Health

Episgatrium Adalah Penyakit Ulu Hati, Apa Penyebabnya?

By Erwin |

Sakit ulu hati biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian tengah atas perut. Kondisi itu disebabkan oleh masalah pada beberapa organ. Walaupun terlihat ringan, namun ternyata penanganan terhadap sakit ulu hati tetap perlu diperhatikan dengan baik. Sakit ulu hati atau episgatrium adalah penyakit yang cukup menganggu, apalagi kalau sering kambuh berkali-kali. 

Sakit ulu hati disebabkan oleh beberapa kondisi yang sifatnya ringan, namun perlu anda ketahui bahwasannya sakit ulu hati menandakan adanya masalah kesehatan. Jika dibiarkan saja, maka sakit ulu hati akan menyebabkan penyakit yang berbahaya. Memangnya apa saja penyebab sakit ulu hati? Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai episgatrium. 

Sindrom Iritasi Usus

Kondisi satu ini akan menyerang usus besar sehingga bisa memicu penyebab perut kembung, kentut, kram, dan perubahan frekuensi BAB. Apa yang menyebabkan sindrom iritasi usus? Penyakit satu ini terjadi saat otot pada bagian dinding usus bergerak lebih kuat dan lebih lama karena proses pemindahan makanan pada bagian saluran pencernaan. 

Masih ada banyak faktor lainnya yang menyebabkan sindrom iritasi usus misalnya saraf sistem pencernaan, infeksi bakteri atau virus, perubahan mikroba usus, stress, dan masih banyak lagi. Penyakit seperti ini bisa terjadi tergantung dengan kebiasaan anda saat mengunyah makanan, oleh sebab itu pastikan benar-benar halus agar mudah dicerna oleh usus. 

Tukak Lambung

Apa itu tukak lambung? Tukak lambung merupakan semacam luka terbuka yang terjadi pada lapisan dinding lambung. Kondisi tersebut terjadi saat zat asam dalam saluran pencernaan merusak permukaan lambung atau usus kecil. Episgatrium adalah adalah salah satu tanda seseorang terserang tukak lambung, oleh sebab itu tidak bisa dianggap remeh. 

Kondisi umum yang akan dialami oleh penderita tukak lambung diantaranya nyeri ulu hati saat perut kosong, perut terasa kenyang, intolenransi  terhadap makanan, dan mual. Jika anda merasakan gejala tersebut, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. 

Pankreatis

Penyakit pankreatis merupakan jenis peradangan pada bagian pankreas. Kondisi tersebut akan menimbulkan beberapa gejala seperti demam, mual, muntah, perubahan warna kulit, perut terasa lunak, dan sakit ulu hati yang menjalar ke seluruh bagian punggung. Gejala pankreatis kronis akan menyebabkan penurunan berat badan serta tekstur tinja yang keluar cenderung berminyak.

Kantong Empedu

Kantong empedu merupakan jenis kantong kecil yang ada di bawah organ hati. Kantong tersebut bisa menyimpan cairan yang membuat tubuh bisa mencerna lemak atau biasa dikenal dengan cairan empedu. Ketika kantong empedu mengalami masalah, maka anda akan merasakan sakit perut yang sangat luar biasa. 

Seseorang yang menderita kantong empedu akan merasakan gejala disertai mual, demam, muntah, tubuh gemetar, nyeri dada, dan tinja yang mengalami perubahan warna. Episgatrium adalah salah satu tanda beberapa penyakit berbahaya di atas, sehingga anda perlu waspada. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category