Health

Kenali Beberapa Cara Mengatasi Telinga Berdengung

By Erwin |

Apakah anda pernah mendengar suara seperti dengungan di telinga, tapi bukan suara dari lebah atau nyamuk? Bisa jadi itu terjadi karena terdapat masalah kesehatan yang anda miliki.

Pada umumnya, kondisi telinga berdengung akan sering dialami oleh mereka yang berusia lanjut, walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi juga di usia berapa saja. 

Telinga yang berdengung sendiri diketahui bisa mengganggu aktivitas penderitanya. Nah, agar tidak membuat kualitas hidup anda menurun, keluhan tersebut harus bisa segera diatasi. Berikut beberapa cara mengatasi telinga berdengung yang dapat dilakukan,

1. Membersihkan Kotoran yang Menyumbat Telinga

Kotoran yang akan menyumbat telinga dapat menambah keluhan telinga berdengung. Kondisi satu ini tentu dapat diatasi dengan rajin membersihkan kotoran telinga pada dokter spesialis telinga, hidung, serta tenggorokan atau dokter THT.

2. Mencoba Memakai Alat Bantu Dengar

Jika anda telah didiagnosis terkena gangguan pendengaran, salah satu cara yang paling tepat dalam mengatasi dengungan yang muncul telinga adalah dengan mencoba pakai alat bantu.  

Alat bantu dengar sendiri merupakan perangkat elektronik kecil yang akan menggunakan amplifier, mikrofon, serta speaker yang dapat meningkatkan volume suara mendengarkan telinga anda dari luar. 

3. Rajin Berolahraga

Tentunya berolahraga secara rutin serta teratur bisa lebih membantu anda untuk menjaga suasana hati dan juga kesehatan tubuh menyeluruh. 

Dengan memiliki kondisi fisik serta mental yang lebih stabil, gangguan telinga berdengung yang dialami tentu dapat berkurang seiring waktu berjalan.

4. Mencoba Terapi Perilaku

Keluhan telinga yang berdengung secara terus-menerus juga bisa berhubungan dengan tingkat stres anda yang cukup tinggi.  

Nah, cara mengatasi telinga berdengung saat ini adalah dengan mencoba melakukan terapi untuk perilaku kognitif. Terapi perilaku sendiri memang bukan langsung untuk mengatasi telinga berdengung.Terapi tersebut bisa membantu mengajarkan anda mengetahui bagaimana cara menjalani hidup yang nyaman walaupun memang mengalami gangguan telinga yang permanen. 

5. Mencukupi Waktu untuk Istirahat

Dalam beberapa kasus, kelelahan diketahui bisa cukup meningkatkan risiko telinga anda yang berdengung. Untuk kasus satu ini, cara tepat dalam mengatasi telinga berdengung adalah dengan memperbanyak waktu istirahat.

Biasanya, orang dewasa sendiri dianjurkan untuk mendapatkan waktu tidur malam paling tidak sekitar tujuh sampai delapan jam.

6. Menghindari Mendengar Suara yang Terlalu Kencang

Suara kencang sendiri bisa menjadi salah satu penyebab telinga anda berdengung. Suara yang kencang sendiri bisa langsung merusak saraf pendengaran. 

Maka dari itu, anda harus dapat menghindari mendengar suara yang kencang dikarenakan bisa merusak organ pendengaran anda.

7. Mencoba Berhenti Merokok

Selain dapat merusak paru-paru, kebiasaan merokok sendiri juga diketahui berhubungan juga dengan adanya risiko telinga berdengung.

Hal ini dikarenakan, asap rokok mengandung zat berbahaya didalamnya yang diketahui dapat mengganggu aliran darah anda ke sel saraf, termasuk yang berada di telinga. Maka itu, ada baiknya jika anda segera menghentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang.

Dengan mengikuti beberapa cara mengatasi telinga berdengung, diharapkan anda bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan telinga berdengung yang terus menerus.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category