stres, perubahan hormon, atau karena penyakit tertentu. Cari tahu secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi ketombe di artikel ini, yuk.

Apa Itu Ketombe?

Ketombe adalah gangguan pada kulit kepala yang ditandai dengan kulit mengelupas, bersisik, serta kadang disertai rasa gatal. 

Karena bentuknya menyerupai serpihan berwarna putih atau kuning dan membuat rambut serta baju terlihat kotor, wajar kalau orang yang berketombe jadi merasa tak percaya diri.

Faktor Penyebab Munculnya Ketombe

Meskipun tidak menular, namun memiliki ketombe di kepala sudah pasti membuat Anda merasa tidak nyaman, apalagi kalau kepala terasa gatal terus menerus. Ada banyak penyebab kepala bisa berketombe, seperti:

  • Jarang keramas dan kurang menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Akibatnya terjadi penumpukan minyak dan sel kulit mati penyebab ketombe.
  • Kulit kepala kering akibat lingkungan, alergi, konsumsi obat atau penyakit tertentu, sehingga menyebabkan kulit kepala bersisik dan mengelupas.
  • Tak cocok terhadap produk perawatan rambut tertentu sehingga muncul ketombe.
  • Infeksi jamur atau menderita penyakit tertentu, seperti alergi, dermatitis, psoriasis (peradangan di kulit), dan sebagainya.

Cara Mengatasi Ketombe Secara Ampuh dan Efektif

1. Jaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Mencuci rambut secara teratur adalah cara yang efektif untuk mencegah penumpukan minyak, kotoran, dan sel kulit mati penyebab ketombe. 

Jika memungkinkan gunakan air hangat ketika keramas dan hindari penggunaan air panas yang berlebihan karena bisa membuat kulit kepala menjadi kering.

2. Pilih Sampo Berbahan Alami

Cara mengatasi ketombe berikutnya adalah memilih dan menggunakan sampo yang cocok dengan kondisi kulit kepala.

Untuk mengendalikan pertumbuhan jamur penyebab ketombe di kulit kepala, boleh juga menggunakan sampo yang mengandung zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, atau yang mengandung selenium sulfida

Jenis sampo ini juga membantu mengurangi rasa gatal sehingga bisa mengurangi kulit kepala yang mengelupas akibat digaruk terus menerus.

3. Cara Mengatasi Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Ada banyak bahan alami yang juga memiliki khasiat untuk mengatasi ketombe dengan cara efektif dan ampuh. Nah, beberapa bahan alami tersebut, antara lain:

  • Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antijamur dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi ketombe. Campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam sampo. Bisa juga dengan mengoleskannya langsung ke kulit kepala demi meredakan rasa gatal dan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

  • Baking Soda

Baking soda juga ampuh lho untuk mengatasi ketombe. Caranya, campurkan sedikit baking soda dan air. Kemudian gosokkan ke kulit kepala. Baking soda ini nantinya akan membantu mengelupas dan menghilangkan sel kulit mati serta mengurangi kadar minyak berlebih di kulit kepala.

  • Air Lemon & Jeruk Nipis

Anda pasti sudah tahu kalau lemon kaya akan vitamin C, vitamin B, flavonoid, asam sitrat, dan zat besi, yang bisa menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala. 

Selain itu, kandungan nutrisi pada lemon bersifat antioksidan yang akan memperkuat folikel rambut dan dapat meningkatkan produksi kolagen. Nah, semuanya ini bagus untuk memperbaiki sel kulit kepala dan mencegah terjadinya ketombe.

Selain ketiga bahan alami di atas yang bisa membantu mengatasi ketombe, masih banyak bahan lainnya, seperti belerang, cuka sari apel, minyak kelapa, dan lainnya. Namun dalam penggunaannya, sebaiknya tidak dicampur ya. 

Lebih baik gunakan satu persatu, dan lihat efeknya dulu. Misalnya minggu ini menggunakan air lemon atau air jeruk nipis. Jika tak ada perubahan, baru ganti dengan baking soda, misalnya. 

4. Hindari Penggunaan Produk Styling Berlebihan

Penggunaan produk styling berlebihan, seperti gel, hair spray, dan sebagainya, dapat membuat kulit kepala menjadi berminyak dan menyebabkan ketombe. 

Gunakan produk styling sesuai kebutuhan dan jangan terlalu sering. Selain itu, pastikan untuk membersihkan rambut dengan baik setelah penggunaan.

5. Konsultasi dengan Dokter

Cara mengatasi ketombe juga bisa dari memperbaiki pola makan, mengelola stres, dan gaya hidup. Pastikan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan mengandung berbagai mineral dan vitamin.

Lalu jika masalah ketombe tak kunjung membaik, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bidang terkait, misalnya dokter kulit. Dokter akan memberikan diagnosa yang tepat, termasuk cara mengatasinya yang sesuai dengan kondisi kulit kepala Anda.

Ketombe memang menjadi masalah umum dan cukup banyak orang yang mengalaminya. Namun jika dibiarkan, masalah ketombe ini bisa mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Untuk itu, ada baiknya Anda mencari cara mengatasi ketombe yang paling sesuai dengan kondisi yang Anda alami, melakukan perawatan rambut dan kulit kepala yang tepat, serta lakukan pula pencegahan. Jangan lupa untuk memastikan rambut serta kulit kepala selalu dalam keadaan bersih ya.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category