Health

Kenali Penyebab dan Pengobatan Cacar Monyet

By Natural Farm |

Ada banyak penyakit yang saat ini sudah muncul dan sudah dirasakan oleh banyak orang. Semakin banyaknya virus yang ada membuat beberapa orang harus selalu menjaga Kesehatan mereka. Salah satu virus terbaru saat ini adalah cacar monyet. 

Apa Itu Penyakit Cacar Monyet?

Apa yang dimaksud dengan cacar monyet? Cacar monyet sendiri adalah sebuah virus yang memiliki ciri-ciri bintil dengan nanah di kulit. Dulunya, penyakit ini muncul di Republik Demokratik Kongo di tahun 1970. 

Apa Sajakah Penyebab Cacar Monyet? 

Untuk penyakit ini sendiri disebabkan oleh sebuah virus yang disebut dengan Monkeypox. Virus ini adalah virus yang termasuk dalam kelompok Orthopoxvirus. Pada awalnya, virus ini menular dari hewan ke manusia melalui cakaran maupun gigitan hewan. Beberapa hewannya seperti tupai, monyet, maupun tikus yang sudah terinfeksi virus ini. 

Adapun untuk cacar monyet yang menyebar antar manusia melalui percikan liur yang masuk melalui beberapa organ tubuh baik mata, mulut, hidung maupun luka yang ada di kulit, Penularan ini juga bisa terjadi melalui benda yang sudah terkontaminasi oleh penderita. 

Gejala cacar monyet akan muncul kurang lebih 5 sampai dengan 21 hari setelah penderitanya terinfeksi virus ini. Beberapa gejalanya seperti demam, letih atau lemas, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening yang ditandai adanya benjolan di leher, ketiak maupun selangkangan.

Gejalanya akan muncul selama 1-3 hari bahkan lebih. Setelah itu timbul ruam yang merata ke seluruh tubuh. Pada saat bintil sudah berisi dengan nanah, maka pastikan untuk segera pergi ke dokter untuk memeriksakannya. 

Tahap pemeriksaan dari virus ini mulai dari tes darah, tes usap tenggorokan, biopsy kulit dengan mengambil sampel jaringan kulit yang harus diperiksakan menggunakan mikroskop. 

Bagaimana Mengobati Cacar Monyet? 

Sebenarnya, sampai saat ini pengobatan untuk cacar monyet sendiri belum tersedia. Penyakit ini pada umumnya hanya akan menimbulkan beberapa gejala ringan yang bahkan bisa sembuh secara sendirinya dalam kurun waktu 2-4 minggu. Sedangkan untuk penyebab cacar monyet bisa dicegah dengan menggunakan vaksin cacar.

Namun, ada juga beberapa negara yang sudah menggunakan tecovirimat untuk mengatasi penyakit cacar monyet sendiri. Namun, penggunaannya masih cukup terbatas. Untuk para penderita ini perlu mendapat perawatan di ruang isolasi untuk mendapat pemantauan secara langsung dari dokter. 

Untuk mencegah penyakit ini, Anda perlu untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Kemudian, pastikan memasak dengan matang pada saat memasak. Pastikan untuk menghindari beberapa penggunaan alat makan dengan orang lain agar tidak terinfeksi dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini. 

Pastikan juga untuk menghindari kontak dengan hewan liar maupun mengonsumsi dagingnya. Kemudian pastikan memasak bahan makanan apalagi daging sampai benar-benar matang. Untuk mencegah penularannya, pastikan untuk mengatur pola hidup yang sehat juga pastinya.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category