Health

Rata dan Six Pack, Ini Dia 5 Olahraga Pembentuk Otot Perut!

By Erwin |

Perut yang rata dan sixpack sering kali jadi body goals orang-orang. Kalau kamu kebetulan juga punya body goals yang sama, ada beberapa olahraga pembentuk otot perut yang layak buat kamu coba, nih!

Six Pack, Bukan Sekadar Penampilan

Memiliki perut six pack sering kali dikaitkan dengan aspek penampilan saja. Padahal, sebenarnya perut six pack punya manfaat lebih dari itu, lho! Soalnya, perut six pack juga berarti otot inti (core) yang kuat dan tulang belakang serta tulang dada yang lebih stabil.

Apabila tulang dada dan tulang belakang stabil, Anda pun bisa bergerak dengan lebih fleksibel. Lebih lanjut lagi, hal tersebut juga bisa meminimalisir risiko cedera pada otot punggung bawah, sekaligus meningkatkan kondisi tubuh Anda secara menyeluruh.

5 Rekomendasi Olahraga Pembentuk Otot Perut

Kalau begitu, apa saja ya jenis olahraga pembentuk otot perut yang bermanfaat untuk Anda coba? Simak daftarnya berikut ini!

1. Push-up.

Rupanya, push-up bermanfaat dalam membentuk otot perut, lho! Soalnya, otot perut menjadi otot penstabil ketika Anda melakukan gerakan push-up, yang berperan dalam postur push-up yang tepat. Dan untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa kombinasikan dengan jenis olahraga lainnya serta pola makan sehat bernutrisi.

2. Weight training.

Latihan beban atau weight training, terutama angkat beban juga sangat berkontribusi dalam pembentukan otot perut six pack. Beberapa contoh gerakan yang bisa Anda lakukan misalnya sit up sambil mengangkat kettlebell, squat sambil memegang barbel, dan sebagainya. 

3. Berenang.

Selain seru dan menyenangkan, berenang merupakan salah satu jenis aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apabila kamu selama ini mengenal berenang sebagai aktivitas olahraga penurun berat badan yang efektif, rupanya jenis olahraga yang satu ini juga sangat bagus untuk membentuk otot perut hingga punggung. Dan Anda juga bisa pilih gerakan gaya bebas, gaya dada, maupun gaya kupu-kupu saat berenang.

4. Bersepeda.

Kalau Anda suka berolahraga di luar ruangan, bersepeda bisa jadi pilihan olahraga pembentuk otot perut yang pas untuk dicoba. Karena selain bisa bantu bakar lemak dengan lebih efektif, rupanya bersepeda juga bisa melatih otot inti tubuh yang terdapat di perut. Terlebih lagi jika Anda bersepeda di jalur tanjakan.

5. Lari.

Alternatif lain bagi Anda yang suka berolahraga di luar ruangan adalah lari. Nah, siapa sangka kalau lari ternyata bisa membentuk otot perut, ya? Rupanya, saat Anda berlari Anda bisa lakukan kardio, pembakaran lemak tubuh, penurunan massa lemak, hingga penguatan otot perut. 

Nah, itu tadi 5 jenis olahraga pembentuk otot perut yang bisa Anda lakukan sendiri, termasuk yang bisa Anda coba tanpa harus pergi ke gym. Selamat mencoba dan selamat berolahraga, ya!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category