Health

Hati-Hati Konsumsi 7 Makanan Penyebab Leukosit Tinggi Ini!

By Erwin |

Pastikan hindari makanan penyebab leukosit tinggi! Leukosit di kadar normal memang berguna bagi tubuh, tapi hal ini bisa berbahaya saat jumlahnya berlebihan. Baca artikel berikut agar lebih paham soal masalah leukosit tinggi serta makanan yang wajib dihindari!

Mengapa Leukosit Tinggi Harus Dihindari?

Bagi Anda yang tidak tahu, leukosit adalah sel darah putih yang membantu membunuh bakteri yang menjangkit tubuh. Sayangnya, jumlah leukosit yang tinggi di tubuh dapat menghasilkan banyak masalah. Contoh masalah tersebut antara lain:

  • Mudah alami demam
  • Sulit bernafas
  • Mudah alami bentol-bentol dan gatal
  • Alami penurunan berat badan tiba-tiba
  • Sering berkeringat saat tidur

Masalah ini tergolong ringan tapi sangat mengganggu. Jika alami leukosit tinggi yang ekstrem, masalah seperti stroke, kehilangan penglihatan dan pendarahan internal dapat terjadi juga.

7 Makanan yang Dapat Menyebabkan Leukosit Tinggi

Setelah tahu berbagai masalah yang dapat terjadi jika banyak leukosit, Anda harus lebih hati-hati konsumsi makanan. Hindari makanan yang dapat menaikkan jumlah leukosit berikut ini:

Fast Food dan Junk Food

Makanan penyebab leukosit tinggi yang wajib dihindari adalah fast food dan junk food. Jenis makanan ini banyak mengandung kadar kalori, garam dan lemak jahat tinggi. Jika terlalu sering konsumsi, efek kandungannya dapat memicu peningkatan produksi leukosit di tubuh.

Makanan Instant

Makanan cepat saji memang praktis, tetapi memiliki pengawet dan kadar garam yang tinggi pada umumnya. Untuk Indonesia, makanan instant paling populer adalah mie instant. Jika terlalu banyak konsumsi terlalu sering jika tidak ingin jumlah leukosit tubuh jadi berlebihan.

Makanan yang Sering Dipanaskan Berulang

Banyak ahli nutrisi menyarankan hindari makanan yang sering dipanaskan. Makanan yang sudah dipanaskan lebih dari dua kali tidak akan memiliki nutrisi baik seperti hidangan segar.

Proses memanaskan dapat melibatkan minyak untuk gorengan misalnya. Proses goreng kedua atau ketiga akan menyerap lebih banyak minyak yang tentunya tidak baik untuk tubuh.

Selain itu, proses pemanasan akan meningkatkan kandungan karsinogenik di dalamnya. Risiko kanker dapat meningkat jika terlalu sering konsumsi karsinogenik ini. 

Makanan dengan Kandungan Gula Tinggi

Hidangan manis tentu tidak masalah dikonsumsi, asalkan memastikan kandungan gula di dalamnya tidak terlalu tinggi. Banyak hidangan modern mengandung gula tinggi agar menstimulasi lidah konsumen. Sayangnya, praktik ini dapat menyebabkan kenaikan leukosit di tubuh konsumen tersebut.

Makanan yang Terlalu Pedas

Saat mencerna hidangan pedas, sel dinding pencernaan akan produksi lebih banyak sel darah putih. Stimulasi capsaicin pada pencernaan yang berlebihan akan memacu sel darah putih di area ini. Hasilnya, masalah inflamasi di pencernaan akibat banyaknya sel darah putih bisa terjadi.

Makanan Kemasan dengan Kandungan Banyak Pengawet

Snack kemasakan pasti mengandung pengawet untuk jaga ketahanan produk tersebut. Sayangnya, jumlah kandungan pengawet dapat memacu produksi sel darah putih berlebihan saat dikonsumsi.

Minuman Botolan Sering Mengandung Gula dan Pengawet Tinggi

Sama halnya dengan memakan kemasan, minuman botolan juga mengandung pengawet. Hal yang lebih parah adalah kandungan gula di minuman botolan sering kali tinggi juga. Kombinasi tersebut memiliki risiko stimulasi produksi sel darah putih lebih banyak di tubuh.

Semoga info makanan penyebab leukosit tinggi di atas membantu Anda menjaga kesehatan lebih baik. Pastikan lebih cermat memilih konsumsi makanan sehari-hari agar lebih seimbang.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category