Health

Jenis – Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin A

By Erwin |

Banyak orang menganggap vitamin A hanya untuk menjaga kesehatan mata saja. Makanan yang mengandung vitamin A sebenarnya san penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin A yang mudah larut dalam lemak tersebut merupakan nutrisi yang penting dan memiliki peran di dalam berbagai proses tubuh. 

Contohnya, membantu menjaga kekebalan tubuh, kesehatan kulit, reproduksi, pertumbuhan tubuh dan juga fungsi penglihatan. Seseorang yang kekurangan vitamin A bisa menjadi penyebab utama kebutaan di beberapa negara berkembang. Berikut ini adalah jenis-jenis makan yang ada di sekitar kita dengan kandungan vitamin A yang tinggi. 

Hati Sapi

Makanan yang mengandung vitamin A adalah hati sapi yang menjadi salah satu sumber terkaya dari vitamin A. Hal tersebut disebabkan karena hewan sama seperti manusia dimana mereka juga menyimpan kandungan vitamin A di dalam hati. 

Kurang lebih tiga ons hati sapi yang sudah digoreng dapat mempunyai kandungan vitamin A sebesar 6.582 mikrogram. Sebagai daging organ, hati ini juga sangat kaya dengan protein, termasuk vitamin B2, B12 dan tembaga. Hati juga menjadi salah satu sumber zat besi, folat dan juga kolin yang sangat baik.

Ubi Jalar

Satu buah ubi jalar yang utuh dan dipanggang bersamaan dengan kulitnya memiliki kandungan vitamin A sebesar 1.403 mikrogram. Vitamin A yang terkandung di dalamnya berbentuk beta karoten yang berdasarkan beberapa penelitian bisa membantu untuk melindungi dari penyakit kanker prostat dan juga kanker usus besar. 

Ubi jalar ini juga sangat rendah kalori dan juga bebas lemak. Ubi jalar ini juga sangat tinggi serat dan juga indek glikemik rendah. Inilah yang akan membantu untuk mengontrol kadar gula yang rendah. 

Kacang Polong

Sumber vitamin A selanjutnya adalah kacang polong yang mana memiliki sumber protein nabati yang baik dan banyak serat. Satu cangkir kacang polong yang direbus dapat memiliki kandungan vitamin A 66 mikrogram. Kacang polong yang hitam juga sumber zat besi baik dan berbagai jenis kacang-kacangan mengurangi risiko penyakit jantung, tekan darah tinggi dan diabetes tipe dua. 

Paprika Merah

Setengah cangkir dari paprika merah yang masih mentah dapat mengandung vitamin A 117 mikrogram. Selain itu, sajian dari paprika merah hanya mempunyai kandungan 19 kalori tetapi masih kaya dengan vitamin C, folat dan vitamin B6. Paprika juga merupakan salah satu sumber antioksidan dan memiliki kandungan gurcetin serta zat anti inflamasi dan juga antihistamin. 

Melon

Melon setengah cangkir dapat mengandung vitamin A 135 mikrogram. Agar bisa mendapatkan kandungan vitamin A lebih baik lagi dari buah melon, maka dapat mengkonsumsinya dengan buah segar lainnya maupun dalam bentuk smoothie. 

Jus Tomat

Makanan yang mengandung vitamin A berikutnya adalah jus tomat. Kandungan dalam ¾ cangkir jus tomat terdapat vitamin A sebesar 42 mikrogram. Tomat ini juga sangat kaya dengan kandungan vitamin C serta likopen dimana adalah antioksidan. Tomat maupun jus tomat memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata. 

Share

Latest Articles

Kenapa Test Pack Negatif tapi Belum Haid? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

10 Cara Membesarkan Otot Dada dengan Aman dan Efektif

10 Cara Mengecilkan Paha yang Efektif dan Gampang Dilakukan

Begini 6 Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman!

10++ Cara Membesarkan Otot Lengan & Kebutuhan Nutrisinya

Ketahui 6 Tanda Otot Berkembang dan Faktor yang Mempengaruhinya!

Article Category