Health

6 Jenis Makanan untuk Orang Diare Agar Cepat Sembuh

By Erwin |

Selain mengonsumsi obat, Anda juga harus menjaga asupan makanan yang akan dikonsumsi. Karena tidak semua jenis makanan baik dikonsumsi pasien diare. Berikut adalah beberapa jenis makanan untuk orang diare agar cepat sembuh, antara lain :

1. Makanan berkuah

Untuk membantu Anda mengatasi kekurangan cairan akibat terus menerus BAB cair, selain minum, atau mengonsumsi minuman yang mengandung isotonik, Anda juga dapat mengatasinya dengan mengonsumsi makanan berkuah. Misalnya saja mengonsumsi sayur bayam bening, sup ayam dengan kentang dan wortel, serta yang lainnya. Jenis makanan tersebut baik dikonsumsi, karena selain padat gizi, juga mudah dicerna oleh tubuh.

2. Nasi putih dan bubur

Pada saat Anda terkena diare, sebaiknya hindari makanan yang tinggi serat, untuk menenangkan usus yang sedang bermasalah. Makanan tinggi serat, justru akan menghasilkan gas, ketika diolah oleh bakteri baik, di dalam usus. Hasilnya penumpukan gas di dalam perut, yang justru memicu kembung pada perut.

Adapun jenis makanan untuk orang diare agar cepat sembuh lain yang sebaiknya dikonsumsi, yaitu nasi putih atau juga bubur nasi. Selain tinggi karbohidrat dan rendah serat, juga mudah dicerna usus.  

3. Roti tawar

Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan berbumbu atau juga yang mengandung rempah kuat, agar diare tidak semakin gawat. Sebaliknya konsumsi makanan yang bercita rasa tawar atau hampir hambar. Salah satunya adalah roti tawar, karena makanan tersebut tidak akan memicu rasa mual ketika dikonsumsi. Selain itu, makanan untuk penderita diare, juga harus yang mempunyai tekstur halus, agar mudah dicerna oleh sistem pencernaan, lantaran sedang mengalami peradangan

4. Beberapa jenis buah-buahan

Walaupun buah-buahan tinggi serat, dan pasien diare sebaiknya menghindari makanan yang tinggi serat. Ternyata ada beberapa jenis buah yang justru baik dikonsumsi oleh pasien diare, seperti buah pisang dan juga apel. Kedua jenis buah tersebut, mengandung pektin atau jenis serat larut, yang akan membantu memadatkan feses.

Selain itu, kandungan karbohidrat dan juga gulanya, membantu meningkatkan stamina Anda. Kandungan kalium pada pisang juga terbukti mampu menggantikan cairan elektrolit tubuh yang hilang, akibat proses BAB yang terlalu sering.

5. Beberapa jenis sayuran

Seperti halnya buah-buahan, ada juga beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh pasien penderita diare. Adapun jenis sayuran yang dimaksud, yaitu wortel, bayam, dan yang lainnya. Hindari mengonsumsi sayuran yang mengandung gas, seperti kembang kol, brokoli, dan juga paprika.

6. Daging kukus dan telur

Daging dan telur  ternyata jadi salah satu sumber protein yang aman dikonsumsi oleh penderita diare. Jenis daging yang dimaksud pun beragam, seperti daging ayam, daging sapi, atau juga ikan, demikian juga dengan jenis telur. Sebaiknya daging dan telur tersebut diolah dengan cara direbus atau dikukus. Jangan mengolah daging dengan cara digoreng, dipanggang atau bahkan diungkep menggunakan aneka macam bumbu atau bahkan santan. Lantaran akan membuat diare semakin parah.  

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa makanan untuk orang diare agar cepat sembuh tidak boleh sembarangan. Karena salah memilih jenis makanan, justru akan memperberat kerja usus yang sedang lemah, bahkan bukan tidak mungkin akan mengiritasi usus.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category