Health

Jangan Sampai Terlewat! Inilah Makanan Berkalori Tinggi Yang Anda Butuhkan

By Erwin |

Bagi sebagian orang, makanan berkalori tinggi menjadi pantangan yang tidak dimakan, terlebih jika sedang menjalankan diet. Sebaliknya, bagi anda yang sedang proses penggemukan pasti membutuhkan makanan berkalori. Apa saja makanan berkalori tinggi yang bisa anda konsumsi? simak penjelasan selengkapnya hanya di artikel ini: 

1. Buah Alpukat 

Alpukat dikenal sebagai salah satu sumber lemak sehat. Sering dipilih sebagai buah yang cocok untuk diet. Namun, perlu diperhatikan bahwa alpukat juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Satu buah alpukat rata-rata mengandung sekitar 322 kalori. 

Selain kaya lemak sehat, alpukat juga mengandung kalium, asam pantotenat, folat, dan vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk menambah asupan kalori dengan cara yang sehat, mengonsumsi alpukat sebagai camilan di antara waktu makan atau mengolahnya menjadi jus. 

2. Daging Ikan Salmon 

Ikan salmon tidak hanya terkenal sebagai sumber protein dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan, tetapi juga makanan berkalori tinggi. Dalam setiap 170 gram ikan salmon berbentuk fillet, terdapat sekitar 350 kalori, 37 gram protein, dan 22 gram lemak. 

Ikan salmon bisa diolah dengan berbagai cara, seperti dikukus, dipanggang, direbus, atau ditumis. Agar kesegaran dan kandungan nutrisinya tetap terjaga, sangat disarankan untuk menyimpan ikan salmon mentah di dalam freezer dengan menggunakan wadah kedap udara. 

3. Berbagai Jenis Kacang-kacangan 

Apabila Anda sedang mencari sumber protein, lemak, dan kalori yang tinggi namun sehat untuk meningkatkan energi sehari-hari, kacang-kacangan dapat menjadi pilihan yang sangat baik. Salah satu varietas kacang yang sangat direkomendasikan adalah kacang kenari.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kacang-kacangan, disarankan untuk mengonsumsi satu atau dua porsi dari berbagai jenis kacang setiap hari sebagai camilan. Hal ini akan membantu memberikan energi yang berkelanjutan dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 

4. Daging Merah 

Daging merah adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan kalori, yang dapat berperan penting dalam peningkatan berat badan serta pembentukan otot. Dalam setiap porsi 170 gram daging merah, seperti dalam bentuk steak, terdapat sekitar 256 kalori dan 49 gram protein. 

Tidak hanya itu, daging merah juga mengandung asam amino tertentu, seperti leusin, yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk merangsang sintesis protein dan memperbesar massa otot. 

5. Kentang 

Kentang merupakan salah satu jenis pangan yang kaya akan kalori, mampu memberikan tambahan energi dan karbohidrat yang diperlukan untuk meningkatkan massa tubuh serta meningkatkan cadangan glikogen di dalam otot. 

Kentang juga mengandung pati resisten untuk menjaga kesehatan mikrobiota usus. Disarankan agar kentang dikonsumsi dalam bentuk rebusan atau dipanggang dengan kulitnya, mengingat proses tersebut dapat mempertahankan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. 

Sekian pembahasan mengenai beberapa makanan berkalori tinggi. Anda akan membutuhkannya ketika dalam masa penggemukan badan. Cari tau jenis makanan lain dengan karbo tinggi agar bisa membantu proses penggemukan badan. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category