Health

4 Jenis Makanan Yang Mengandung Kolesterol, Sebaiknya Dihindari Ya?

By Erwin |

Ada banyak sekali makanan yang mengandung kolesterol di sekitar kita. Tentunya, makanan-makanan tersebut perlu kita waspadai agar tidak dikonsumsi secara berlebihan. Perlu diketahui bahwa sebenarnya, tubuh kita membutuhkan kolesterol dalam jumlah cukup. Bahkan, organ hati kita juga secara alami menghasilkan kolesterol. Hal ini karena kolesterol adalah salah satu jenis lemak di dalam darah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon dan sel-sel baru.

Nah, kolesterol sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL) dan kolesterol baik (high-density lipoprotein atau HDL). Kolesterol baik inilah yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, kolesterol jahat harus dihindari karena menimbulkan plak yang mampu menyumbat dinding pembuluh darah. Sayangnya, sebagian besar makanan favorit masyarakat justru mengandung kolesterol jahat ini. Apa sajakah? Berikut ini adalah beberapa contohnya.

Steak Daging Sapi

Apakah Anda penggemar olahan steak khususnya daging sapi? Jika iya, berhati-hatilah karena daging sapi merupakan salah satu jenis daging dengan kandungan kolesterol LDL yang cukup tinggi. Apalagi, jika Anda sangat menyukai steak bagian iga. 

Ya, bagian iga sapi mengandung sekitar 11 gram lemak per porsi. Ditambah lagi, cara pengolahan steak yang dipanggang berikut bumbu-bumbunya yang kebanyakan mengandung natroum, akan memperbesar tingkat kolesterol.

Untuk kandungan lemak yang lebih rendah pada daging sapi, Anda bisa memilih pada area sirloin. Namun, Anda tetap harus membatasi konsumsi Anda. Atau, imbangi dengan asupan rendah kalori lain seperti sayuran dan buah-buahan.

Jeroan

Jeroan seperti hati dan ampela, pada hewan ternak apapun baik sapi maupun ayam memang kaya gizi. Sebut saja protein, zat besi, dan vitamin A. tidak heran jika bahan makanan ini cukup disarankan untuk bayi dan anak. 

Namun bagi orang dewasa sebaiknya jenis makanan ini dihindari karena kandungan kolesterolnya yang sangat tinggi. Selain itu, jeroan juga mengandung purin, zat yang mengakibatkan asam urat.

Gorengan Tepung

Gorengan dengan lapisan tepung memang sangat enak dan membangkitkan nafsu makan. Akan tetapi, makanan jenis ini dapat menyebabkan kolesterol tinggi apabila asupannya tidak diatasi. Hal ini karena adonan tepung mampu menyerap lebih banyak minyak goreng. 

Percampuran kedua bahan tersebut menghasilkan lemak jenuh yang merupakan turunan dari lemak LDL beserta lemak trans. Apalagi, gorengan biasanya digoreng pada suhu yang tinggi sehingga dapat mengurangi nutrisi makanan secara drastis.

Fast Food

Fast food atau makanan cepat saji adalah alternatif makanan pokok yang digemari banyak orang. Sebut saja, pizza, burger, ayam tepung, dan masih banyak lagi. Namun, bahan-bahan yang digunakan dalam makanan cepat saji biasanya tinggi kalori, tinggi kolesterol, tinggi natrium, dan rendah nutrisi. 

Contohnya misalnya adalah sosis, daging patty, saus olahan, mayonais, dan sebagainya. Sehingga, konsumsi makanan cepat saji secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit kardiovaskular seperti kolesterol, darah tinggi, jantung koroner, bahkan diabetes.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category