Health

5 Ciri-ciri Diabetes Di Usia Muda

By Natural Farm |

Ciri-ciri diabetes di usia muda sebenarnya tidak hanya dialami usia lanjut atau penyakit turunan. Bahkan, kasus kejadian diabetes saat ini mulai meningkat di antara kelompok umur muda di bawah sekitar 30 tahun. Hal ini karena umur muda mempunyai gaya hidup yang tidak terlalu sehat. Salah satunya yaitu mengonsumsi minuman dan makanan dengan kurang aktif bergerak dan kandungan kadar gula yang tinggi.

Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda

Jika dilihat dari diabetes library, terdapat tanda-tanda peringatan Anda mempunyai faktor risiko diabetes di umur muda. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasan terkait ciri-ciri diabetes di usia muda:

1. Sering merasa haus

Dikarenakan sering buang air kecil, Anda bisa menjadi lebih sering haus. Hal ini terjadi karena proses penghancuran glukosa yang sulit, sehingga air di dalam darah tersedot dapat menghancurkannya.

Akibatnya, seseorang harus minum lebih banyak untuk bisa menggantikan air yang hilang.

2. Berat badan lebih cepat turun

Bisa saja terjadi pada penderita diabetes tipe 1 seperti (faktor genetik). Pankreas pada penderita diabetes bisa saja terhenti saat membuat insulin akibat adanya serangan virus pada sel-sel respons autoimun atau pankreas. Hal ini yang membuat tubuh saat menyerang sel-sel untuk memproduksi insulin. Hal ini sebenarnya berakibat, pada tubuh sehingga kesulitan dalam mencari sumber energi.

Hal ini karena sel-sel tidak mendapatkan glukosa. Setelah itu, tubuh mulai memecah jaringan lemak dan otot untuk energi sehingga berat badan akan terus menyusut. Pada penderita diabetes tipe 2 dengan faktor perubahan gaya hidup. Selain itu, ada penurunan berat badan yang terjadi secara bertahap. Dimana sudah ada peningkatan resistensi insulin, sehingga penurunan berat badan tidak tampak terlihat.

3. Sering terjadi buang air kecil

Buang air kecil bisa saja sering terjadi jika terlalu banyak glukosa dalam darah. Apabila insulin (yaitu hormon yang mengendalikan gula darah) tidak ada atau sedikit, maka ginjal tidak bisa menyaring glukosa untuk kembali ke dalam darah. 

Setelah itu, ginjal akan menarik tambahan air dari darah untuk bisa menghancurkan glukosa. Hal ini tentunya akan membuat seseorang sering pipis dan kandung kemih penuh.

4. Merasa lemah dan mudah kelelahan

Dikarenakan produksi glukosa telah terhambat, sehingga sel makanan dari glukosa yang seharusnya telah didistribusikan ke semua sel tubuh. Hal ini tentunya untuk bisa membuat energi menjadi tidak berjalan. Ini terjadi karena adanya sel energi yang tidak mendapatkan asupan. Sehingga orang bisa merasa cepat lelah.

5. Sering kesemutan di tangan dan kaki

Gejala ini dikenal sebagai neuropati. Secara bertahap, terjadi dari waktu ke waktu karena glukosa dalam darah tinggi bisa langsung merusak sistem saraf. Pada penderita diabetes tipe 2 ini terjadi secara bertahap. Sehingga orang sering tidak sadar bahwa itu salah satu pertanda.

Kemungkinan kondisi gula darah tinggi sudah terjadi beberapa tahun sebelum diagnosa. Kerusakan saraf bisa langsung menyebar tanpa sepengetahuan kita. Itu saja beberapa informasi terkait Ciri-ciri diabetes di usia muda.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category