Health

5 Jenis Makanan Menurunkan Darah Tinggi Efektif dan Aman

By Erwin |

Apa sajakah makanan menurunkan darah tinggi? Darah tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang umum dialami oleh hampir semua orang. Khususnya bagi Anda yang berusia 30 tahun ke atas, sedikit kesalahan dalam gaya hidup dan pola makan dapat menyebabkan penyakit ini. ;

Namun walaupun cukup sering terjadi, sebaiknya Anda tetap berhati-hati. Pasalnya, penyakit darah tinggi atau hipertensi yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius seperti stroke, jantung, dan ginjal.

Nah, sekalipun risikonya cukup tinggi, sebenarnya darah tinggi bisa dengan mudah diatasi. Ya, beberapa jenis makanan yang tersedia di sekitar Anda terbukti mampu menurunkan tekanan darah apabila Anda mengonsumsinya secara teratur. Apa sajakah makanan-makanan tersebut? Berikut ini diantaranya.

Brokoli

Brokoli sangat disarankan jika Anda ingin mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi. Hal ini karena sayuran yang satu ini kaya akan kandungan mineral bermanfaat seperti magnesium, kalsium, dan kalium yang efektif mengontrol tekanan darah. 

Manfaat lainnya dari komposisi mineral tersebut adalah dapat memperbaiki kerusakan pembuluh darah arteri. Bahkan, rutin mengonsumsi brokoli dapat pencegah penyakit jantung dan stroke.

Bayam

Selain brokoli, sayuran lain yang baik untuk penderita hipertensi adalah bayam. Bayam sangat rendah kalori serta mengandung senyawa nitrat alami. Senyawa inilah yang mampu untuk melonggarkan pembuluh darah sehingga performa aliran darah dapat membaik. 

Saat aliran darah berjalan lancar, saat itulah tensi Anda akan mengalami penurunan. Selain itu, kandungan kalium yang ada di dalamnya juga mampu menetralkan tingginya natrium penyebab darah tinggi.

Pisang

Dari golongan buah, pisang juga merupakan penurun tekanan darah tinggi yang baik karena tinggi kandungan kalium. Seperti halnya pada bayam, kalium dalam pisang juga mampu menyeimbangkan efek buruk dari konsumsi natrium. Natrium yang terkandung dalam garam dan banyak jenis makanan lainnya memiliki dampak buruk dalam menyebabkan volume tekanan darah. Hal inilah yang menyebabkan tingginya tekanan darah Anda.

Alpukat

Walaupun tinggi lemak, jenis lemak yang terkandung dalam alpukat masuk dalam kategori lemak sehat sehingga baik untuk jantung. Sehingga, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin mencegah efek lanjutan dari tekanan darah tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung kalium yang baik sebagai kontrol tekanan darah Anda.

Yogurt

Obat alami untuk tekanan darah tinggi yang terakhir adalah yogurt. Yogurt adalah sumber kalsium yang baik untuk dikonsumsi secara teratur. Salah satu penyebab naiknya tekanan darah adalah tingginya kolesterol. Nah, kalsium, lemak sehat, serta vitamin-vitamin yang ada dalam yogurt mampu untuk menghancurkan kolesterol tersebut. 

Hal inilah yang menyebabkan tekanan darah Anda bisa terkontrol. Manfaat lain dari yogurt adalah melancarkan pencernaan karena berisi bakteri baik efek dari proses fermentasi dalam proses produksinya.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category