Health

Ini Dia 5 Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Lambung yang Wajib Diketahui

By Erwin |

Luka lambung atau yang sering kali disebut dengan tukak lambung merupakan sebuah perdagangan yang terjadi pada lambung yang disebabkan oleh ulkus yakni luka terbuka yang ada di lapisan dinding lambung. Kondisi tersebut memerlukan penanganan yang tepat karena bisa menyebabkan gejala yang sangat mengganggu. Mulai dari nyeri pada ulu hati, muntah, mual, dan juga kesulitan untuk bernapas. Akan tetapi, gejala tersebut bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan mempercepat penyembuhan luka lambung secara alami.

Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Lambung

Salah satu penyebab utama dari adanya luka pada lambung adalah penurunan produksi lendir yang berfungsi melindungi dinding lambung dari cairan asam lambung. Jadi bisa hal tersebut akan menimbulkan luka yang terbuka pada dinding lambung. Berikut ini adalah beberapa makanan mempercepat penyembuhan luka lambung yang bisa Anda coba, diantaranya yaitu:

1. Madu

Madu adalah salah satu  makanan mempercepat penyembuhan luka lambung yang bisa mengobati kondisi tersebut secara alami. Sebab, madu sendiri mempunyai sifat antimikroba, jadi bisa membantu tubuh dalam mencegah pertumbuhan bakteri Helicobacter Pylori yang bisa menyebabkan iritasi ataupun peradangan. Sehingga hal tersebut dapat memicu fungsi lapisan lendir di dinding lambung. Anda dapat mengonsumsi madu murni minimal 1 sendok setiap harinya.

2. Jahe

Makanan mempercepat penyembuhan luka lambung berikutnya yaitu jahe. Tanaman herbal yang satu ini mengandung gingerol, zingerone, dan juga shogaol yang bersifat antioksidan. Jadi bisa membantu tubuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri pada lambung. Tak hanya itu saja, dengan mengonsumsi jahe secara rutin juga akan membantu meredakan mual yang sering kali muncul saat gejala luka lambung kambuh.

3. Akar Manis

Akar manis adalah salah satu makanan mempercepat penyembuhan luka lambung yang cukup efektif karena dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang ada di dinding lambung. Dengan mengonsumsi akar manis, tubuh juga akan lebih maksimal dalam menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan adanya luka lambung.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu makanan yang sangat dianjurkan bagi penderita luka lambung. Sebab, lidah buaya sendiri mengandung antibakteri dan juga anti radang yang bisa membantu meredakan iritasi dan peradangan di lambung. Selain itu, tanaman yang satu ini juga bisa menghambat produksi asam lambung yang berlebihan jika dikonsumsi secara tepat.

5. Buah-buahan Rendah Asam

Jika Anda ingin mengonsumsi buah, maka sangat disarankan untuk memilih buah dengan asam yang rendah. Hal ini bertujuan untuk mencegah asam lambung naik dan bisa mengakibatkan luka pada lambung semakin memburuk. Beberapa buah yang bisa membantu menyembuhkan luka lambung diantaranya seperti melon alpukat, semangka, pepaya, dan lainnya.

Itulah beberapa contoh dari makanan mempercepat penyembuhan luka lambung yang bisa Anda konsumsi. Semoga bermanfaat.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category