Health

Ini 5 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Penderita Kolesterol Wajib Hindari!

By Natural Farm |

Apa kolesterol itu? Kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan untuk melindungi jaringan tubuh. Akan tetapi, tubuh memiliki batasan akan kadar kolesterol yang dibutuhkan. Bila jumlah kolesterol dalam tubuh melebihi dari batasan normal, maka dapat menyebabkan penyakit kronis seperti sakit jantung dan stroke. Adapun salah satu penyumbang kolesterol dalam tubuh adalah makanan yang Kamu konsumsi sehari-hari. Bila ingin tetap sehat pastikan Kamu menghindari atau mengatur jumlah pengkonsumsian makanan yang mengandung kolesterol berikut ini:

1. Daging Olahan

Daging olahan seperti sosi, hot dog, kornet kaleng, dan bacon termasuk makanan tinggi kolesterol. Dari hasil penelitian diketahui pengonsumsian 50 gram daging olahan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 42%.

Konsumsi daging olahan tak hanya baik dibatasi untuk mencegah kolesterol naik saja. Akan tetapi, hal ini juga baik untuk mencegah potensi kanker usus besar.

2. Gorengan

Aneka macam gorengan seperti bakwan, mendoan, atau kentang dan nugget yang digoreng dengan metode deep fry sebaiknya dihindari. Minyak yang digunakan untuk menggoreng memiliki kandungan lemak trans. Karenanya pengonsumsian gorengan berlebihan dapat meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh.

LDL termasuk lemak jahat. Tingginya kadar LDL didalam tubuh menjadi indikator banyaknya kolesterol bertumpuk dan mengendap di dinding pembuluh darah.

4. Jeroan

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi berikutnya adalah jeroan. Jeroan sendiri ada banyak macamnya seperti usus, paru, babat, otak, hati, dan lainnya. Tidak hanya tinggi kolesterol, makanan ini juga tinggi asam urat.

Untuk Kamu penderita kolesterol dan asam urat wajib menghindari makanan ini. Baik itu jeroan yang dimasak menjadi sate, diolah dengan kuah santan, atau lainnya.

5. Seafood

Aneka seafood seperti udang, kepiting, dan kerang memang kaya protein dan vitamin yang baik untuk tubuh. Sayangnya menu olahan dari laut tersebut juga memiliki kandungan kolesterol tinggi.

Diketahui tiap 85 gram udang menyimpan 214 mg kolesterol. Bisa dihitung bukan berapa banyak kolesterol yang masuk ke dalam tubuh untuk pengonsumsian udang lebih dari itu? Karenanya bagi penderita kolesterol seafood termasuk menu yang harus dihindari.

6. Dessert Manis

Dessert seperti kue atau cookies juga harus dihindari penderita kolesterol. Hal ini karena adanya tambahan gula dalam jumlah tinggi. Dimana pengonsumsian dalam jumlah berlebih tidak hanya berisiko pada sakit jantung tapi juga diabetes dan obesitas.

Jauhi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi di atas dan mulai beralih mengkonsumsi suplemen yang menyehatkan seperti Kyolic 104 Kolesterol Plus Lesitin. Suplemen ini mengandung bawah putih organic yang dikombinasikan dengan Lecithin. Pengonsumsian suplemen ini membantu meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL, meningkatkan imun tubuh, menurunkan tekanan darah, mendukung kesehatan kardiovaskular, dan memiliki kemampuan antioksidan.

Kini Kamu telah mengetahui makanan yang mengandung kolesterol apa saja yang sebaiknya dihindari. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Terlebih dampak penyakit kolesterol begitu berbahaya karena berisiko mengganggu kesehatan jantung dan ada potensi menyebabkan stroke. Pilih makanan sehat tepat dan jalani pola hidup sehat mulai sekarang.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category