Health

Simak Aneka Makanan untuk Sakit Tenggorokan yang Aman Dikonsumsi

By Erwin |

Sakit tenggorokan, umumnya menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang sering kali dialami oleh sebagian besar orang ketika musim dingin atau saat terjadi perubahan cuaca. Ketika terjadi permasalahan kesehatan tersebut, tidak sedikit orang yang mengatasinya dengan mengonsumsi obat – obatan medis tertentu. Padahal, ada sejumlah makanan untuk sakit tenggorokan yang aman untuk dikonsumsi seseorang. 

Penasaran kira – kira apa saja daftar makanan yang dapat membantu mengatasi masalah sakit tenggorokan tersebut, simak detail ulasannya berikut ini. 

Apa saja makanan untuk sakit tenggorokan?

Perlu Anda ketahui, bahwa umumnya ada banyak sekali cara perawatan maupun pengobatan dalam mengatasi masalah sakit tenggorokan bagi penderita. Salah satunya, yaitu dengan mengonsumsi obat – obatan medis yang mana digunakan untuk membantu meredakan dan mempercepat pemulihan. Selain menggunakan obat – obatan medis, Anda juga dapat menggunakan makanan – makanan tertentu untuk mengatasi sakit tenggorokan tersebut. 

Beberapa daftar makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi masalah sakit tenggorokan, antara lain sebagai berikut :

1. Sup ayam

Makanan pertama yang bisa dikonsumsi dengan aman untuk mengatasi sakit tenggorokan, yaitu ada sup ayam. Diketahui, makanan ini memiliki kandungan kaldu ayam yang hangat sehingga tidak hanya dapat memberikan hidrasi ketika seseorang sedang sakit saja, namun juga mengandung nutrisi berupa protein dan mineral. Selain itu, sup ayam ini juga mengandung sifat anti-inflamasi yang mampu meredakan masalah peradangan tenggorokan, sehingga memberikan rasa nyaman ketika ditelan. Bahkan, adanya potongan sayuran di dalamnya juga memberikan nutrisi tambahan untuk sistem imunitas. 

2. Smoothies & yoghurt 

Berikutnya, ada smoothies & yoghurt yang juga dapat mengatasi masalah sakit tenggorokan karena memiliki tekstur yang lebih lembut, sehingga memungkinkan penderita mengonsumsinya dengan aman tanpa harus banyak mengunyah. Dalam hal ini, Anda dapat mengonsumsi smoothies dengan mencampurkan buah – buahan tawar dan tambahkan yoghurt serta es batu, kemudian diblender hingga halus. Diketahui, yoghurt memiliki kandungan probiotik yang berguna dalam sistem pencernaan tubuh. 

3. Mashed potatoes / kentang tumbuk 

Mengonsumsi kentang tumbuk yang memiliki tekstur halus dan lembut, juga cocok untuk penderita sakit tenggorokan. Terlebih lagi, kentang memiliki kandungan karbohidrat yang memberikan energi tambahan serta sering kali diperlukan pada seseorang yang sedang sakit. Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsi mashed potatoes tersebut dengan tambahan mentega atau susu untuk memberikan rasa di dalamnya. 

4. Delima 

Terakhir, Anda juga dapat mengonsumsi buah delima untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan, buah delima memiliki kandungan antioksidan, polifenol dan vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ketika seseorang sakit tenggorokan, maka bisa mengonsumsi buah delima ini untuk memberikan kesehatan yang signifikan. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat membantu melawan radikal bebas dan meredakan peradangan tenggorokan. 

Dari beberapa daftar makanan untuk sakit tenggorokan di atas, Anda bisa memilih salah satu untuk mengobati permasalahan kesehatan tersebut. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category