Lifestyle

Dampak Radiasi Blue Light Akibat Gadget Terhadap Kesehatan Mata

By Angel |

Sebagian besar waktu seseorang kini dihabiskan di depan gadget. Rasanya sulit untuk meninggalkan gadget walau hanya sebentar saja. Mulai dari melihat media sosial, menonton televisi, belajar atau bekerja, bahkan meeting atau webinar pun membutuhkan bantuan gadget. Informasi dan kesenangan yang didapatkan dari gadget membuat seseorang seakan sulit hidup tanpa gadget disekitarnya. 

Penggunaan gadget sepanjang waktu tentunya tidak disarankan oleh ahli kesehatan manapun, karena dapat membahayakan kesehatan mata. Menurut data penelitian yang dipublikasikan oleh Humanistic Network for Science and Technology tahun 2018, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan gadget. 

Salah satu efek negatif setelah menatap layar gadget dalam waktu yang panjang adalah pusing, sakit kepala, kelelahan mata dan mata kering. Masalah kesehatan mata tersebut disebabkan karena pada saat mata kita menatap gadget, gadget memiliki pancaran radiasi berupa cahaya biru (blue light) yang bisa menurunkan fungsi retina. Durasi harian dan jarak menonton dari layar televisi ke mata adalah dua faktor yang menentukan seberapa banyak cahaya biru yang masuk ke mata.

Menurut penelitian, seiring bertambahnya durasi lama menonton gadget, skor fungsi retina akan menurun. Lalu, dampaknya akan lebih berbahaya lagi pada anak-anak karena mata mereka masih sangat rentan terhadap paparan sinar biru. 

Saat matamu pemusatan perhatian pada gadget untuk waktu yang lama, kamu juga cenderung kurang berkedip, sehingga mata menjadi terlalu kering. Hal ini juga dapat berdampak pada kelelahan mata yang serius. Apabila mata terasa tidak nyaman dan berdampak pada sakit kepala di sekitar mata, obat terbaik adalah dengan tidur untuk mengistirahatkan mata, atau menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas. 

Apa Pengertian Radiasi Blue Light

Blue light atau cahaya biru merupakan cahaya tampak dengan panjang gelombang 400 dan 450 nanometer (nm). Cahaya ini dianggap berwarna biru, seperti namanya. Cahaya biru dapat muncul meskipun cahaya dianggap putih atau warna lain.

Radiasi blue light ini memiliki lebih banyak energi per foton cahaya yang bisa menimbulkan radikal bebas, daripada warna lain dalam spektrum tampak, semisal cahaya hijau atau merah. Radiasi blue light bisa menembus masuk ke dalam retina karena mata manusia tidak dapat memblokirnya dengan baik. Terlalu sering terpapar radiasi blue light dapat memicu kerusakan oksidatif pada sel-sel sensitif cahaya di retina sehingga dapat mengganggu kesehatan mata.

Radiasi blue light juga bisa mengakibatkan kelelahan mata digital atau sindrom penglihatan komputer yang telah memengaruhi sekitar 50 persen pengguna komputer. Berikut ini adalah gejala yang dapat dirasakan akibat kelelahan mata (eye strain):

  • Mata terasa lelah, nyeri, atau gatal
  • Mata terlalu basah atau kering
  • Sakit kepala
  • Nyeri leher, bahu, punggung
  • Merasa sensitif terhadap cahaya

eye strain

Cara Melindungi Mata dari Radiasi Blue Light

Paparan berlebih dari radiasi blue light dapat dicegah dengan mengelola waktu yang dihabiskan untuk menggunakan gadget. Pastikan Natural Buddy mengambil jeda rutin dari penggunaan gadget. Berkedip sangat penting untuk kesehatan mata, salah satunya dapat membersihkan kotoran dari mata, mencegah mata kering, serta membawa oksigen ke mata sehingga kesehatan mata tetap terjaga. 

Selain berkedip, untuk mencegah gangguan mata, pastikan asupan nutrisi untuk mata selalu terpenuhi. Salah satunya dengan memperbanyak asupan buah dan sayuran yang tinggi kandungan antioksidan serta nutrisi penting lainnya.

Apabila Natural Buddy kesulitan untuk memilih makanan yang mengandung nutrisi terbaik untuk kesehatan mata,  Natural Buddy bisa konsumsi suplemen seperti Nutriwell Eye Formula dengan kandungan Lutein, Fish Oil dan Bilberry yang dikombinasikan secara tepat untuk memelihara kesehatan mata.

Kombinasi ini dipercaya cukup efektif memperkuat pembuluh darah mata dan melindungi kerusakan sel mata serta retina mata. Selain itu, dapat meningkatkan aliran nutrisi dan oksigen ke mata, sehingga mata terhindar dari risiko penyakit jangka pendek, seperti mata kering, mata perih maupun efek jangka panjang seperti katarak dan degenerasi makula. 

Natural Buddy tidak perlu bingung lagi dimana mendapatkan Nutriwell Eye Formula untuk menjaga kesehatan mata, karena kini kamu bisa dapatkan di Natural Farm. Dengan promo menarik dan kualitas terbaik, kamu tidak perlu lagi keluar rumah untuk mendapatkannya. Pesananmu akan diantarkan ke tempatmu dengan kondisi rapi dan tersegel. Tunggu apa lagi, yuk belanja di Natural Farm sekarang juga!

Share

Latest Articles

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

Article Category