Health

Makanan yang Mengandung Karbohidrat: 5 Pilihan Pengganti Nasi Putih

By Erwin |

Meskipun sudah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia, nasi putih juga banyak dikaitkan dengan berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes. Itulah sebebnya, banyak orang yang mulai mencari alternatif pengganti nasi putih untuk konsumsi sehari-hari. Selain mengenyangkan, makanan tersebut juga harus lebih menyehatkan. Jika Anda sedang mencari makanan yang mengandung karbohidrat sebagai pengganti nasi, berikut beberapa yang bisa Anda jadikan pilihan.

1. Kentang

Selain mengandung karbohidrat, kentang juga mengandung nutrisi lain seperi mineral, vitamin B6, vitamin C, dan zat besi. Itulah sebabnya, kentang banyak dipilih sebagai pengganti nasi putih. Untuk mendapatkan maanfaat dari kentang secara optimal, pastikan Anda mengkonsumsinya dengan benar.

Ada baiknya Anda mengolahnya dengan cara dipanggang, direbus atau dipanggang. Hindari menggoreng kentang, apalagi dengan penggunaan minyak yang terlalu banyak. Jika terpaksa, Anda bisa menggunakan minyak biji matahari atau minyak zaitun yang dikenal lebih sehat.

2. Gandum 

Sebagai jenis tanaman serealia yang mengandung pati, gandum juga bisa menjadi alternatif mengenyangkan pengganti nasi putih. Tidak hanya itu, gandum juga kaya akan serat. Hal ini membuat gandum sebagai pilihan yang lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan nasi putih.

Akan tetapi, pastikan Anda hanya mengkonsumsi gandum organik. Gandum instan yang banyak tersedia di pasaran saat ini pada umumnya mengandung pemanis buatan. Sehingga, gula yang terkandung di dalam gandum instan lebih tinggi dari gandum organik.

3. Ubi Jalar

Makanan yang mengandung karbohidrat lainnya untuk menggantikan nasi putih adalah ubi jalar. Umbi-umbian ini tidak hanya mengandung karbohidrat tetapi juga serat, potasium, vitamin C, dan vitamin A. Tidak hanya itu, ubi jalar juga dikenal kaya akan antioksidan. 

Seperti diketahui, zat antioksidan yang terkandung dalam makanan akan membantu tubuh terbebas dari radikal bebas. Dengan demikian, mengkonsumsi ubi jalar secara rutin juga membantu Anda memperkecil resiko terkena berbagai penyakit kronis.

4. Jagung

Jagung banyak direkomendasikan sebagai pengganti nasi putih karena kandungan karbohidrat yang tinggi namun rendah indeks glikemik. Dengan demikian, Anda bisa tetap bisa merasakan kenyang tanpa khawatir gula darah melonjak drastis setelah mengkonsumsi jagung. 

Tidak hanya rendah indeks glikemik, jagung juga tinggi antioksidan. Bahkan, antioksidan yang terdapat di dalam jagung bahkan lebih tinggi 2 kali lipat jika dibandingkan dengan apel. Selain tetap merasa kenyang, tubuh Anda juga akan lebih sehat dengan mengkonsumsi jagung.

5. Oat

Apakah Anda suka mengkonsumsi oat? Kabar baik untuk Anda karena oat juga ideal sebagai pengganti nasi. Biji-bijian utuh ini mengandung karbohidrat sebanyak 70% yang pastinya mengenyangkan. Oat juga kaya akan antioksidan, mineral, vitamin, protein, dan serat. 

Selain mengenyangkan, oat juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 karena sumber karbohidrat ini dapat menurunkan kadar gula darah. Tidak hanya itu, oat bisa menurunkan kadar kolesterol. Sehingga, jantung Anda juga akan lebih sehat.

Share

Latest Articles

Kenapa Test Pack Negatif tapi Belum Haid? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

10 Cara Membesarkan Otot Dada dengan Aman dan Efektif

10 Cara Mengecilkan Paha yang Efektif dan Gampang Dilakukan

Begini 6 Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman!

10++ Cara Membesarkan Otot Lengan & Kebutuhan Nutrisinya

Ketahui 6 Tanda Otot Berkembang dan Faktor yang Mempengaruhinya!

Article Category