Health

5 Pilihan Makanan Berkarbohidrat Terbaik yang Mencukupi Kebutuhan Harian

By Erwin |

Makanan berkarbohidrat memang menjadi kebutuhan sehari-hari sebagai sumber energi. Karbohidrat sendiri merupakan salah satu jenis zat gizi makro yang cukup penting bagi tubuh. Sebab, zat gizi yang satu ini dapat menyuplai kebutuhan glukosa untuk kemudian diubah menjadi energi menggunakan sistem metabolisme tubuh. Jenis karbohidrat sendiri ada dua, yakni karbohidrat sederhana yang mudah untuk dicerna serta karbohidrat kompeks yang memerlukan lebih banyak waktu untuk dicerna.

Kedua jenis karbohidrat tersebut dibutuhkan oleh tubuh, karena tubuh kita memperoleh sekitar 45 sampai dengan 65 persen kalori dari mengonsumsi makanan berkarbohidrat setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa makanan yang tinggi karbohidrat yang bisa Anda pilih, diantaranya yaitu:

1. Beras

Beras sendiri adalah makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama, maka Anda sudah bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat harian dengan baik. Jenis biji-bijian yang satu ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi yakni 28 gram untuk setiap 100 gram beras. Terdapat beberapa jenis beras yang dapat Anda pilih, mulai dari beras putih, merah, beras ketan, basmati, dan lainnya.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar bisa menjadi alternatif makanan berkarbohidrat tinggi yang baik untuk tubuh. Tak hanya manis saja, tapi ubi jalar ini juga mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh.. Misalnya saja jenis ubi madu dan juga ubi ungu mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa menangkal paparan radikal bebas serta beta karoten untuk mencegah munculnya penyakit pada mata.

3. Singkong

Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki rasa lebih gurih dibandingkan dengan ubi jalar. Di dalam 100 gram singkong, terdapat 38 gram karbohidrat. Hal inilah yang membuat singkong lebih mudah membuat kita cepat kenyang saat mengonsumsinya. 

4. Jagung

Jagung adalah sumber makanan berkarbohidrat tinggi yang memiliki rasa lebih manis dan juga mudah untuk diolah. Selain dijadikan sebagai menu makanan utama, jagung juga dapat diolah menjadi sebuah camilan enak. Ada kandungan 21 gram karbohidrat pada setiap 100 gram jagung. Sehingga jagung dapat menjadi sumber makanan berkarbohidrat alternatif jika Anda sedang malas makan nasi.

5. Kentang

Kentang adalah salah satu makanan berkarbohidrat tinggi yang kerap dipilih sebagai menu diet. Di dalam 100 gram kentang, terdapat sekitar 17 gram kandungan karbohidrat di dalamnya. Tak hanya itu saja, kentang juga mengandung vitamin C, pasti resisten, dan juga kalium yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Adapun cara memasak kentang yang baik dan sehat yaitu dengan mengukus ataupun memanggangnya. Pastikan untuk tidak menggoreng kentang dan menambah banyak bumbu jika Anda ingin melakukan diet.

Itulah 5 makanan berkarbohidrat tinggi yang bisa menjadi pilihan setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category