Health

Daftar 5 Makanan Untuk Orang Diare, Baik Dikonsumsi !

By Erwin |

Diare sering kali mengganggu aktivitas seseorang dan membuat kondisi yang tidak nyaman karena gangguan pencernaan tersebut membuat perut terasa mulas dan keluar masuk toilet untuk BAB. Untuk membantu proses pemulihan, baiknya mengonsumsi makanan untuk orang diare.

Umumnya, penyebab diare merupakan konsumsi makanan yang kurang terjamin dalam kebersihan. Untuk itu, cara pemulihan yang terbaik adalah memperhatikan makanan. Beberapa rekomendasi makanan untuk orang diare ini baik untuk dikonsumsi. Apa saja? Berikut daftarnya.

Sayuran

Sayur memiliki kandungan serat yang tinggi yang baik untuk pencernaan tubuh. Salah satu jenis sayur yang sangat direkomendasikan adalah wortel dan kacang hijau. Kedua jenis sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat memberikan nutrisi pada tubuh yang hilang karena diare.

Selain itu, khususnya pada wortel juga memiliki kandungan air yang dapat membantu atasi dehidrasi karena seringnya BAB.

Buah

Sama halnya seperti sayuran, buah pun juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Namun, bukan berarti seluruh buah baik dikonsumsi. Buah yang baik dikonsumsi pada seseorang penderita diare adalah buah yang dapat membantu memadatkan kotoran.

Buah itu adalah pisang dan juga apel yang mengandung serat larut air. Tak hanya mengandung serat, buah ini juga mengandung karbohidrat yang dapat menambah kekuatan tubuh akibat frekuensi BAB yang meningkat.

Yogurt

Makanan probiotik seperti yogurt ini membantu melindungi pencernaan tubuh dari bakteri yang dapat menyebabkan diare. Pilihlah yogurt dengan kandungan gula rendah atau tanpa pemanis tambahan. Mengapa? Karena akan lebih efektif dalam menjaga keseimbangan bakteri yang baik untuk pencernaan dalam usus.

Telur Rebus

Telur selain mengandung protein yang baik untuk tubuh juga dapat membantu penderita diare lebih cepat pulih karena dapat memperlambat pergerakan usus. Penyajian telur rebus juga lebih pas karena mudah dicerna dengan tekstur yang lembut.

Kentang Rebus

Kandungan kalium dalam kentang sangat baik dalam menggantikan elektrolit yang hilang karena seringnya BAB saat diare. Penyajian kentang lebih baik dengan direbus karena lebih mudah untuk dicerna dan tidak membebani pencernaan.

Namun, jangan menambahkan bahan lainnya. Cukuplah hanya kentang rebus yang lunak untuk mempercepat penyembuhan diare pada seseorang, karena dikhawatirkan penambahan bahan lain justru akan memperparah kondisi penderita diare.

Beberapa makanan tersebut dapat dikonsumsi dan baik bagi penderita diare. Ingat, jaga dan pastikan selalu kebersihan makanan dan kurangi makan makanan di luar yang belum tentu Anda tahu bagaimana proses pengolahan dan kebersihannya. Pastikan juga mencuci buah, sayur dan peralatan makan dengan bersih.

Nah, berikut tadi daftar makanan untuk orang diare yang baik untuk dikonsumsi. Lebih baik tidak menambahkan bahan lain agar mempercepat proses pemulihan dan segera beraktivitas dengan normal. Semoga informasinya membantu.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category