Health

Tidak Selalu Mahal! Ini Dia 5 Makanan yang Mengandung Omega 3 yang Murah Meriah

By Erwin |

Jika biasanya kita hanya mengetahui bahwa makanan yang mengandung omega 3 itu mahal, seperti ikan salmon, tuna, ataupun makarel. Kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan murah atau terjangkau yang tinggi omega 3. Perlu dipahami bahwa nutrisi mempunyai peran sangat penting bagi pertumbuhan anak. Salah satunya yaitu asupan asam lemak omega 3 yang mempunyai banyak manfaat bagi perkembangan otak. 

Deretan Makanan yang Mengandung Omega 3

Omega 3 adalah salah satu jenis asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di dalamnya ada tiga jenis asam lemak yang sangat penting, yakni alpha-linolenic acid atau ALA, eicosapentaenoic atau EPA, dan juga docosahexaenoic acid atau DHA. Kandungan tersebut tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Jadi Anda harus menambahkannya dari asupan nutrisi tersebut dengan makanan yang mengandung omega 3, diantaranya yaitu:

1. Tiram

Kalau Anda bosan dengan ikan, maka makanan yang satu ini bisa jadi alternatif pilihan. Tiram sendiri sangat bagus digunakan untuk memenuhi kebutuhan omega 3 setiap harinya. Di dalam 100 gram tiram, terdapat 435 mg asam lemak omega 3. Jumlah tersebut hampir sama dengan 100 persen rekomendasi asupan harian. Tak hanya itu saja, makanan yang satu ini juga kaya akan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari vitamin B12, zinc, dan juga tembaga.

2. Udang

Udang adalah salah satu pilihan makanan yang mengandung omega 3. Makanan laut yang satu ini mengandung DHA dan juga EPA sebanyak 0,12 gram dan kaya akan kalium serta protein. Selain mempunyai nutrisi yang banyak dan beragam, udang juga lebih mudah ditemukan di pasar tradisional. Kemudian, udang juga lebih mudah diolah untuk berbagai macam menu seperti shrimp roll, lumpia udang, udang asam manis, dan masih banyak lagi.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah salah satu sumber asam lemak omega 3 ALA yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. Adapun beberapa jenis sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi diantaranya seperti kangkung sawi hijau, bayam, pakcoy, kale, kol, brokoli, dan lainnya. Selain kaya akan omega 3, sayuran hijau juga mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

4. Tahu

Tahu merupakan jenis protein nabati yang mempunyai kadar protein tinggi jika dibandingkan dengan sumber protein nabati lain. Di dalam 100 gram tahu mengandung 582 mg omega 3. Itu artinya, 100 gram tahu sudah bisa mencukupi kebutuhan harian omega 3 bagi tubuh. Selain murah dan mudah didapatkan, tahu juga lebih mudah diolah menjadi berbagai macam olahan masakan. Anda bisa membuat sup sapo tahu, tahu bakso, tahu crispy, dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa makanan yang mengandung omega 3 dan bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Semoga bermanfaat.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category