Health

Sering Kedutan Mata Kanan Atas? Begini Penjelasan Medisnya

By Natural Farm |

Sebagian orang percaya kalau kedutan mata kanan atas adalah pertanda baik. Namun, bagaimana dari segi medis? Ternyata, dilihat dari segi medis, kedutan pada mata kanan atas bisa jadi pertanda ada yang tidak beres dengan indra penglihatan, lho. Oleh karenanya, Anda harus tetap waspada. Apalagi jika kedutan sering terjadi dan dalam kurun waktu yang lama.

Kedutan Mata Kanan Atas Dari Segi Medis

Penyebab kedutan pada mata kanan atas jika ditinjau dari sisi medis, bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan tertentu. Daripada penasaran, simak ulasannya sampai akhir, yuk!

1. Pola makan yang buruk

Siapa yang sering mengonsumsi makanan tidak sehat? Makanan dengan kandungan gizi yang tidak seimbang dapat membahakan kesehatan bila dikonsumsi jangka panjang. Tubuh akan cenderung kekurangan magnesium karena kandungan nutrisinya tidak terpenuhi.

Hal ini turut meningkatkan risiko kedutan pada mata kanan atas. Selain itu, berlebihan dalam mengonsumsi kafein juga berisiko menyebabkan kelopak mata berkedut.

2. Stress

Tuntutan kerja dan masalah hidup sehari-hari yang seakan tiada habisnya jadi pemicu utama stress. Jika stress tidak dikelola dengan benar, dampaknya bisa mempengaruhi kesehatan, mulai dari yang ringan hingga serius. 

Salah satunya adalah menyebabkan kedutan pada mata kanan atas. Nah, bagi Anda yang kerap mengalami kedutan mata kanan atas, cobalah untuk melakukan relaksasi seperti latihan pernapasan atau yoga. Keduanya ampuh mengelola stress dan membantu memperbaiki kualitas tidur.

3. Alergi

Siapa sangka, kedutan pada mata kanan atas ternyata juga bisa disebabkan oleh alergi. Seseorang yang mengalami alergi mata biasanya disertai dengan gejala mata berair, gatal, dan bengkak. Kondisi ini sering kali membuat kita ingin menggosoknya. 

Padahal, menggosok mata yang sedang gatal dan alergi dapat melepaskan histamin pada jaringan kelopak mata serta air mata. Akibatnya, mata bagian kanan atas akan berkedut. Untuk mengurangi rasa gatal dan alergi di area mata, Anda bisa menggunakan tetes mata yang diresepkan oleh dokter.

4. Mata kering

Kedutan pada mata kanan atas juga bisa disebabkan oleh mata kering. Penyebab mata kering sendiri sangatlah beragam, mulai dari faktor usia, polusi dan debu, hingga terlalu sering di depan gadget. Agar kedutan dan mata kering dapat diatasi dengan tepat, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. 

5. Mata tegang

Ketegangan mata rentan terjadi pada orang yang menghabiskan banyak waktu di depan gadget. Akibatnya kelopak mata jadi lebih sering berkedut. Supaya kedutan tidak sering terjadi, Anda dapat menerapkan aturan 20-20-20, yaitu menatap layar selama 20 menit lalu istirahat dengan melihat objek berjarak 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik.

Itulah arti kedutan mata kanan atas jika dilihat dari segi medis. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category