Health

Mau Makan Setelah Olahraga? Konsumsi Makanan Ini Guna Pulihkan Tubuh

By Erwin |

Aktivitas olahraga tentunya akan lebih optimal saat ditunjang dengan asupan gizi yang memadai. Mengonsumsi makanan yang tepat setelah berolahraga tidak hanya akan memulihkan energi, tapi juga bisa membangun massa otot. Selain itu, makan setelah olahraga bisa mempersiapkan tubuh untuk sesi olahraga berikutnya agar hasil yang diharapkan lebih optimal.

Asupan nutrisi tepat yang masuk ke dalam tubuh membantu mengembalikan cadangan energi yang hilang dalam bentuk glikogen dan mampu merangsang munculnya otot baru. Nutrisi paling dibutuhkan setelah melakukan olahraga meliputi karbohidrat, lemak, dan protein. Berikut ini daftar makanan setelah olahraga yang bisa anda konsumsi saat berada di rumah.

Greek Yogurt

Pernah mengonsumsi greek yogurt sebelumnya? Greek yogurt memiliki kandungan gula yang lebih rendah, sehingga bisa menawarkan manfaat lebih banyak bagi kesehatan anda. Jenis yoghurt memiliki protein 2x lebih baik dibandingkan dengan yoghurt biasa. Hasil fermentasi dari susu juga mampu menawarkan nutrisi lain misalnya karbohidrat.

Bagi anda yang masih lapar saat mengonsumsi greek yogurt bisa mencampurkannya dengan beberapa makanan misalnya kacang-kacangan atau buah. Beberapa pengguna lebih suka campur greek yogurt dengan buah pisang, buah beri, buah kiwi, dan kacang almond. Mana nih campuran kesukaan anda yang sering dicampurkan dengan greek yogurt?

Konsumsi Buah

Jika ingin makan setelah olahraga, anda bisa mengonsumsi beberapa buah-buahan meliputi kiwi, beri, dan nanas. Dari dulu buah-buahan memang terkenal memiliki kandungan vitamin tinggi dan sangat mudah dicerna dalam tubuh. Buah juga memiliki kandungan gula alami untuk pecah asam amino dan peradangan yang terjadi pada bagian otot.

Ada sebuah studi terbaru yang ditemukan dalam jurnal “Nutriens” untuk menunjukkan bahwa karbohidrat pada pisang bisa membantu tubuh menyerap dan menggunakan protein dengan baik. Otot bagian tubuh akan lebih cepat pulih, terutama bagi anda yang sering melakukan olahraga ketahanan misalnya latihan HIIT dan angkat beban.

Telur Rebus

Tahukah anda bahwa telur rebus kaya akan manfaat karena di dalamnya terdapat kandungan protein tinggi. Kandungan protein dalam telur ada pada bagian kuning dan putih, sehingga bisa konsumsi kedua bagian telurnya. Berdasarkan studi The American Journal of Clinical Nutrition, makan telur secara utuh bisa merangsang pertumbuhan dan perbaikan otot lebih baik lagi.

Bagian kuning telur memiliki kandungan vitamin dan mineral penting misalnya vitamin D, vitamin A, vitamin B12, zat besi, asam folat, dan zinch. Bagi anda yang berencana untuk diet, tampaknya telur rebus bisa menjadi pilihan terbaik turunkan berat badan.

Dada Ayam Panggang

Bagian daging ayam khususnya bagian dada menjadi pilihan terbaik untuk melakukan diet sehat. Dada ayam panggang merupakan makanan terbaik yang bisa dikonsumsi setelah olahraga. Agar lebih nikmat, Tambahkan tumis sayuran lengkap dengan nasi merah. Protein dari ayam bisa menjadi makan setelah olahraga terbaik yang mampu penuhi gizi tubuh dengan baik.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category