Health

Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Apa Saja? Cari Tahu Informasinya Berikut!

By Erwin |

Tahukah Anda, bahwa salah satu manfaat yang diperoleh dari vitamin B12, yakni dapat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf tubuh. Untuk mendapatkan asupan nutrisi vitamin B12 satu ini, Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Lantas kira – kira makanan yang mengandung vitamin B12 apa saja yang bisa dikonsumsi, simak penjelasannya di ulasan berikut ini. 

Daftar makanan yang mengandung vitamin B12

Mencukupi kebutuhan vitamin B12, memang sangat penting dilakukan untuk membantu kesehatan tubuh. Meski demikian, Anda perlu tahu bahwa kebutuhan asupan nutrisi tersebut dalam diri setiap orang umumnya berbeda – beda, lantaran disesuaikan dengan usianya. Agar dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal, maka disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 serta menerapkan pola hidup sehat sehari – hari. Adapun beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 yang bisa dikonsumsi, antara lain sebagai berikut.  

1. Makanan laut / seafood

Salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin B12, yakni ada berbagai jenis makanan laut / seafood. Dalam hal ini, Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan laut yang segar seperti halnya kerang, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, kepiting dan lain – lain. Meskipun semua makanan tersebut memiliki kandungan vitamin B12, tetap saja Anda perlu mengonsumsi dengan kadar yang cukup dan tidak berlebihan.

2. Daging sapi

Makanan yang mengandung vitamin B12 apa saja, juga bisa Anda temukan pada daging sapi. Selain mengandung vitamin B12, daging sapi juga memiliki kandungan zat besi dan protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Ketika mengonsumsi daging sapi, pastikan dalam kadar yang wajar lantaran jika berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol dan menyebabkan risiko penyakit jantung.

3. Daging ayam

Tidak hanya daging sapi saja yang mengandung vitamin B12, Anda juga bisa mengkonsumsi daging ayam untuk mendapatkan asupan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh tersebut. Tidak hanya itu saja, daging ayam juga mengandung protein yang dapat membantu dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Untuk mengonsumsi daging ayam tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi bagian dada ayam panggang secara rutin.

4. Telur

Selain dikenal sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh, telur juga ternyata memiliki kandungan vitamin B12. Dengan mengkonsumsi telur secara rutin, maka Anda tidak hanya akan memperoleh asupan vitamin B12 yang cukup, namun juga memperoleh asupan vitamin D di dalamnya. Yang mana, hal ini dapat membantu tubuh dalam proses penyerapan kalsium dan mempertahankan kondisi kekuatan tulang.

Dari informasi yang sudah dijelaskan di atas tadi, tentunya kini Anda sudah tidak penasaran lagi mengenai daftar makanan yang mengandung vitamin B12 apa saja, bukan? Sehingga, Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin B12 dengan mengkonsumsi beberapa makanan tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category