Health

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal Agar Tidak Menyiksa Waktu Tidur

By Natural Farm |

Apakah Anda saat ini sedang merasakan gejala batuk berdahak dan tenggorokan gatal? Batuk berdahak sebenarnya termasuk gejala normal tapi gejalanya dapat mengganggu kenyamanan Anda terlebih saat akan pergi tidur malam. Hal ini karena batuk berdahak seolah semakin menyiksa di malam hari. Oleh sebab itu, sebelum tidur kiranya Anda perlu mencoba cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal yang alami berikut:

1. Mandi Air Hangat

Cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal pertama adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membantu meredakan gejala batuk. Uap panas dari air mandi akan menambahkan kelembaban di udara. Sehingga saat Anda menarik napas hal tersebut membantu melembabkan tenggorokan, meredakan sakit di tenggorokan, dan mengurangi gejala batuk sekaligus.

2. Minum Teh Madu Ditambah Lada Hitam

Selesai mandi, bahwa tubuh Anda untuk relaksasi dengan meminum teh madu yang ditambah lada hitam. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan 2 sdm madu dan 1 sdt lada hitam ke dalam segelas air panas. Biarkan beberapa waktu lalu saring ampasnya dan segera minum. Minuman hangat ini akan membantu melegakan tenggorokan yang gatal dan melancarkan sirkulasi.

3. Minum Jahe Hangat

Jika teh madu dan lada hitam bukan minuman favorit Anda, maka Anda bisa menggantinya dengan minum jahe hangat. Rempah jahe diketahui memiliki sifat inflamasi seperti dekongestan dan antihistamin yang membantu mengendurkan selaput di saluran pernapasan karenanya bermanfaat meredakan batuk berdahak. Buat minuman jahe Anda sendiri dengan menambahkan 40 gram irisan jahe segar ke dalam air. Rebus sebentar lalu tambahan lemon dan madu.

4. Menghisap Permen Pelega Tenggorokan

Jika masalah gatal tenggorokan masih mengganggu, ambil permen pelega tenggorokan. Pilih permen pelega tenggorokan yang bebas gula dan mengandung bahan aktif eucalyptus atau menthol. Namun, pastikan ingat untuk menggosok gigi kembali sebelum tidur agar kesehatan gigi Anda tetap terjaga.

5. Istirahat Cukup

Selesai merilekskan tubuh Anda dengan mandi air hangat dan minum jahe hangat, jangan tunda waktu tidur Anda. Matikan semua perangkat elektronik dan lampu agar tidur Anda lebih nyaman. Beristirahat yang cukup dapat membantu meredakan gejala batuk. Agar batuk tidak membangunkan Anda kondisikan ruang kamar tetap lembab tidak kering dengan menyalakan pelembab udara.

Itulah beberapa rangkaian cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal yang bisa Anda coba sebelum tidur. Tidak perlu buru-buru mengonsumsi obat. Karena pada dasarnya cara alami lebih baik dan tidak kalah efektif menyembuhkan sakit batuk berdahak dan tenggorokan yang gatal. Adapun jika gangguan kesehatan ini berlangsung cukup lama hingga 3 pekan lebih artinya Anda harus memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter terdekat.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category