Health

Minuman dan Makanan untuk Diare Dewasa yang Perlu Dikonsumsi

By Erwin |

Pada saat Anda terkena diare, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang terbilang sederhana, dan tidak mengandung terlalu banyak bumbu. Hal tersebut terhitung sejak pertama kali Anda terkena diare. Dalam hal ini terdapat beberapa jenis minuman dan makanan untuk diare dewasa, yang mengandung prebiotic, dimana kandungan tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan diare, seperti :   

BRAT

BRAT sendiri adalah singkatan dari Banana (pisang), Rice (nasi atau bisa juga bubur),  Applesauce (apel yang dihaluskan), dan juga Toast (roti panggang). Ini adalah beberapa makanan pilihan untuk seseorang yang menderita diare. Disebut demikian, karena BRAT sendiri mengandung protein dan serat yang cukup tinggi, sehingga baik untuk mengatasi masalah di saluran pencernaan.

Selain itu ada juga beberapa jenis makanan lain, yang juga baik dikonsumsi, ketika seseorang menderita diare, seperti :

  • Roti tawar
  • Kentang rebus
  • Ayam panggang tanpa lemak dan kulit
  • Oatmeal atau sereal
  • Biskuit dengan bahan dasar gandum
  • Aneka buah-buahan (alpukat, semangka, atau juga melon jingga)
  • Mentimun yang direbus, beberapa jenis sayuran seperti sayur bayam, wortel dan yang lainnya.

Aneka pilihan makanan untuk diare dewasa ini tidak dianjurkan untuk bayi dan juga anak-anak, karena dapat menyebabkan kekurangan gizi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, ketika gejala diare sudah mulai membaik. Tujuannya agar proses pemulihan Anda jadi jauh lebih cepat.    

Cairan isotonik dan air putih

Seperti diketahui bersama, pasien penderita diare akan mengalami kekurangan cairan tubuh dan juga elektrolit tubuh. Jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan dehidrasi, atau bahkan bisa lebih fatal.

Selain aneka macam jenis makanan, ada juga aneka macam jenis minuman yang sebaiknya dikonsumsi oleh pasien diare. Tujuannya tidak lain, untuk menggantikan cairan di dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman isotonik  yang mengandung elektrolit, seperti air kelapa, cairan oralit dan yang lainnya. Untuk anak-anak yang mengalami diare, Anda dapat memberikan cairan oralit.  

Makanan berkuah

Selain mengonsumsi aneka minuman, yang mengandung isotonik. Kebutuhan cairan bagi pasien diare, juga dapat diperoleh melalui makanan berkuah, atau jenis makanan yang disajikan bersama kuah. Salah satu contohnya adalah sup. Kali ini Anda dapat menambahkan daging ayam, kentang, wortel, ke dalamnya. Selain menjadi makanan padat gizi, juga mampu meredakan gejala diare.

Ketika Anda sedang terkena diare, maka Anda harus selektif dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Hindari makanan untuk diare dewasa yang mengandung minyak atau juga lemak, mengonsumsi aneka olahan susu, mengonsumsi kafein, jenis sayuran yang mengandung gas, makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan, serta makanan pedas, agar diare cepat membaik. Sedangkan jika diare semakin parah, atau juga disertai dengan gejala lainnya, seperti terus menerus muntah, demam, atau bahkan adanya darah pada tinja, sebaiknya segera periksa ke dokter, untuk memperoleh pengobatan lebih lanjut.  

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category