Health

5 Makanan Hamster Kecil

By Erwin |

Tubuhnya yang mungil dan gempal membuat hamster sangat menggemaskan sehingga banyak yang menyukai dan memeliharanya. Namun jangan salah. Hamster berbeda dengan kelinci, yang hanya makan sayuran. Hamster adalah pemakan segala, atau omnivora, jenis hewan pengerat dari subfamili Cricetinae. Jika dipelihara dengan benar maka mampu bertahan hidup 2 tahun hingga 3 tahun. Sekali hamil, selama sekitar tiga pekan, maka hamster bisa melahirkan hingga dua puluh bayi. Jauhkan dari keramaian, tutupi kandangnya agar terhalang pandangan di luar dan jangan diganggu selama hamil, jangan sentuh anaknya dan beri makan yang banyak, agar hamster tak memakan anaknya. Setelah dua minggu disusui, maka induknya akan memberi makanan lain kepada anaknya agar bisa makan sendiri. Berikut adalah makanan hamster kecil yang aman.

Biji-bijian, Jagung dan Gabah serta Kacang Hijau

Jagung sangat bagus bagi anak hamster. Teksturnya belum terlalu keras, namun kaya serat dan nutrisi penting yang diperlukan bagi tubuhnya. Jika sudah agak besar bisa berikan gabah, jerami juga kacang hijau dan kacang kedelai yang teksturnya lebih keras untuk mengasah giginya. Kandungan karbohidrat dan vitamin D nya sangat diperlukan guna menambah energi. Tapi jangan berikan kacang mentah, almond dan bawang-bawangan. Apalagi selai kacang yang manis dan lengket, sehingga dapat tersangkut dalam kantung pipinya sehingga kesehatannya terganggu.

Sayuran Segar

Perlu berikan sayuran segar yang sudah dicuci bagi anak hamster, tapi jangan terlalu banyak agar tidak diare. Seperti wortel yang diiris panjang dan kecil. Kandungan vitamin A nya bagus bagi pertumbuhan matanya. Timun, selada, kol, brokoli dan bayam, sawi juga bisa diberikan. Potong kecil-kecil agar mudah memakannya. Tapi jangan berikan kentang.

Buah-buahan

Anak hamster juga butuh camilan sehat. Bisa berikan potongan kecil buah seperti apel atau pir. Jangan lupa untuk dikupas dan buang biji serta bagian kerasnya agar tidak membuat tersedak. Pisang dan strawberry juga anggur tanpa bijinya juga bisa diberikan secara terbatas, Sebab Hamster mudah diabetes, sedangkan buah-buahan mengandung gula alami. Hindari buah yang terlalu berair pula, sebab bisa menyebabkan diare. Juga jangan pernah berikan jeruk, yang mengandung asam yang tinggi, yang bisa mengganggu sistem pencernaannya.

Protein

Beri makanan lengkap bagi hamster. Anak hamster memerlukan asupan protein juga guna pertumbuhan otot dan jaringan tubuhnya. Bisa berikan telur rebus dan ulat. Juga daging ayam dan sapi serta jangkrik mati juga belalang dan serangga kecil, yang telah dimatangkan lebih dulu. Tak perlu dibumbui. Jangan beri gula dan garam pada hamster.

Pelet Hamster

Bisa beri pakan tambahan pada anak hamster, berupa pelet khusus pakan hamster, bukan campuran muesli. Jangan salah beli pakan untuk kelinci atau kucing atau ikan. Dapat dicampur dengan sereal atau biskuit tawar. Jangan pernah berikan yoghurt dan madu karena terlalu manis.

Air minumnya diberikan dalam wadah yang selalu terjaga kebersihannya. Dengan begitu maka anak hamster akan tumbuh besar dan sehat.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category