Health

Sering Mengalami Hidung Tersumbat? Begini Cara Mengatasinya

By Erwin |

Hidung tersumbat sering terjadi dan tentunya cukup mengganggu aktivitas, yang mana napas jadi tidak lancar. Tidak heran jika banyak orang yang ingin mengetahui cara menghilangkan hidung tersumbat supaya tak terganggu kondisi ini. 

Tidak selalu karena flu, penyebab hitung tersumbat dapat dari berbagai macam kondisi. Berikut ini pembahasan beberapa penyebab hitung tersumbat dan cara mengatasi hidung yang tersumbat dengan cepat.

Penyebab dari Hidung Tersumbat

Sebelum mengetahui cara untuk mengatasi hidung yang tersumbat, Anda mungkin perlu tahu apa yang menjadi penyebab kondisi tersebut.  

  • Pilek

Kondisi ini kerap disebabkan adanya benda asing masuk ke dalam tubuh lewat hidung, seperti kotoran, peradangan, atau infeksi di saluran napas bagian atas. Biasanya akan serang tubuh 5 sampai 10 hari, yang mana hidung tersumbat adalah gejalanya. 

  • Flu

Penyebab hidung tersumbat lainnya yakni flu. Kondisi ini disebabkan virus yang menginfeksi sistem pernapasan (hidung, tenggorokan, dan paru-paru).

  • Sinusitis

Sinusitis adalah komplikasi dari pilek dan batuk. Biasanya, kondisi ini akan membaik paling tidak dalam waktu 10 hari. 

Sinusitis sebabkan hidung tersumbat karena pada kondisi ini, jaringan pada hidung meradang serta membengkak sehingga rongga hidung menjadi menyempit.  

  • Alergi

Hidung tersumbat pun bisa terjadi jika Anda punya alergi pada zat tertentu, seperti debu, sehingga tubuh memberikan reaksi. Di kondisi ini, terjadi gangguan di sistem pernapasan yang sebabkan meningkatnya produksi lendir dan membuat penderitanya pilek dan hidung jadi tersumbat. 

Beberapa Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Minum Obat

Setelah mengetahui penyebab-penyebab hidung tersebut, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara menghilangkan hidung tersumbat. 

  • Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu cara atasi hidung yang tersumbat. Menjaga cairan dalam tubuh dibutuhkan supaya kondisi badan tetap dalam keadaan yang baik. 

Kekurangan cairan tubuh akan sebabkan kondisi kesehatan menjadi semakin memburuk. Maka dari itu, penting jaga cairan tubuh dengan banyak konsumsi air putih.  

Cukup minum air pun akan membantu encerkan lendir di hidung, sehingga hidung tersumbat akan mereda. 

  • Hirup Uap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menghirup uap hangat. Cara ini pun akan membantu legakan pernapasan. Caranya lumayan mudah, Anda perlu untuk siapkan wadah yang berisi air hangat, lalu dekatkan wajah di wadah dan hiruplah uap hangatnya. 

Anda pun bisa melakukan dengan cara yang lain, seperti mandi menggunakan air hangat atau membasuh muka menggunakan waslap yang dicelupkan ke air panas. 

  • Memakai Humidifier pada Ruangan

Memasang humidifier jadi cara selanjutnya mengatasi hidung tersumbat, apalagi jika Anda berada di ruangan dengan AC. Dengan memakai humidifier, kelembaban udara di dalam ruangan akan terjaga dan penyebaran debu berkurang sehingga saluran napas menjadi lebih terbuka. 

Jadi, apakah Anda pun kerap mengalami kondisi hidung tersumbat, ketika cuaca sedang dingin ataupun di tempat berdebu? Nah, Anda bisa mencoba cara menghilangkan hidung tersumbat di atas. Namun, jika gejala itu tidak kunjung membaik bahkan setelah melakukan penanganan mandiri, maka segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category