Health

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Tanpa Tradisional

By Natural Farm |

Rasa batuk yang disertai rasa sesak nafas tentu amat sangat mengganggu sekali ya, Anda bisa segera minum obat pereda batuk baik kimia atau apotek. Namun, adakah cara mengatasi sesak nafas karena batuk lain yang lebih efektif dalam meredakan batuk saat kondisi terdesak seperti saat malam hari tidur tiba-tiba batuk dan terasa sesak.

Berikut cara untuk meredakan sesak nafas!

1. Minum air panas  

Jika Anda merasakan sesak nafas segera ambil air panas yang masih baru saja mendidih kemudian diamkan sejenak dan sruputlah sedikit demi sedikit. Air yang panas akan melonggarkan area saluran nafas dimana sesak nafas bersumber dari lendir yang menumpuk di dinding batang tenggorokan atau penyempitan saluran nafas. Selain itu, Anda bisa juga mengompres area leher dan dada dengan air hangat atau mengoleskan minyak hangat seperti minyak telon, minyak kayu putih dan sebagainya. 

2. Kumurlah air asin 

Ambillah 1 sendok teh garam halus kemudian Anda masukkan ke dalam air panas dan tunggu hingga dingin kemudian Anda buat kumur dan buang. Jangan berikan kepada anak kecil yang masih belum bisa berkumur karena bisa tersedak. Air garam digunakan untuk melegakan saluran nafas dan merangsang agar dahak bisa keluar dengan perlahan. 

3. Selalu sedia madu herbal 

Madu herbal banyak dijual untuk meredakan sesak nafas, alangkah lebih bagus madu yang mengandung bahan alami seperti propolis atau bahan jamu pereda batuk. Madu yang digunakan bisa diminum dengan air panas dimana nantinya ditahan 5 menit dahulu di mulut kemudian Anda telan perlahan. Cukup 1 sendok teh madu herbal saat pagi, siang dan malam. 

4. Pijat area bawah ketiak dan dada

Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah memijat area dada dari tengah ke samping menuju lengan, bawah ketiak dengan arah ketiak ke bawah menuju siku. Saat Anda batuk, semua syaraf akan tegang dan kaku, hal tersebut membuat dampak saluran nafas menjadi kaku juga. Pijatlah dengan lembut dan searah, sambil dioleskan minyak angin. 

5. Buah pir

Resep ini mungkin sedikit banyak belum tahu, buah pir bisa melegakan atau mengencerkan dahak yang susah keluar dan mengendap. Anda makan buah ini saat lambung masih kosong sambil minum air panas. 

Kunci agar sesak nafas batuk segera mereda adalah dengan membuat kondisi tubuh terus hangat ya, karena saat hangat sel saraf dan pembuluh darahnya menjadi lentur dan longgar. Tak heran jika udara dingin ada seseorang yang batuknya hingga menunduk sampai perutnya sakit. Anda bisa juga oleskan hidung dengan minyak kayu putih atau minyak roll on agar udara yang Anda hirup berasa hangat.  

Jangan lupa makan yang bergizi dan buah yang baik agar imun terus naik.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category