Health

Inilah Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat yang Wajib Dikonsumsi

By Erwin |

Masalah hipertensi / tekanan darah tinggi, umumnya dapat menyebabkan permasalahan komplikasi serius jika kondisinya tidak terkontrol dengan baik. Baik itu komplikasi penyakit jantung, stroke sampai dengan permasalahan pada organ ginjal. 

Oleh karena itulah, sangat disarankan bagi seseorang untuk mengonsumsi makanan penurun darah tinggi dengan cepat. Di pembahasan berikut, Anda akan mengetahui beberapa makanan yang dapat digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. 

Daftar makanan penurun darah tinggi dengan cepat

Sebagai informasi, permasalahan hipertensi / tekanan darah tinggi umumnya merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan karena beberapa alasan tertentu. Yaitu mulai dari faktor genetik / keturunan, gaya hidup sehari – hari yang tidak sehat, permasalahan obesitas / berat badan berlebihan dan lain sebagainya. 

Agar permasalahan kesehatan ini tidak semakin parah, penting bagi penderita untuk mengatasinya dengan cepat. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi sejumlah makanan penurun darah tinggi seperti di antaranya sebagai berikut. 

1. Alpukat

Pertama, Anda dapat mengonsumsi buah alpukat yang memang memiliki kandungan lemak sehat dan nutrisi penting lain di dalamnya. Memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, menjadikan buah alpukat satu ini diklaim dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Tidak hanya itu saja, buah alpukat juga memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mengimbangi efek sodium dalam tubuh, yang mana berperan dalam meningkatkan tekanan darah.

2. Pisang

Berikutnya, ada buah pisang yang juga memiliki kandungan kalium tinggi untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium pada buah pisang ini, nantinya bisa membantu dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh serta mengendalikan tekanan darah. Bahkan yang menariknya lagi, buah pisang juga memiliki kandungan serat yang baik untuk menunjang kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. 

3. Bayam

Beralih ke sayur – sayuran, Anda juga dapat mengonsumsi makanan penurun tekanan darah tinggi berupa sayur bayam yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Diketahui, sayur bayam satu ini memiliki kandungan senyawa nitrat alami yang mana bisa membantu dalam melonggarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah. Dengan demikian, maka tekanan darah dalam tubuh akan dapat turun secara lebih efektif. 

4. Bawang putih

Adapun makanan lain yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu ada bawang putih yang mana memiliki kandungan senyawa belerang alami. Dengan kandungan senyawa tersebut, bawang putih diklaim dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Tentu saja, ini akan menjadikan bawang putih dinilai sangat efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. 

Demikinlah tadi informasi menarik untuk Anda ketahui dan pahami, yaitu terkait beberapa daftar makanan penurun darah tinggi dengan cepat yang dapat dikonsumsi untuk penderita gangguan hipertensi. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category