Health

4 Cara Mengobati Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh Secara Alami

By Natural Farm |

Penyebab batuk adalah virus yang menempel atau terbawa udara kemudian terhirup oleh manusia. Virus batuk tidak semata – mata dari genetik virus ringan tetapi bisa juga dari mutasi genetik virus yang mengakibatkan batuk tak kunjung sembuh. Jadi, kenali dahulu penyebab batuknya dari apa barulah Anda obati dengan cara tepat. Intinya, semua penyebab batuk berasal dari sistem kekebalan tubuh yang drop atau turun sehingga memuat virus mudah masuk. 

Normalnya lama batuk 

Batuk adalah sebuah reaksi tubuh terhadap sebuah benda asing, batuk sangat ringan tidak membuat Anda menjadi tersiksa hingga lebih dari 10 menit. Batuk yang dikatakan sedikit serius jika terdapat lendir, darah, waktu inkubasinya lama dan mudah kambuh. Lama batuk yang normal yakni kisaran seminggu dengan tingkat yang stabil. Awalnya gejala batuk seperti tenggorokan gatal, kering dan suara serak kemudian muncul dahak atau non dahak tetapi frekuensi batuknya menjadi lebih sering. Mendekati hari ke 7 lebih, batuk Anda mulai terasa jarang dan sedikit mengalami penurunan jumlah dahak. Barulah masa pemulihan terkadang terjadi batuk sesekali dalam sehari waktu pagi saja atau malam saja.

Namun, jika batuk Anda lama sekali sembuh segera atasi dengan obat kimia atau herbal agar bisa menekan penyebaran virusnya.

Cara mengobati batuk yang tak kunjung sembuh 

1. Mandi air hangat

Mungkin Anda yang terbiasa mandi air dingin merasa aneh dan gerah jika mandi dengan air hangat tapi air hangat membantu Anda meregangkan sel pembuluh nafas. Apalagi jika Anda Anda mandi air hangat dicampur dengan rempah pilihan sehingga membuat nafas tambah lega. 

2. Hindari minum olahan susu, alkohol dan merokok

Olahan susu seperti mentega, keju menaikkan jumlah produksi lendir tubuh, alkohol dan merokok juga memicu zat pengotor seperti nikotin untuk memperparah batuk. Bahkan ada batuk lendir yang terus merokok membuat dahaknya bercampur darah. 

Jadi, rem dahulu ya dengan aktivitas tersebut. 

3. Hindari makanan yang digoreng 

Makanan yang digoreng dengan minyak membuat suasana tenggorokan menjadi asam sehingga tak sedikit orang akan menjadi serak setelah makan menu yang digoreng. Terlebih jika minyak untuk menggorengnya adalah jelantah (minyak berulang pakai). 

4. Pilih buah yang bersifat basa 

Buah yang sifatnya basa menurunkan asam lambung dan aman untuk penderita batuk. Dimana setiap kali jeruk menjadi obat adalah hal sedikit keliru, jeruk cenderung asam sehingga asam HCl lambung makin tinggi membuat asamnya naik ke tenggorokan dan melukai saluran nafas atas. Madu juga disarankan ya!

Cara mengobati batuk yang tak kunjung sembuh secara alami di atas perlu dilakukan semua, tidak hanya satu cara mengharap sembuh cepat tapi banyak langkah karena saat ini tubuh kita sedang berperang melawan virus yang sel DNA nya makin kuat. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category