Health

Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Mudah

By Erwin |

Dahak merupakan lendir atau mukus yang dihasilkan pada saluran pernafasan. Kondisi yang berkaitan dengan dahak memang sangat mengganggu, misalnya seperti batuk atau flu. Apalagi jika ditambah rasa sakit di tenggorokan, serak, dan rasa pahit pada lidah serta kerongkongan.

Kondisi seperti ini membuat anda ingin sekali mengeluarkan dahak yang mengganggu tersebut. Bagaimana caranya? Jangan khawatir, anda akan mengetahui cara mengeluarkan dahak di tenggorokan dengan mudah melalui artikel berikut ini. Namun ketahui dahulu apa penyebab dahak yang susah keluar.

Mengapa Dahak Susah Keluar?

Dilansir dari Primayahospital, penyebab dahak susah keluar dan tetap menempel di tenggorokan bisa jadi karena penyakit maupun kondisi tertentu yakni seperti infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA. Selain itu karena demam atau alergi. Karenanya, lendir di saluran pernafasan lebih kental serta padat, sehingga sulit keluar termasuk lewat hidung.

Cara Cepat Agar Dahak Keluar

1. Campuran Jahe dan Juga Lemon

Ini adalah cara mengeluarkan dahak dengan alami yaitu menggunakan campuran jahe serta lemon. Mengapa? Karena bahan alaminya mampu memberi efek hangat pada tubuh dan bisa mengeluarkan dahak dengan baik. Selain itu juga bisa mengatasi pilek dan batuk.

2. Kumur Air Garam

Anda bisa juga memakai cara mengeluarkan dahak dengan cepat yaitu berkumur-kumur dengan air garam. Karena bahan ini bisa efektif mengurangi iritasi dan juga membunuh kuman yang ada di saluran tenggorokan. Cukup campurkan setengah gelas berisi air hangat yaitu sekitar 125 mililiter dengan ¾ sendok teh garam. Kumur selama 30 sampai 60 detik sambil kepala mendongak supaya air garam bisa sampai tenggorokan.

3. Mengkonsumsi Ekspektoran

Cara mengeluarkan dahak di tenggorokan bisa dengan mengkonsumsi ekspektoran. Ini adalah bahan dalam obat untuk batuk berdahak yang ampuh dalam mengatasi jenis batuk yang berdahak. Ia mampu mengencerkan dahak supaya mudah keluar, tenggorokan juga jadi lega.

4. Konsumsi Dekongestan

Dekongestan dapat dijadikan solusi untuk menurunkan kadar pada dahak di saluran tenggorokan. Adapun biasanya obat tersedia dalam bentuk hirup maupun bentuk sirup. Meski demikian, anda harus hindari mengkonsumsi obat ini pada dosis yang berlebihan, dikarenakan dapat mengeringkan membran lendir. Selain itu juga menyebabkan pusing dan meningkatkan tekanan darah.

Ada lagi cara mengeluarkan dahak dari tenggorokan yang perlu anda ketahui, yakni banyak-banyak minum air putih yang hangat dan menenangkan. Makan sup hangat juga cukup efektif melegakan dan mendorong dahak keluar.

Penting untuk digarisbawahi, dahak harus dihilangkan dan tak boleh anda biarkan begitu saja. Karena dahak ini di dalamnya mengandung bakteri maupun sumber penyakit yang lain. Obat minum untuk hilangkan dahak kini juga sudah banyak dijual. Itu dia cara mengeluarkan dahak di tenggorokan, semoga membantu anda.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category