Health

Sakit Perut Sebelah Kanan Atas Dekat Tulang Rusuk

By Vivi |

Apakah Anda pernah merasakan sakit perut sebelah kanan atas dekat tulang rusuk? Apakah rasa sakit tersebut datang berkali-kali? Jika itu yang Anda rasakan maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh Anda.

Jangan terlalu khawatir karena bisa jadi itu hanya kesalahan posisi saat Anda duduk atau tidur yang bisa jadi menyebabkan rasa tidak nyaman. Sakit yang demikian bisa jadi karena nyeri otot. Nyeri otot ini bisa saja terjadi karena aktivitas berlebihan sehingga menyebabkan nyeri perut sebelah kanan dekat tulang rusuk. 

Faktor penyebab lainnya karena Anda kurang melakukan olahraga sehingga otot terasa kaku dan nyeri. Ditambah asupan nutrisi harian kurang kurang tercukupi sehingga menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut. Mari ketahui apa saja penyebab sakit perut sebelah kanan atas dekat tulang rusuk, gejala dan cara mengatasinya.

Penyebab Umum Sakit Perut Kanan Atas

Coba Anda ingat-ingat kembali, apa yang terjadi atau apa yang Anda lakukan sebelum munculnya rasa nyeri perut sebelah kanan atas tersebut. Jika Anda memiliki riwayat penyakit lambung, maka bisa jadi rasa sakit tersebut terjadi karena gangguan lambung seperti tukak lambung.

Namun bila ternyata Anda tidak memiliki riwayat penyakit lambung. Maka bisa jadi faktor penyebabnya karena riwayat penyakit lain.

Batu Empedu

Faktor yang menyebabkan perut sebelah kanan atas sakit karena adanya batu empedu. Gejala batu empedu yakni saat Anda merasakan kram di perut bagian kanan atas. Rasa nyerinya bisa menjalar ke sisi lain perut hingga bagian belakang. Gejala tersebut dapat berlangsung untuk waktu singkat hingga berjam-jam. Kondisi ini mengindikasikan adanya gangguan kesehatan pada sistem pencernaan.

Terdapat Penumpukan Gas

Penyebab yang paling umum ialah adanya tumpukan gas di dalam perut. Penumpukan gas tersebut disebabkan gangguan distensi usus sehingga gas bertumpuk di dalam perut. Siapa saja bisa mengalami gangguan kesehatan ini, mulai dari bayi hingga orang lanjut usia. Penumpukan gas sering terjadi saat orang selesai makan dan merasakan rasa nyeri yang kuat di perut sampai terasa kram. Gejala lainnya yakni saat Anda merasa begah setelah makan.

Sakit Perut karena Nyeri Haid

Nyeri haid juga menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan atas dekat tulang rusuk. Wanita yang sedang menstruasi biasanya mengalami nyeri saat fase ovulasi. Rasa sakitnya diikuti nyeri punggung, sakit kepala dan mual.

Radang Usus Buntu

Penyebab yang menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan atas karena Anda terindikasi penyakit radang usus buntu atau apendisitis. Rasa sakitnya dimulai dari rasa kram yang berpusat di sekitar pusat kemudian bergerak ke arah samping perut. Gejala umum yang Anda rasakan selain perut terasa sesak di antaranya nafsu makan hilang, mual, muntah, hingga demam tinggi.

Pankreatitis

Penyebab lainnya yakni penyakit pankreatitis. Gejala yang mengikuti rasa sakit perut di antaranya mual, muntah, demam, tekanan darah rendah hingga kulit kuning. Gejala ini bisa muncul setelah Anda mengonsumsi alkohol atau setelah makan.

Batu Ginjal

Penyebab lainnya perut sebelah kanan sakit karena adanya batu pada organ ginjal atau kandung kemih yang menghambat aliran urine. Proses penghambatan ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang begitu hebat. Rasa sakitnya bukan hanya di perut saja melainkan mengalir terus ke punggung sampai alat kelamin.

Umumnya rasa nyeri karena batu ginjal dirasakan pria atau wanita berusia antara 30 sampai 60 tahun. Gejala lain yang mengikuti rasa sakit perut antara lain rasa nyeri saat buang air kecil, keluar darah saat buang air kecil hingga demam bila terdapat infeksi lain.

Hepatitis Akut

Penyebab yang terakhir karena pasien menderita penyakit hepatitis akut. Salah satu gejala penyakit hepatitis adalah rasa nyeri pada perut bagian kanan. Biasanya Anda akan merasakan sakit di bagian perut kanan atas.

Untuk diketahui bahwa hepatitis terjadi lantaran terjadinya pembengkakan organ hati karena terinfeksi virus, bakteri ataupun penggunaan obat dan konsumsi alkohol. Penyebab kesehatan lain yang dapat memicu hepatitis akut yakni penyakit degeneratif dan gangguan autoimun.

Baca Juga: 9 Ciri Ciri Kolesterol Tinggi dan Penyebabnya

Gejala yang Sering Muncul Bersamaan

Umumnya batu empedu tidak memiliki gejala khusus. Akan tetapi, ada sedikit kasus batu empedu yang menimbulkan gejala, seperti:

  • Nyeri bahu di bagian belakang atau bagian kanan
  • Seringkali perut bagian kanan di bawah tulang rusuk atau perut bagian tengah atas sakit
  • Mual dan muntah

Seluruh gejala di atas belum tentu dirasakan semua orang yang memiliki penyakit batu empedu. Bahkan, sekalipun gejala muncul, gejala tersebut bersifat sementara dan bisa timbul tenggelam.

Meski begitu, beberapa gejala serius ternyata tak bisa dibiarkan begitu saja dan membutuhkan pertolongan medis. Berikut ini gejala serius yang perlu penanganan khusus, di antaranya:

  • Rasa nyeri perut sangat sakit
  • Warna kulit dan mata perlahan berubah jadi warna kuning
  • Demam tinggi dan menggigil melengkapi dua gejala di atas

Apabila Anda mengalami gejala serius tersebut, segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan serius dari tim medis.

Upaya Awal Mengatasi sakit perut sebelah kanan 

Ketika rasa sakit perut sebelah kanan atas dekat tulang rusuk yang Anda rasakan tidak disertai gejala lain seperti muntah, sesak napas, demam atau jantung berdebar, maka kemungkinan itu bisa saja hanya nyeri biasa. 

Namun demikian Anda tetap harus memeriksakan diri Anda ke dokter, sebagai upaya awal agar rasa sakit itu bisa berkurang maka berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

  • Kompreslah bagian perut sebelah kanan atas yang terasa sakit dengan air hangat untuk meminimalisir rasa sakitnya
  • Kurangi melakukan aktivitas yang berat, jangan berlari atau melakukan aktivitas yang berlebihan
  • Segera istirahat
  • Hindari sementara makanan yang mengandung gas, pedas dan asam
  • Hindari sementara minuman yang mengandung kafein

Referensi:

  • https://mayapadahospital.com/news/nyeri-perut-kanan-atas-waspada-batu-empedu
  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6715509/8-penyebab-sakit-perut-sebelah-kanan-dan-cara-mengatasinya
  • https://www.honestdocs.id/sakit-perut-kanan-atas-dan-obatnya

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category