Health

Kenali Ciri Ciri Anak Cacingan Dan Cara Mencegahnya

By Erwin |

Ciri ciri anak cacingan selain nafsu makan yang berkurang terdapat banyak tanda tanda lain yang mengindikasikan seorang anak terkena cacingan. Tumbuh kembang anak akan sangat terganggu bila sampai terkena cacingan karena dapat menghambat nutrisi untuk diserap oleh tubuh anak Anda.

Infeksi karena cacing merupakan kondisi kesehatan yang paling umum terjadi pada anak anak dan sangat rentan menyerang anak dengan kemiskinan yang ekstrim di negara berkembang seperti Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Seorang anak dapat terkena cacingan ketika mengalami kontak langsung dengan telur cacing baik dari makanan, minuman, maupun benda benda lainnya dan tanpa sengaja tertelan. Bila anak tidak mencuci tangannya, bahkan cacingan bisa menjangkiti orang lain.

Ciri Ciri Anak Cacingan

sebagian anak yang mengalami cacingan tidak semuanya menunjukkan gejala yang serius ataupun berbahaya. Bahkan orang tua seringkali tak menyadari bila anak mereka mengalami cacingan dan kerap kali terjadi salh diagnosis dengan permasalhan kesehatan lainnta. Namun merupakan hal yang wajib bagi orang tua untuk mengetahui apa saja ciri ciri anak cacingan sehingga dapat segera diatasi.

Beberapa gejala khas yang dialami anak ketika cacingan salah satunya adalah menurunnya nafsu makan. Berikut adalah tanda tanda seorang anak mengalami cacingan

1. Pantat yang terasa gatal hingga memerah dan meradang karena terlalu sering digaruk

2. Feses anak mengandung cacing

3. Perut anak kembung, keras, dan terasa nyeri

4. Ketika anak bernafas mengeluarkan bumi

5. Seringkali mudah tersinggung

6. Mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis

7. Tidur anak menjadi tidak nyenyak

Cacing yang menginfeksi anak terlihat seperti benang putih dengan panjang sekitar 1 cm. pasarsit tersebut akan mendiami usus bawah anak dan akan keluar di malam hari melalui anus anak untuk bertelur di area pantat. Kemudian ketika anak menggaruk pantat maka telur telur akan mulai tersalurkan dari kuku kuku anak yang panjang. Bila anak tidak mencuci tangan telur tersebut  akan masuk ke tubuh anak bersama dengan makanan yang dimakan oleh anak. Bila anak melakukan interaksi dengan anak lain maka telur tersebut juga dapat berpindah ke anak yang lain.

Cacing ini juga dapat menyebar melalui debu atau kontak langsung dengan suatu benda. cacing tersebut dapat bertahan hingga 2 minggu lamanya

Penting bagi orang tua untuk mengetahui ciri ciri anak cacingan. Berikut bentuk pencegahan yang dapat dilakukan

1. Mengajak anak untuk menjaga kebersihan

2. Mengajak anak untuk rajin cuci tangan setelah bermain, sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi

3. Mengganti dan mencuci sprei secara rutin setidaknya seminggu sekali

4. Hindari anak bermain pasir dan lumpur

5. Menjaga kebersihan lingkungan kapanpun dan dimanapun

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category