Health

Wajib baca! Apa itu Diabetes, Faktor Risiko dan Tips Pencegahannya

By Natural Farm |

Halo Sobat, apa itu diabetes? Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya gula darah dan berlangsung dalam waktu lama (kronis). Memang benar bahwa glukosa adalah sumber energi bagi manusia, tetapi apabila gula darah ini terlalu banyak dan akhirnya menumpuk akan mengakibatkan gangguan pada tubuh manusia. Dalam tubuh terdapat hormon produksi pankreas yang mengendalikan dan menyerap glukosa, yaitu insulin. Berarti tanpa adanya insulin dalam tubuh, maka glukosa tidak dapat diolah dan diubah menjadi energi. Nah, biasanya terdapat gangguan pada hormon insulin ini pada para penderita diabetes.

Sudah jelas bukan apa itu diabetes, sekarang saatnya membahas tentang jenis-jenis diabetes yang wajib Anda ketahui. 

  • Tipe 1

Diabetes tipe 1 ini disebut juga diabetes autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel pankreas yang menghasilkan insulin. Tentu saja, jika hal ini terjadi maka gula darah pun mengalami peningkatan yang mengakibatkan rusaknya organ-organ tubuh penderita. Terdapat dugaan kuat bahwa diabetes tipe 1 ini diakibatkan oleh faktor keturunan/genetik dan dipengaruhi pula oleh lingkungan. 

  • Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang banyak dialami oleh 90% hingga 95% penderita diabetes yang ada di dunia. Diabetes ini terjadi karena sel tubuh mengalami penurunan sensitivitasnya terhadap hormon insulin, sehingga hormon ini tidak dapat bekerja secara optimal.

  • Diabetes gestasional

Diabetes yang satu ini hanya dialami oleh ibu hamil karena perubahan hormon serta glukosa, umumnya ibu hamil akan normal kembali setelah melahirkan bayinya.

Perlu dibaca! Ini dia faktor-faktor risiko diabetes:

Tipe 1: Kebanyakan diabetes ini diidap oleh anak-anak berkisar 4 hingga 7 tahun dan untuk remaja usia 10 hingga 14 tahun. 

  • Riwayat keluarga dengan diabetes tipe 1
  • Adanya infeksi dari virus
  • Pindah/pergi dari tempat yang jauh dari ekuator atau khatulistiwa

Tipe 2: 

  • Obesitas dapat meningkatkan faktor risiko terkena diabetes tipe ini
  • Adanya riwayat keluarga dengan diabetes tipe ini
  • Memiliki riwayat hipertensi
  • Kolesterol tidak normal
  • Malas aktivitas fisik atau tidak aktif bergerak
  • Ketika usia bertambah maka risiko terkena diabetes tipe 2 pun semakin meningkat
  • Bagi seorang perempuan, apabila ia memiliki riwayat polycystic ovarian syndrome maka akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 ini

Wah, jangan sampai Anda masuk dalam faktor-faktor di atas ya. Maka dari itu, saya akan menjelaskan beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penyakit ini. Berikut tips-tipsnya:

Perbanyak aktivitas fisik

Di mana sekarang ini, banyak orang yang malas untuk bergerak sebut saja mager (malas gerak). Namun, penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi/mencegah terjadinya diabetes. Jangan malas bergerak ya.

Perbanyak makan sayuran

Buah, sayur, kacang dan biji-bijian adalah makanan-makanan sehat yang direkomendasikan apabila Anda ingin mencegah penyakit diabetes ini.

Kurangi minuman manis

Memang benar bahwa makanan dan minuman manis memang sedang di lidah, tetapi apabila hanya akan mengancam kesehatan maka tinggalkanlah. 

Jangan stress

Tidak disangka, ternyata stress dapat meningkatkan glukosa/gula darah Anda yang tentu saja berakibat pada meningkatnya risiko terjadinya diabetes. 

Tidur yang cukup

Tidur yang dianggap cukup adalah 7 jam/hari. 

Stop merokok

Percaya tidak bahwa seorang perokok memiliki risiko 50% lebih tinggi daripada non perokok. Jadi, kurangi, bahkan jika bisa hentikan merokok.

Roti gandum

Roti gandum dan sereal adalah makanan sehat yang bisa menjadi pengganti nasi/karbohidrat yang bagus untuk menurunkan risiko diabetes ini.

Sepertinya sudah cukup informasi yang bisa saya bagi tentang apa itu diabetes, faktor-faktor risiko diabetes dan tips untuk menghindarinya. Semoga bermanfaat dan salam sehat. Ayo hidup sehat agar terhindar dari diabetes!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category